Beli Rumah Secara KPR? Yuk Kenali Dulu!

KPR rumah? Susah tidak ya?

Hai Sobat LINE Bank!

Tentunya bagi para pejuang ingin memiliki rumah sendiri, terkadang hal ini sangat membuat bingung bukan? Karena membeli rumah menjadi sebuah impian semua orang, tapi juga bukan hal yang mudah untuk dicapai. 

Banyak sekali hal yang perlu dipertimbangkan sebelum membeli rumah, mulai dari kondisi, lokasi, fasilitas, dan tentunya yang terpenting harganya. Tidak sedikit orang yang ingin membeli rumah secara KPR. 

Sebelum memutuskan membeli rumah dengan cara pembayaran KPR, ada baiknya kamu mengetahui terlebih dahulu tentang KPR,  keuntungan, dan kekurangannya!

KPR

Kredit Kepemilikan Rumah merupakan suatu fasilitas kredit yang diberikan oleh perbankan kepada nasabah untuk membeli maupun memperbaiki rumah. Hampir setiap bank menyediakan fasilitas ini untuk para nasabahnya. Biasanya orang memilih membeli rumah dengan cara Kredit Kepemilikan Rumah dikarenakan bisa dicicil hingga belasan sampai puluhan tahun, tentunya ini akan terasa lebih ringan bagi sebagian orang. 

Ada beberapa jenis KPR yang bisa diambil yaitu, 

KPR Konvensional

Kredit Kepemilikan Rumah Non-subsidi merupakan jenis kredit rumah yang ditawarkan oleh bank umum tanpa campur tangan pemerintah. Suku bunga KPR ini biasanya mengacu pada BI Rate. Dalam kredit ini juga bila kamu ada keterlambatan dalam cicilan maka dapat dikenakan denda yang tergolong cukup tinggi juga

KPR Subsidi

Kredit Kepemilikan Rumah ini merupakan program pemerintah yang berupa pengurangan uang muka hingga suku bunga. Kredit ini biasanya diberikan kepada para pekerja yang berpenghasilan rendah dan belum memiliki hunian sendiri. Untuk KPR ini biasanya hanya berlaku untuk tipe rumah 36 dengan harga maksimal 120 juta dan rate suku bunganya sekitar 7,25% yang sudah mencakup asuransi jiwa, kebakaran, dan atau asuransi kredit.

KPR Syariah

Kredit Kepemilikan Rumah ini merupakan kredit yang berdasarkan prinsip-prinsip ajaran agama Islam sehingga tidak menganut sistem bunga melainkan bagi hasil atau nisbah. 

Selain ketiga jenis diatas ini ada juga jenis Kredit Kepemilikan Rumah pembelian, refinancing, take over, angsuran berjenjang, dan Kredit Kepemilikan Rumah duo.

Jika dilihat dari keuntungan yang bisa didapatkan dengan mengambil KPR yaitu

Suku bunga rendah

Setiap bank yang menyediakan Kredit Kepemilikan Rumah pasti menawarkan suku bunga yang bermacam-macam sesuai dengan kebijakan bank tersebut. Namun, biasanya bank menawarkan suku bunga yang lebih rendah dibandingkan lembaga pembiayaan lainnya. Kalian bisa membandingkan bank satu dengan yang lainnya untuk mendapatkan suku bunga yang sekiranya cocok dan sesuai dengan income.

Angsuran terjangkau

Biasanya untuk KPR, bank akan memberikan pilihan untuk angsuran. Jangka waktu yang panjang dalam mengangsur harga rumah di mulai dari 10 tahun, 15 tahun, hingga ada yang 25 tahun. Hal ini tentunya akan meringankan pengeluaran kamu.

Uang sisanya masih bisa ditabung ataupun di investasikan

Tentu tidak bisa dipungkiri apabila kamu membeli rumah dengan cara KPR, kamu tidak akan membayar full secara langsung. Karena itu, sisa uang yang ada bisa kamu alokasikan lagi untuk ditabung maupun di investasikan. 

Namun, jika dilihat dari kerugian membeli KPR yaitu:

Total harga rumah menjadi lebih marah

Hal ini dikarenakan karena jangka waktu yang kamu pilih. Jangka waktu yang semakin lama kamu ambil tentunya akan mempengaruhi total harga rumah yang kamu beli. Karena saat kamu membeli rumah secara kredit, kamu harus membayarkan bunga dengan jumlah tertentu bersamaan dengan cicilannya bukan? Hal ini yang membuat total harga rumah menjadi lebih mahal dari harga aslinya. 

Suku bunga fluktuasi

Karena dasarnya suku bunga fluktuatif, maka bunga KPR bisa saja berubah maupun bertambah tiap tahunnya. Jika kamu tidak siap dalam mengatasi kerugian yang disebabkan perubahan bunga, tentunya ini akan menjadi salah satu hal yang menyulitkan. Kamu bisa saja membayar dengan cicilan yang lebih mahal dikarenakan suku bunga yang fluktuatif. 

Tenor yang dipilih dapat mempengaruhi bunga

Jika kamu mengambil cicilan dengan jangka waktu yang pendek, bunga yang akan kamu bayarkan tentunya akan menjadi lebih kecil jika dibandingkan dengan mengambil cicilan dalam jangka waktu yang panjang. 

Baca juga: Ngaku melek finansial?

Surat berharga ditahan bank

Bagi yang mengambil KPR, umumnya sampai kamu melunasi cicilan rumah yang kamu ambil maka surat-surat berharga yang berhubungan dengan rumah tersebut akan ditahan oleh pihak bank sebagai jaminan. 

Itu dia Sobat LINE Bank penjelasan singkat tentang jenis KPR, keuntungan, dan kerugiannya. Dari penjelasan diatas, kira-kira kamu mau ambil rumah dengan sistem pembayaran KPR atau cash nih?

Bagikan ke Temanmu
LINE Bank Admin
LINE Bank Admin

A Different Experience of Digital Banking, LINE Bank. LINE Bank is a caring friend, someone that’s easy to get along with. LINE Bank is also a trusted companion, providing smart solutions to all financial issues.

Articles: 295