Bagaimana Perencanaan Keuangan Jangka Panjang yang Tepat?

Sobat LINE Bank, dalam mempersiapkan masa depan yang cerah, pastikan kamu memiliki perencanaan keuangan jangka panjang. Saat masih muda, banyak dari mereka sering kali melupakan pentingnya merencanakan masa depan terutama dalam hal finansial. Padahal hal ini merupakan langkah penting yang harus dilakukan sejak masih berada di usia muda. 

Ada banyak keuntungan yang dapat Sobat LINE Bank dapatkan ketika merencanakan keuangan untuk jangka panjang. Kamu tidak perlu lagi risau mengenai biaya pensiun, kebutuhan tak terduga pada masa mendatang, dan jaminan kehidupan yang lebih tertata. Melalui perencanaan keuangan, Sobat LINE Bank dapat mengatur gaya hidup agar tujuan finansial pada masa depan dapat tercapai.

Lalu, apa yang harus dilakukan untuk membuat sebuah perencanaan keuangan jangka panjang? Dalam artikel kali ini, LINE Bank akan berbagi informasi mengenai pengertian, tujuan, dan cara menyusun perencanaan keuangan jangka panjang.

Apa Pengertian Perencanaan Keuangan Jangka Panjang?

Pada dasarnya, perencanaan keuangan adalah strategi yang disusun untuk mengatur alur pemasukan dan pengeluaran keuangan agar mencapai tujuan yang telah ditetapkan sebelumnya. Dengan kata lain, perencanaan keuangan jangka panjang merupakan rencana pada segala keputusan finansial yang mempertimbangkan efek jangka panjang. 

Saat keputusan keuangan dibuat, berbagai aspek akan terpengaruh secara keseluruhan. Maka dari itu, agar dapat menetapkan keputusan keuangan yang bijak, perencanaan keuangan jangka panjang sangat diperlukan. Sobat LINE Bank pasti sudah mengetahui bahwa tidak semua pekerjaan menjamin adanya dana pensiun. 

Hal tersebut mengharuskan kamu mengelola keuangan secara mandiri dan mengatur dana pensiun agar tetap hidup nyaman pada masa tua. Belum lagi ketika muncul pengeluaran tak terduga, Sobat LINE Bank harus siap dengan ketersediaan dana darurat. Kedua hal tersebut merupakan dua dari sekian banyak manfaat yang diberikan saat keuangan telah terencana untuk masa depan. 

Apakah merencanakan hal tersebut dapat dalam waktu sekejap? Tentu saja tidak. Itulah mengapa Sobat LINE Bank harus belajar mengatur keuangan dari sekarang dan buat rencana keuangan untuk beberapa tahun ke depan.

Baca Juga: Ini 6 Cara Mengatur Keuangan Supaya Dompet Gak Jebol

Apa Saja Komponen dari Perencanaan Keuangan Jangka Panjang?

Semua orang punya uang. Tapi tidak semua bisa mengatur dan merencanakan keuangan dengan bijak terutama untuk jangka waktu yang panjang. Pada dasarnya, merencanakan keuangan dapat dilakukan dengan mudah dan tidak memiliki aturan baku apa pun. 

Namun agar lebih memudahkan Sobat LINE Bank dalam belajar merencanakan keuangan, berikut merupakan 5 komponen dari perencanaan keuangan yang harus diketahui:

1. Rencana Anggaran

Membuat rencana anggaran dapat mengubah jalan yang diambil untuk mencapai tujuan pada masa yang akan datang. Akan banyak kebutuhan penting yang hadir dalam hidup, seperti kebutuhan finansial untuk pernikahan, biaya anak, biaya hidup yang lebih besar, biaya pensiun, dan masih banyak lagi.

Maka dari itu, mulai dari sekarang untuk menulis rencana anggaran baik dalam jangka panjang maupun jangka pendek. Hal ini akan melatih kamu mengelola keuangan dengan baik sekaligus memenuhi kebutuhan finansial pada masa yang akan datang.

2. Catatan Pemasukan dan Pengeluaran

Mencatat pengeluaran dan pemasukan dapat menunjukkan untuk apa uang digunakan dan dari mana sumber uang yang masuk. Sehingga rencana keuangan menjadi lebih rapi dan jelas sumber dana serta kegunaan dana jangka panjang tersebut.

3. Memilih Instrumen Tabungan yang Tepat

Selain dua hal di atas, tempat untuk menyimpan uang jangka panjang juga menjadi komponen perencanaan keuangan. Karena, menggunakan instrumen tabungan yang salah dapat menimbulkan risiko kerugian. Namun jika pemilihannya tepat, Sobat LINE Bank memiliki peluang untuk menerima berbagai keuntungan yang ditawarkan. 

Salah satu instrumen yang dapat Sobat LINE Bank gunakan adalah Tabungan LINE Bank. Instrumen ini memiliki kemudahan akses, bebas biaya bulanan, dan kemudahan untuk cek setiap transaksi yang dilakukan karena terhubung dengan LINE Messenger.

Baca Juga: Mengenal Piramida Perencanaan Keuangan

Apa Tujuan dari Perencanaan Keuangan Jangka Panjang?

Ada banyak tujuan dari perencanaan keuangan jangka panjang. Di antaranya seperti alokasi keuangan, melindungi aset, dan mengurangi kekhawatiran akan kebutuhan dana. Berikut penjelasan selengkapnya:

1. Alokasi Keuangan 

Seperti yang diketahui bersama, tujuan utama dari perencanaan keuangan jangka panjang adalah mengalokasikan keuangan pribadi yang dimiliki untuk memenuhi kebutuhan finansial masa mendatang. 

2. Melindungi Aset

Selain melakukan perencanaan dalam bentuk uang dalam tabungan, kamu juga dapat melindungi aset untuk masa depan dengan bentuk lain seperti emas hingga properti. Selain mengamankan aset, mengalihkan uang menjadi bentuk properti juga dapat menjadi sumber dana lain sebab kamu dapat menyewakannya kepada pihak lain.

3. Mengurangi Kekhawatiran

Saat rencana keuangan masa depan telah tertata rapi, Sobat LINE Bank tidak perlu lagi khawatir bagaimana menjalani hidup di hari tua. Tak hanya itu, saat terjadi kebutuhan mendesak pun, kamu sudah bersiap dengan dana darurat.

Bagaimana Cara Membuat Perencanaan Keuangan Jangka Panjang yang Tepat?

Melalui penerapan membuat perencanaan keuangan jangka panjang, Sobat LINE Bank telah bijak dalam mengelola keuangan. Sehingga, permasalahan finansial dapat dihindari lebih dini. Apabila belum mengetahui caranya, kamu dapat menerapkan cara berikut ini:

1. Menghitung, Mencatat, dan Membuat Anggaran Pemasukan dan Pengeluaran

Cara membuat perencanaan keuangan adalah dengan menghitung, mencatat dan membuat anggaran pemasukan dan pengeluaran setiap bulannya. Pastikan kamu membuat secara terperinci termasuk juga cicilan, pulsa, dan kebutuhan bensin atau transportasi. Tulis juga prioritas keuangan, jangan sampai hal-hal yang kurang penting masuk dalam daftar prioritas. 

2. Menyisihkan Sebagian Dana

Agar tujuan rencana keuangan masa depan terwujud, mulai untuk sisihkan sebagian pemasukan untuk menjadi simpanan dana. Sebagai tips tambahan, kamu dapat menggunakan rasio 50:30:20 yang berarti 50% untuk kebutuhan pokok, 30% untuk kebutuhan hiburan dan pemenuhan keinginan, 20% untuk dana yang disisihkan menjadi tabungan.

Jika memungkinkan, Sobat LINE Bank dapat menyediakan dana asuransi sebagai langkah pencegahan dan perlindungan apabila terjadi hal yang tidak diinginkan. 

3. Periksa Pengeluaran

Setiap selesai melakukan pencatatan pengeluaran setiap bulannya, pastikan untuk melakukan pemeriksaan terhadap hal apa saja yang kurang penting namun membutuhkan budget yang besar. Memeriksa keuangan secara rutin dapat menciptakan kondisi finansial jangka panjang yang lebih baik.

Baca Juga: 4 Tujuan Manajemen Keuangan Serta Manfaatnya

Jadi itu dia informasi mengenai perencanaan keuangan jangka panjang yang tepat dan bijak. Setelah mengetahui informasi di atas, Sobat LINE Bank dapat mulai mengubah gaya hidup yang berlebihan menjadi lebih bijak dalam pengelolaan keuangan. Sehingga nantinya dapat tercipta masa depan yang bebas khawatir dan tertata. Salah satu pilihan cerdas untuk rencana keuangan jangka panjang dengan instrumen selain tabungan adalah Deposito LINE Bank. Produk LINE Bank yang satu ini menawarkan bunga deposito tinggi, sehingga cocok untuk digunakan sebagai tabungan masa depan. Download LINE Bank sekarang untuk membuka peluang keuntungan besar yang praktis dan mudah.

Bagikan ke Temanmu
LINE BANK SEO Admin
LINE BANK SEO Admin
Articles: 324