7 Ide Bisnis Makanan Online untuk Kamu Pecinta Kuliner

Sobat LINE Bank, kamu pasti sudah tidak asing lagi dengan berbagai bisnis online yang banyak dijadikan sumber mata pencaharian utama. Sudah ada banyak ide usaha yang memanfaatkan teknologi dan internet ini. Beberapa di antaranya cukup menjanjikan loh, terutama ide bisnis makanan online

Mulai dari makanan berbentuk frozen food hingga cemilan banyak ditemukan di berbagai platform jual beli online. Jika kamu tertarik untuk membuat usaha kamu sendiri, berikut LINE Bank bagikan ide bisnis makanan online yang dapat kamu coba.

Apa yang Dimaksud dengan Ide Bisnis?

Ide bisnis adalah gambaran atau konsep yang singkat dan tepat mengenai peluang usaha untuk menciptakan sebuah produk yang dapat dijual, tak terkecuali ide bisnis makanan online. Sebelum memulai sebuah bisnis, penting untuk memiliki sebuah ide bisnis yang baik. 

Hal ini dikarenakan ide bisnis dapat membantu kamu menyusun rencana dan mengubah sebuah keinginan menjadi bisnis yang berkembang. Ide bisnis muncul dari berbagai sumber seperti melalui keterampilan atau hobi, pengalaman bekerja atau pribadi, hingga riset pasar dengan melihat peluang. 

Sebuah ide bisnis dapat dikatakan baik ketika beberapa kriteria terpenuhi, diantaranya sebagai berikut:

  1. Inovatif: Ide bisnis sebaiknya merupakan sesuatu yang baru atau pengembangan terhadap sebuah produk dengan penawaran yang lebih menarik.
  2. Memiliki peluang untuk berkembang: Pastikan ide bisnis berpeluang untuk berkembang di antara persaingan pasar.
  3. Adanya permintaan: Pastikan ide bisnis memiliki permintaan yang tinggi sehingga bisnis kamu hadir untuk memenuhi permintaan tersebut.

Apa Saja Keuntungan Memiliki Bisnis?

Memiliki bisnis sebagai salah satu mata pencaharian dapat memberikan keuntungan. Selain itu, kamu juga dapat berkontribusi untuk menyediakan lapangan pekerjaan. Berikut ini merupakan keuntungan yang diperoleh saat memiliki bisnis sendiri:

1. Kebebasan Kreativitas

Memiliki dan menciptakan bisnis sendiri dapat memberikan kebebasan dalam berkreasi pada sebuah produk dan membuat inovasi sesuai dengan kesukaan, pengalaman dan kemampuan. 

2. Waktu Bekerja

Jika kamu mengelola bisnis yang kamu ciptakan, kamu dapat mengatur waktu bekerja sendiri tanpa harus terikat dengan jadwal atau aturan jam kerja sebuah perusahaan. Hal ini juga dapat melatih diri untuk mengatur waktu yang baik agar bisnis dapat berjalan sesuai dengan rencana.

3. Belajar Mengatur Usaha

Sebagai seorang pemilik sebuah bisnis, kamu akan dituntut untuk terus belajar segala hal yang berkaitan dengan usaha yang dijalankan. Hal ini dilakukan untuk mempertahankan bisnis agar tetap berkembang.

Baca Juga: Terbiasa Hedon? Yuk Belajar dari 5 Fungsi Manajemen Keuangan Perusahaan

4. Menjadi Pemimpin 

Dengan mendirikan sebuah bisnis sendiri, kamu adalah pemimpin dalam perusahaan yang dijalankan. Dalam hal ini, kamu harus mampu mengatur jalannya usaha dan dapat diandalkan saat mengambil sebuah keputusan.

Apa Saja Faktor Risiko yang Memengaruhi Bisnis Makanan Online?

faktor risiko yang mempengaruhi bisnis makanan online

Potensi keuntungan yang diterima dari penerapan ide bisnis makanan online memang cukup tinggi. Namun tidak dapat dihindari bahwa terdapat risiko yang harus dihadapi saat menjalankan bisnis ini. Faktor risiko yang dapat memengaruhi bisnis makanan online adalah:

1. Produk Tidak Tahan lama

Beberapa jenis makanan memiliki waktu bertahan yang cukup singkat. Memutuskan untuk menjalankan ide bisnis makanan online berarti kamu harus siap dengan risiko makanan basi.

2. Banyak Kompetitor

Pada beberapa jenis makanan dengan banyak peminat, ide bisnis makanan online tersebut akan mempertemukan kamu dengan banyak kompetitor. Untuk itu, pastikan usaha yang dijalankan memiliki inovasi yang berbeda dengan kompetitor agar lebih menarik.

Baca Juga: Cara Praktis Top-up Saldo Rekening LINE Bank

3. Sulit Menjaga Loyalitas Pelanggan

Setiap orang pasti memiliki standar makanan enaknya masing-masing, sehingga kecocokan sebuah produk tidak dapat dipaksakan. Selain itu, transaksi makanan terkadang banyak dilakukan hanya karena sedang banyak dicari. Maka demikian, bisnis makanan sulit untuk mendapatkan kesetiaan pelanggan dalam jangka waktu yang lama.

Bagaimana Cara Menentukan Ide Bisnis Makanan Online untuk Anak Muda?

Setelah penjelasan panjang mengenai pengertian ide bisnis beserta kelebihan dan risikonya, kamu pasti bertanya-tanya tentang bagaimana cara menentukan ide bisnis. Berikut ini LINE Bank bagikan caranya untuk Sobat LINE Bank:

1. Riset

Setiap proses mendirikan bisnis, langkah awal yang harus dilakukan adalah riset. Cari tahu produk apa yang sedang tren dan banyak diminati masyarakat. Hal ini membantu kamu menciptakan sebuah ide bisnis dengan peluang terjual yang tinggi.

2. Sesuaikan Kemampuan

Menciptakan bisnis sendiri harus disesuaikan dengan kemampuan agar keseluruhan produk dapat tercipta secara maksimal dan dikerjakan dengan senang hati.

3. Amati Kompetitor

Langkah selanjutnya kamu dapat melakukan pengamatan pada kompetitor beserta minat pelanggan pada jenis produk yang kamu pilih. Nantinya kamu dapat menciptakan ide produk yang dapat memenuhi permintaan pasar dan lebih menarik.

Baca Juga: Begini 4 Cara Bisnis Online di Tengah Ketatnya Persaingan Bagi Kamu Si Pemula

Rekomendasi Ide Bisnis Makanan Online untuk Anak Muda

Jika kamu tertarik untuk mencoba menjalankan sebuah usaha makanan, LINE Bank punya rekomendasi yang cocok untuk ide bisnis makanan online anak muda dan memiliki peluang yang menjanjikan. Berikut adalah rekomendasi ide bisnis makanan yang dapat kamu coba:

1. Dessert Box

Saat ini dessert box adalah salah satu makanan yang cukup banyak menarik perhatian banyak orang sebagai makanan penutup yang simpel dengan konsep unik. Jika memiliki keahlian dalam pembuatan makanan penutup, kamu bisa menjadikan peluang tersebut sebagai ide bisnis makanan online

2. Aneka Sambal

Sebagian besar orang memilih kemudahan pada berbagai hal terutama kesediaan makanan, terutama sambal. Buat sambal rumahan dalam kemasan dengan berbagai inovasi penggunaan bahan tambahan seperti cumi-cumi, petai, ayam suwir, dan lain-lain untuk menarik lebih banyak pelanggan.

3. Basrengdan Aneka Keripik

Tidak ingin menjual makanan basah atau dessert? Basreng dan keripik kemasan dengan menawarkan tingkat kepedasan dapat menjadi solusi ide bisnis makanan online kamu. Makanan ringan ini juga cukup memiliki banyak peminat. Selain itu, pengemasannya cukup mudah dan ketahanan makanan pun juga relatif lama.

Baca Juga: Passive Income Untuk Beli Rumah?

4. Bubuk Minuman

Tingginya permintaan akan sebuah minuman dengan rasa yang sama saat membeli di cafe dapat kamu kembangkan menjadi sebuah ide bisnis makanan online. Sediakan bubuk minuman dengan berbagai rasa dan pastikan memiliki cita rasa yang enak, agar setiap orang dapat dengan mudah membuat minuman mereka sendiri dengan bubuk minuman kamu.

5. Frozen Food

Ide jualan makanan online yang selanjutnya dapat kamu coba adalah frozen food. Seperti yang telah disebutkan, sebagian besar orang memilih kemudahan dalam penyediaan makanan. Sehingga salah satu jenis makanan ini adalah jawaban yang tepat sebagai peluang bisnis makanan dengan cepat.

6. Rice Bowl

Makanan kekinian satu ini akhir-akhir ini cukup populer di kalangan masyarakat Indonesia. Rice bowl dinilai cocok untuk kalangan anak muda atau bahkan pekerja kantoran. Cakupan pasarnya yang luas membuat bisnis kuliner online ini sangat layak untuk kamu coba. Terdapat banyak jenis makanan yang bisa dijadikan rice bowl, semua tergantung pada kreativitas dan kualitas yang kamu berikan. Jangan lupa juga untuk memakai kemasan yang tepat, unik, dan menarik ya!

7. Kue Kering

Bukan hanya dikhususkan untuk perayaan hari raya tertentu saja, kini kue kering bisa dinikmati kapan saja karena dapat dijadikan sebagai hampers atau hadiah momen tertentu. Jika kamu tertarik melakukan bisnis ini, kamu bisa mengkreasikannya lebih menarik lagi dari segi rasa, bentuk, dan kemasan. Salah satu ide bisnis makanan online satu ini juga tidak membutuhkan modal yang terlalu besar, lebih lagi jika kamu telah mempunyai peralatannya di rumah.

8. Abon

Selanjutnya abon yang bisa kamu jadikan ide bisnis makanan online. Ada beberapa macam jenis abon saat ini, seperti abon sapi, abon ayam, abon ikan, abon pedas, dan sebagainya. Pastikan bahan makanan serta bumbu yang digunakan memiliki kualitas baik agar cita rasa abon semakin enak. Bila ingin menjangkau lebih banyak konsumen, kamu dapat menyediakan berbagai varian ukuran dari kecil hingga besar.

Tips Jualan Makanan Online

tips jualan makanan online

Setelah mengetahui ide-ide jualan makanan, berikut ini terdapat beberapa tips jualan makanan online yang bisa kamu jadikan sebagai pertimbangan sebelum memulai bisnis, diantaranya:

  • Pilihlah ide jualan makanan berdasarkan tren secara tepat dan dapat kamu jalankan dengan baik agar lancar dan sesuai dengan rencana bisnis. 
  • Melakukan strategi pemasaran dengan baik seperti, mengadakan promosi secara berkala agar penjualan semakin meningkat.
  • Jangan lupa untuk selalu evaluasi ide bisnis kamu dan lakukan inovasi jika perlu, sehingga usaha makanan kamu mampu bertahan dan pintar dalam menghadapi persaingan.
  • Memanfaatkan teknologi dengan maksimal seperti membuka toko online di marketplace maupun aplikasi layanan pesan antar makanan. 
  • Menjaga kualitas produk makanan dan kualitas pelayanan supaya konsumen loyal terhadap bisnis kamu.

Sebelum memulai sebuah usaha terutama makanan, pastikan Sobat LINE Bank telah mempelajari bagaimana mengelola makanan terutama pada makanan dengan ketahanan yang singkat. Nah, sekarang kamu telah mengetahui jenis makanan apa saja yang dapat dijadikan sebagai ide usaha makanan online. Kira-kira produk makanan mana nih yang akan kamu coba?

Meski terdapat risiko yang mungkin muncul, tapi jangan takut untuk mulai bisnismu sendiri. Terkendala biaya? Sobat LINE Bank tidak perlu khawatir, LINE Bank hadir dengan quick credit yang dapat menyediakan dana dengan proses mudah dan bebas bunga. Download LINE Bank sekarang juga dan nikmati kemudahan transaksi keuangan dari smartphone kamu.

Bagikan ke Temanmu
LINE Bank Admin
LINE Bank Admin

A Different Experience of Digital Banking, LINE Bank. LINE Bank is a caring friend, someone that’s easy to get along with. LINE Bank is also a trusted companion, providing smart solutions to all financial issues.

Articles: 327