Mengenal Piramida Perencanaan Keuangan

Dalam mengelola keuangan, piramida perencanaan keuangan merupakan hal yang penting. Piramida ini dapat membantu Sobat LINE Bank menganalisis kebutuhan yang perlu diprioritaskan. Alhasil, manajemen keuangan menjadi lebih terintegrasi dan terencana. 

Perencanaan keuangan sendiri erat kaitannya dengan tujuan keuangan. Setiap orang memiliki tujuan keuangan yang berbeda-beda. Misalnya, untuk membeli rumah, kendaraan, biaya pendidikan anak, pernikahan, dana pensiun, dan lain sebagainya. Semua tujuan keuangan ini perlu disusun prioritasnya dengan menggunakan konsep piramida keuangan.

Apa Pengertian Piramida Perencanaan Keuangan?

Piramida keuangan merupakan dasar dari perencanaan keuangan yang terdiri dari tiga bagian utama, yaitu keamanan keuangan, kenyamanan keuangan, dan distribusi kekayaan. Pada setiap tingkatan, Sobat LINE Bank dapat menyusun prioritas-prioritas yang digambarkan dalam bentuk piramida.

Pada bagian keamanan keuangan, kamu dapat mengatur cash flow, manajemen kredit, dan dana darurat. Pada tingkatan kenyamanan keuangan, Sobat LINE Bank dapat mengatur tujuan keuangan dan investasi. Lalu, pada tingkatan paling atas ada distribusi keuangan yaitu meneruskan harta yang telah didapatkan sebagai warisan dan hibah. Untuk lebih memahami mengenai tingkatan piramida ini, simak uraian lebih lengkapnya di bawah ini. 

Baca Juga: Mandiri Secara Keuangan? Gampang Kok!

Apa Saja Tingkatan pada Piramida Perencanaan Keuangan?

Terdapat tiga tingkatan dalam menyusun piramida perencanaan keuangan, yaitu keamanan keuangan untuk memenuhi kebutuhan jangka pendek, kenyamanan keuangan untuk jangka menengah, serta distribusi kekayaan untuk jangka panjang. Mari simak penjelasan dari tiga tingkatan piramida tersebut.

1. Keamanan Keuangan

Prioritas utama dalam menyusun perencanaan keuangan yaitu memenuhi kebutuhan keuangan jangka pendek, seperti cash flow, dana darurat, dan utang. Ketiga hal ini merupakan permasalahan keuangan jangka pendek yang harus dipastikan sehat. 

Dalam memenuhi keamanan keuangan, setidaknya dana yang Sobat LINE Bank miliki mencukupi kebutuhan dan pengeluaran selama 12 bulan ke depan. Maka dari itu, diperlukan strategi untuk mencapai keamanan finansial ini, salah satunya dengan membuat anggaran keuangan. 

2. Kenyamanan Keuangan

Maksud dari kenyamanan keuangan di sini, yaitu Sobat LINE Bank dapat memenuhi kebutuhan jangka menengah antara satu sampai lima tahun serta jangka panjang lebih dari lima tahun. Pada tingkatan ini, kamu bisa mulai melakukan investasi dan mengumpulkan dana pensiun untuk masa tua. 

Seseorang yang nyaman secara keuangan dapat memenuhi kebutuhan hidupnya. Mulai dari biaya liburan, perjalanan ibadah, dana pendidikan, membeli rumah, dan lain sebagainya. Berbeda dengan seseorang yang tidak nyaman secara keuangan, biasanya cenderung memiliki banyak tekanan keuangan.

Salah satu strategi untuk mencapai kenyamanan keuangan yaitu mulai membuat rencana keuangan, menentukan tujuan keuangan, dan mulai menabung atau investasi.

3. Distribusi Kekayaan

Pada tingkatan ini, Sobat LINE Bank perlu melakukan perencanaan keuangan untuk warisan atau hibah. Warisan perlu dipersiapkan supaya bisa dimanfaatkan dengan baik oleh anak untuk menjalani kehidupan dengan aman dan nyaman.

Namun, pembicaraan warisan di lingkungan keluarga di Indonesia masih terasa sedikit tabu, terutama selama pewaris masih hidup. Padahal, tanpa adanya perencanaan warisan yang baik, kemungkinan adanya konflik di keluarga akan semakin besar. Belum lagi kalau pewaris memiliki hutang yang belum terbayarkan.

Dalam hal ini, Sobat LINE Bank dapat menghitung dan mencatat besarnya kekayaan serta utang yang dimiliki. Kemudian jelaskan apa yang harus dilakukan dengan kekayaan dan utang tersebut melalui surat wasiat yang dibuat oleh notaris tepercaya.

Baca Juga: Tips Keuangan Bagi Pasangan Baru

Apa Manfaat dari Perencanaan Keuangan?

Salah satu manfaat dari piramida perencanaan keuangan yaitu dapat mengalokasikan dana sesuai dengan prioritas kebutuhan. Dalam hal ini, Sobat LINE Bank dapat mengontrol setiap anggaran yang telah disusun, sehingga kestabilan keuangan tetap terjaga. Mari simak beberapa manfaat lainnya di bawah ini.

1. Tahu Ke Mana Dana Dialokasikan

Melalui perencanaan keuangan, Sobat LINE Bank bisa lebih mudah mengalokasikan berbagai kebutuhan keuangan, terutama bagi kamu yang sudah berumah tangga dan memiliki anak. Untuk menghitung pengalokasiannya bisa menggunakan perhitungan 50% untuk cash flow, 30% untuk keperluan biaya renovasi, membeli pakaian, dan lainnya, dan 20% untuk tabungan atau investasi.

2. Masa Depan Lebih Terjamin

Seseorang yang memiliki perencanaan keuangan yang matang biasanya cenderung tidak boros dan terkontrol. Apakah Sobat LINE Bank salah satunya? Perencanaan keuangan bisa membantumu mencapai tujuan keuangan dan membuat masa depan lebih terjamin. Misalnya, dana pendidikan dan dana pensiun telah dianggarkan dan dikumpulkan sejak dini.

3. Tidak Perlu Khawatir Jika Ada Keperluan Mendadak

Dana darurat menjadi salah satu perencanaan keuangan yang disusun pada tingkatan keamanan keuangan. Jadi, kalau Sobat LINE Bank sedang dalam keadaan darurat dan memerlukan dana mendadak, bisa menggunakan dana darurat yang telah dianggarkan.

Keadaan darurat yang dimaksud seperti kecelakaan lalu lintas dan harus membayar biaya rumah sakit atau renovasi rumah akibat bencana alam. Dalam hal ini, Sobat LINE Bank menjadi lebih siap untuk mengantisipasi berbagai keperluan darurat tersebut.

Baca Juga: Cara Mengatur Keuangan Rumah Tangga yang Efektif

Bagaimana Cara Mengoptimalkan Finansial dengan Piramida Perencanaan Keuangan?

Setelah memahami pengertian, tingkatan, dan manfaat dari piramida perencanaan keuangan, kini saatnya kamu mengimplementasikannya. Caranya dengan mencatat pendapatan dan pengeluaran setiap bulan supaya dana bisa dialokasikan sesuai dengan kebutuhan. Hal ini penting dilakukan, supaya kamu menemukan komposisi alokasi gaji yang pas dan tidak boncos di akhir bulan.

Setelah itu, kamu bisa mempersiapkan dana darurat untuk memenuhi tingkatan piramida keamanan keuangan. Dana darurat menjadi salah satu fondasi penting dalam menjaga kestabilan dana. Selanjutnya, jika dana darurat telah tercapai, Sobat LINE Bank biasakan menabung dan investasi di awal bulan.Ada banyak pilihan investasi, yaitu deposito, saham, hingga reksadana. Kamu bisa nabung deposito mulai Rp1.000.000 dengan bunga deposito tinggi di LINE Bank. Kamu juga bisa perpanjang jatuh tempo otomatis dengan mengatur opsi saat pembukaan. Tertarik buka rekening deposito di LINE Bank? Unduh aplikasinya sekarang juga!

Bagikan ke Temanmu
LINE BANK SEO Admin
LINE BANK SEO Admin
Articles: 324