Tips Keuangan Bagi Pasangan Baru

Menikah dan akhirnya menjalani hidup baru sebagai pasangan suami istri bisa dibilang menjadi hal yang didambakan. Dengan menikah mulai dari hal kecil hingga besar sekarang sudah menjadi tanggung jawab bersama. Mulai dari mengurus rumah, mengurus anak nanti, dan lainnya. 

Tentunya keputusan ini tidak bisa diputuskan sendiri atau secara sepihak bukan? Karena hampir 99% keputusan yang diambil akan mempengaruhi kondisi keuangan kamu berdua. Setelah menikah rencana keuangan tetap harus ada dan dibicarakan bersama. 

Masalah keuangan sangat penting, apalagi setelah menikah. Kamu pasti nggak mau bertengkar dengan suami kamu karena hal sepele atau hal yang tidak sesuai dengan prinsip keuangan masing-masing.

Karena itu kamu bisa terapkan beberapa cara dibawah ini untuk mengatur keuangan keluarga kamu

Terbuka terhadap kondisi keuangan masing-masing

Masih banyak yang berpikir bahwa membahas keuangan adalah hal yang sensitif atau tabu. Namun, kamu tetap harus terbuka soal kondisi keuangan kamu terhadap pasangan, begitupun sebaliknya. 

Sebenarnya ada baiknya kamu telah membahas keuangan ini sebelum kamu menikah agar mengetahui terlebih dahulu dan dapat dibicarakan lebih santai. Namun, jika kamu lebih leluasa membicarakannya setelah menikah juga tidak ada salahnya.

Kamu bisa mulai dengan topik yang ringan. Inisiatif  untuk membuka topik terlebih dahulu, misalnya tanyakan apakah kamu harus tetap bekerja atau cukup salah satu saja yang bekerja. Jangan lupa tanyakan apa sedang mengalami masalah keuangan, seperti hutang dan cicilan. Selain itu, kamu juga harus membicarakan tentang pembagian keuangan, apakah membutuhkan rekening bersama atau tidak. 

Dari sini tentunya kamu dan pasangan kamu akan mengetahui gambaran tentang kondisi keuangan kalian berdua. Setelah itu kamu dan pasanganmu bisa membuat strategi keuangan yang sesuai dengan kondisi finansial kalian berdua.

Baca juga: Bedanya tabungan dan deposito

Membuat pos pengeluaran rumah tangga

Nah, biasanya setelah menikah kamu dan pasanganmu pasti memiliki impian bukan? Membeli rumah impian, mobil, memiliki anak, dan lainnya. Karena itu kamu harus mulai membuat pos pengeluaran rumah tangga agar semua impian kalian bisa tercapai.

Mulailah dengan membuat pos pengeluaran rutin kalian berdua, misalnya belanja bulanan, biaya listrik dan air, tagihan internet, atau cicilan yang dimiliki. Cara ini perlu kamu lakukan agar kamu tahu berapa total pengeluaran keluarga kamu. 

Dengan mengetahui total pengeluaran maka kamu akan tahu sisa dari pendapatan kalian. Setelah itu kamu bisa mulai mengalokasikan total penghasilan kalian untuk keperluan lain. Dari catatan ini kamu juga bisa mengetahui pengeluaran apa yang bisa ditahan atau dikecilkan budgetnya. Tentunya kamu dan pasangan juga menjadi tidak boros. 

Baca juga: Atasi kebiasaan belanja impulsif

Persiapkan dana darurat

Karena tidak ada yang pasti, maka kita harus selalu siap akan segala sesuatu. Karena itu kamu bisa beranggapan bahwa pengeluaran dadakan bisa saja terjadi esok hari. Siapkanlah dana darurat untuk mengatasi hal ini. 

Siapkan dana darurat kamu dan pasangan. Sisihkan 10-20% dari pemasukan bulanan kalian berdua untuk dana darurat. Namun, kamu bisa menyesesuaikannya lagi dengan kondisi finansial kalian. Idealnya dana darurat yang harus kalian siapkan yaitu 6x dari penghasilan bulanan. 

Tentunya menjadi pasangan baru tidak mudah, namun kamu dan pasangan pasti bisa melewatinya. 3 Tips ini adalah tips mendasar yang bisa kamu terapkan dan sesuaikan dengan kamu bersama pasangan. 

Jika kamu dan pasangan ingin cepat memiliki buah hati, maka jangan lupa untuk menyiapkan dana pendidikan sedini mungkin. Jangan lupa juga membuat asuransi untuk keluarga kamu. Tidak perlu langsung memilih premi yang tinggi, kamu bisa menyesuaikan dengan budget yang ada. Jika ada rezeki barulah perlahan upgrade asuransi keluarga.

Untuk itu, kamu bisa melakukan perencanaan finansial dengan mudah bersama LINE Bank lho. Semua perencanaan finansial yang kamu dan pasangan butuhkan bisa kamu atur hanya dalam 1 akun saja. Kamu bisa langsung pisahkan rekening untuk setiap pos pengeluaran kamu dengan aplikasi LINE Bank. 

Kamu juga bisa membuka rekening deposito untuk persiapan dana darurat keluarga kamu. Jadi yuk download LINE Bank sekarang!

Bagikan ke Temanmu
LINE Bank Admin
LINE Bank Admin

A Different Experience of Digital Banking, LINE Bank. LINE Bank is a caring friend, someone that’s easy to get along with. LINE Bank is also a trusted companion, providing smart solutions to all financial issues.

Articles: 285