First Impression Dunia Kerja, Penting Nggak Sih?

Hai Sobat LINE Bank~

Menurut kalian memberikan first impression  di tempat kerja itu harus nggak sih? Atau malah ada yang beranggapan sebagai mencari muka?

Faktanya first impression  di tempat kerja itu merupakan hal yang sangat penting loh bagi karir kalian kedepannya. First impression yang dibentuk secara tidak langsung memberikan pandangan orang lain terhadapmu selama bekerja di perusahaan tersebut. Terutama apabila kamu merupakan anak magang yang mendapat penilaian. Karena dengan first impression yang baik siapa tau kesempatan untuk diangkat jadi karyawan tetap bukan.

Karena itu LINE Bank mau kasih kamu beberapa tips nih untuk membuat first impression yang baik di tempat kerja kamu! Yuk simak tipsnya dibawah ini!

Datang tepat waktu!

Sobat LINE Bank semuanya untuk mengawali karir  di tempat kerja yang baru atau bahkan saat kamu mau melakukan interview wajib sekali untuk tepat waktu. Selalu usahakan untuk datang tepat waktu di hari pertama kerja. Hal ini agar kamu memiliki waktu yang lebih banyak untuk mempersiapkan diri untuk hal-hal lain dan tidak menjadi tergesa-gesa.

Saat kamu melakukan interview juga wajib loh datang tepat waktu minimal 15 – 30 menit sebelum waktu yang ditentukan. Karena sekarang sudah serba online maka kamu bisa standby di waiting room Zoom maupun Google Meet 10 – 15 menit sebelum mulai. 

Menjadi tepat waktu tentu akan menunjukkan bahwa kamu adalah orang yang disiplin dan pintar mengatur waktu. Kamu akan lebih terlihat semangat terhadap pekerjaan kamu ini.

Mendengar dan memperhatikan

Nah, mendengarkan dan memperhatikan juga 2 hal kecil yang sangat penting loh Sobat LINE Bank. mungkin terdengar sepele karena mungkin sebagian dari kita sudah melakukan hal ini sehari-hari. Seperti mendengarkan teman maupun memperhatikan guru dalam mengajar.

Namun tahukah kamu, faktanya dalam dunia kerja 2 hal ini sangat dianggap penting. Khususnya untuk kamu yang baru pertama kali bekerja ataupun fresh graduate yang belum memiliki pengalaman bekerja. Karena itu kamu bisa memanfaatkan hari-harimu bekerja dengan memperhatikan sekelilingmu. Kamu juga harus mendengarkan dengan baik apabila dijelaskan sesuatu oleh atasanmu maupun seniormu. 

Hal ini dapat memberikan impression teman sekantor kamu terhadap kamu sebagai pribadi yang dapat diajak bekerja sama dan friendly.

Baca juga: Softskill yang disukai perusahaan

Bertanya

Nah biasanya sebagai anak baru maka senior maupun atasan kamu akan sering mengatakan “apakah ada pertanyaan?”. Nah mungkin sebagian dari kamu terkadang bingung harus menanyakan apa. 

Tapi terkadang atasan hanya menginginkan pendapat maupun saran kita loh Sobat LINE Bank. Jadi coba yuk untuk menempatkan diri dan bertanya agar mendapatkan info yang dapat menunjang pekerjaan kamu kedepannya.

Seringlah bertanya apabila kamu tidak mengerti akan suatu hal. Jadi jangan hanya berdiam diri saja tetapi beranikan diri untuk bertanya. Karena hal ini dapat membuat kamu dipandang sebagai pribadi yang memiliki rasa ingin tahu tinggi. 

Inisiatif

Sudah sewajarnya apabila perusahaan menginginkan karyawan yang berinisiatif. Contohnya apabila kamu diberikan pekerjaan dan kamu sudah menyelesaikannya dengan baik, cobalah untuk menjadi inisiatif di kantor. 

Misalnya kamu bertanya ke senior maupun supervisor apakah ada hal lain yang dapat kamu bantu dan sebagainya. Hal ini akan menunjukkan bahwa kamu adalah seseorang yang helpful dan dapat diandalkan loh. 

Tapi walaupun inisiatif kamu juga harus tahu batas kemampuanmu ya Sobat LINE Bank. jangan sampai kamu memaksakan meminta pekerjaan lebih padahal pekerjaanmu sebelumnya belum terselesaikan.

Nah itu dia Sobat LINE Bank beberapa cara untuk membentuk first impression yang baik di tempat kerjamu. Menurutmu hal apa lagi nih yang bisa membentuk first impression yang baik di tempat kerja versi kamu? Yuk coba ngobrol di bawah ini. 

Bagikan ke Temanmu
LINE Bank Admin
LINE Bank Admin

A Different Experience of Digital Banking, LINE Bank. LINE Bank is a caring friend, someone that’s easy to get along with. LINE Bank is also a trusted companion, providing smart solutions to all financial issues.

Articles: 308