5 Tips Hemat Anak Kos

Sebagai anak kos, Sobat LINE Bank harus bisa mengatur uang bulanan dengan baik agar jumlah pengeluaran tetap terkendali. Memisahkan kebutuhan dan keinginan adalah salah satu tips hemat anak kos paling dasar yang bisa Sobat LINE Bank coba.  

Coba pikirkan berapa banyak pengeluaran kamu dalam satu bulan? Sudahkah jumlah pengeluaran sesuai dengan pemasukan atau uang bulanan yang kamu terima? Kemudian pikirkan pula mana yang lebih besar, pengeluaran untuk kebutuhan atau keinginan dan gaya hidup?

Mungkin masih banyak anak kos yang menerapkan prinsip menjadi yes man dan mengesampingkan perencanaan keuangan yang matang. Bukan berarti buruk, namun hal tersebut bisa memengaruhi jumlah pengeluaran kamu , loh. Belum lagi pengeluaran kebutuhan yang beragam seperti makan, bayar kos, paket internet, dan lain sebagainya. 

Sobat LINE Bank tentu tidak menginginkan jumlah pengeluaran yang melebihi uang bulanan yang dimiliki. Oleh karenanya, perlu mempelajari bagaimana cara berhemat yang tepat. Dalam artikel kali ini, LINE Bank akan memberikan berbagai tips hemat anak kos yang dapat kamu terapkan.

Apa Saja Contoh Permasalahan yang Biasa Dialami Anak Kos?

Tinggal sendiri tidak hanya sebatas mengurus diri sendiri dan kamar kos saja. Namun, Sobat LINE Bank juga harus pandai mengelola dan menyelesaikan berbagai permasalahan yang biasa dialami anak kos. Adapun berbagai permasalahan yang umum terjadi pada anak kos antara lain:

1. Tidak Memiliki Perencanaan Keuangan Bulanan

Masalah pertama yang kerap dialami oleh anak kos adalah melewatkan pembuatan rencana anggaran dana untuk setiap bulan dan banyak pengeluaran yang tidak terkendali. Padahal mencatat seluruh kebutuhan sekaligus dana yang harus dikeluarkan adalah hal yang penting. Karena, perencanaan keuangan akan membantu kamu mengalokasikan uang bulanan secara tepat, terperinci, dan terbagi dengan baik. 

2. Token Listrik Habis Tiba-Tiba

Beberapa kos menyediakan fasilitas listrik secara terpisah dan mengharuskan Sobat LINE Bank mengisi token listrik secara mandiri. Biasanya anak kos jarang memperhatikan meteran listrik. Sehingga saat token habis, listrik akan mati. Hal ini dapat menjadi salah satu dampak dari tidak adanya rencana keuangan yang matang, kamu akan dihadapkan pada pengeluaran baru secara mendadak tanpa persiapan apa pun. 

3. Terpengaruh dengan Gaya Hidup

Bersosialisasi dengan teman-teman dan nongkrong untuk menghabiskan waktu bersama memang menjadi kegiatan penghilang stres yang efektif. Namun, terlalu sering pergi nongkrong dan healing juga bukan keputusan yang tepat. Sebab akan banyak pengeluaran gaya hidup yang berlebihan dan makin boros. 

Baca Juga: Ini Dia 6 Cara Menentukan Ide Usaha Modal Kecil untuk Gen-Z

Bagaimana Tips Hemat Anak Kos?

Ungkapan “anak kos akhir bulan makan mie instan” yang kerap didengar ini bukan hanya sekadar ungkapan. Sebab beberapa orang memang mengalami hal demikian. Agar Sobat LINE Bank terhindar dari kondisi dompet kosong di akhir bulan, terapkan tips hemat anak kos berikut ini:

1. Membuat Rancangan Pengeluaran 

Tips hemat anak kos yang pertama tentu membuat rancangan pengeluaran sedetail mungkin, mulai dari kebutuhan pokok yang paling besar hingga yang terkecil. Setelah seluruh kebutuhan terpenuhi, cocokkan dengan jumlah pemasukan yang diterima setiap bulan. 

Rancangan pengeluaran kurang lebih terdiri dari belanja bulanan, listrik dan air jika ada, kos, makan, bensin atau transportasi, skincare, dan kebutuhan kerja atau kuliah. Apabila masih tersisa, Sobat LINE Bank dapat menyisihkan sebagian untuk dana hiburan dan dana darurat atau tabungan. 

2. Usahakan Untuk Masak Sendiri

Untuk konsumsi harian, disarankan agar Sobat LINE Bank masak sendiri dan mengurangi intensitas membeli makan di luar. Hal ini dikarenakan memasak terbukti memiliki anggaran yang lebih kecil dibandingkan dengan membeli makan. 

Kamu dapat berbelanja sayur dan kebutuhan dapur lainnya dengan harga yang lebih terjangkau. Bila perlu, buat meal plan selama satu minggu ke depan. Jadi Sobat LINE Bank akan lebih mudah untuk berbelanja kebutuhan memasak. Memasak nasi sendiri juga termasuk dalam bagian ini. 

3. Hindari Membawa Uang Tunai Berlebihan

Tidak dapat dimungkiri bahwa membawa banyak uang tunai dapat meningkatkan minat belanja. Untuk mengendalikan hal tersebut, sebaiknya Sobat LINE Bank hanya mengambil uang tunai sesuai kebutuhan saja. Contohnya, ketika kamu membutuhkan uang untuk fotocopy dan membeli perlengkapan alat tulis dengan nilai total Rp. 35.000, cukup ambil Rp. 50.000 saya untuk membayar keperluan tersebut dan pegangan di hari itu. 

4. Membuat Daftar Belanja

Tips hemat anak kos selanjutnya adalah membuat daftar belanja. Tujuannya adalah agar Sobat LINE Bank dapat membeli barang sesuai kebutuhan dan tidak kalap saat berbelanja. Jadi, pengeluaran dapat lebih terkontrol dan kamu terhindar dari anggaran belanja yang membengkak. Pastikan daftar belanjaan sudah mencakup seluruh kebutuhan dalam satu bulan, supaya Sobat LINE Bank tidak perlu bolak-balik ke pasar atau supermarket. 

5. Batasi Intensitas Nongkrong

Sebagai anak kos yang tinggal sendiri dan tidak lagi memiliki jam malam, kamu pasti relate dengan kebiasaan nongkrong dengan teman-teman hampir setiap hari. Sobat LINE Bank harus berhati-hati karena biasanya pengeluaran paling besar disebabkan oleh kebiasaan ini. Bukan tidak boleh, hanya saja kamu perlu membatasi intensitas nongkrong di luar agar tidak boncos. 

Baca Juga: Terbiasa Hedon? Yuk Belajar dari 5 Fungsi Manajemen Keuangan Perusahaan

Bagaimana Cara Mengatur Keuangan Bagi Anak Kos?

Setelah mengetahui berbagai permasalahan dan tips hemat di atas, kamu pasti bertanya mengenai bagaimana cara yang tepat untuk mengatur keuangan khususnya bagi anak kos. LINE Bank akan menjawab pertanyaan tersebut melalui penjelasan cara yang dapat kamu lakukan berikut ini:

1. Mencatat Pengeluaran

Cara mengatur keuangan bagi anak kos yang pertama adalah mencatat seluruh pengeluaran, baik kebutuhan dan keinginan. Melalui kebiasaan pencatatan ini, Sobat LINE Bank dapat evaluasi pengeluaran dengan melihat dan mengurangi pengeluaran yang tidak begitu penting. Pastikan seluruh kebutuhan menjadi prioritas utama dan jangan lupa untuk melihat apakah pengeluaran bulanan sesuai dengan perencanaan keuangan yang telah dibuat sebelumnya. 

2. Biasakan Untuk Sisihkan Uang Pokok

Setelah menentukan jumlah pengeluaran per bulan dari perencanaan keuangan yang dibuat sebelumnya, usahakan untuk menyisihkan terlebih dahulu uang pokok dari rekening utama Sobat LINE Bank. Kamu bisa buka rekening LINE Bank baru dan menjadikannya sebagai tempat penyimpanan uang pokok. Gunakan rekening tersebut hanya untuk membeli kebutuhan yang termasuk dalam daftar pengeluaran utama. 

3. Manfaatkan Promo

Untuk menghemat pengeluaran, Sobat LINE Bank juga dapat memanfaatkan promo yang tersedia baik offline maupun online. Sebagai contoh, ketika sebuah supermarket menawarkan promo menarik seperti diskon atau buy 1 get 1, gunakan promo tersebut untuk memenuhi kebutuhan bulanan kamu. Namun tetap ingat untuk tidak berlebihan dan sesuai dengan daftar belanjaan ya, Sobat LINE Bank.

Baca Juga: Millenials, Hindari Gaya Hidup Ini Biar Tetap Hemat! 

Jadi itu dia beberapa tips hemat anak kos yang bisa Sobat LINE Bank terapkan. Terkadang memilih rekening bank yang tepat juga menjadi tips hemat yang efektif sebab terdapat promo menarik yang diberikan. LINE Bank adalah salah satunya. Sobat LINE Bank dapat memanfaatkan fitur tabungan LINE Bank yang bebas biaya bulanan dan membolehkan pembayaran tagihan maupun pembelian pulsa dengan praktis. Download aplikasinya dan temukan berbagai promo LINE Bank yang menarik sekarang juga.

Bagikan ke Temanmu
LINE BANK SEO Admin
LINE BANK SEO Admin
Articles: 324