Tips Nabung Buat Anak Kos!

Anak kos biasanya terbiasa hidup mandiri dan selalu identik dengan keuangannya yang pas-pasan sampe akhir bulan makan mi instan. Mau minta jajan tambahan ke orang tua cenderung malu, dan ujung-ujungnya mencari pekerjaan sampingan. Meskipun begitu, kerap kali penghasilan yang dihasilkan belum cukup untuk memenuhi semua kebutuhan dan juga menabung. 

Daripada pesimis terus, yuk coba beberapa tips dibawah ini supaya keinginan menabung kamu terwujud! 

1. Catat & Pisahkan Budget Bulanan Berdasarkan Kebutuhan 

Ketika kamu menerima uang bulanan, segera hitung budget untuk kebutuhan sehari-harimu. Misalnya, untuk kebutuhan kuliah, hangout, makan dan belanja bulanan. Setelah itu, pisahkan uang bulanan dalam amplop atau dompet penyimpanan lain agar kamu tidak kebablasan menggunakan uang tersebut untuk keperluan yang tidak penting. 

2. Sisihkan uang bulanan yang tersisa

Setelah kamu membagi budget bulanan, sisihkan sisa budget di tempat terpisah untuk ditabung. Tidak perlu banyak, yang penting kamu berkomitmen setiap bulannya. Kamu bisa akalin dengan cara-cara kreatif supaya uangnya ngga kepake. Contohnya selipkan di buku mata kuliah, atau buka rekening baru. Intinya, jangan sampai dana itu terpakai kecuali dalam keadaan darurat ya!

3. Catat pengeluaran setiap bulan. 

Walaupun diawal bulan kamu sudah mencatat budget bulanan, kamu tetap harus mendata pengeluaran apa saja yang sudah dikeluarkan di bulan ini. Tujuannya, supaya kamu tau kemana saja dana kamu digunakan. Selain itu, ini juga berguna untuk melihat apakah kamu sudah berbelanja sesuai dengan budget yang ditentukan. Hal ini juga membantu melatih Kamu dalam mengontrol keuangan sendiri.

4. Belajar masak 

Membeli makan diluar atau pesen makanan dari aplikasi penyedia antar makanan memang lebih praktis, namun juga bisa membuat kamu  semakin boros lho. Dengan keterbatasan budget sebagai anak kost, Kamu bisa mengakali dengan belajar masak sendiri. Tidak perlu masak yang susah atau ribet, banyak makanan yang mudah diolah namun tetap sehat. Memasak sendiri memberikan kamu ketrampilan baru dan yang terpenting bisa jadi lebih hemat.

5. Irit kuota, gunakan wifi gratis

Setiap kamu hangout, ngopi atau berada di lingkungan kampus dan kerja, maksimalkan penggunakan wifi yang ada, supaya kamu tidak melulu menggunakan kuota. Ini salah satu trik yang manjur, karena kamu bisa mengurangi pengeluaran beli kuota yang habis hanya buat kebutuhan hiburan.

6. Bawa air minum sendiri 

Jika dalam sehari Kamu membeli air mineral 2-3x, maka rata-rata kamu akan menghabiskan uang senilai 20 ribu dalam sehari. Bayangkan jika kebiasaan ini kamu lakukan dalam sebulan, maka Kamu telah mengeluarkan budget yang lumayan hanya untuk membeli minuman. Bawalah air minum sendiri buat membantu kamu berhemat. Jika ada fasilitas isi ulang air di kampus atau tempat kerja, Kamu bisa menggunakannya agar lebih hemat. Selain itu, Kamu juga sudah berkontribusi menjaga bumi dengan sedikit menggunakan kemasan plastik.

Jadi anak kos gak boleh cepat putus asa walaupun duit belom banyak, tentu banyak cara bisa kamu lakukan buat tetap punya duit, salah satunya dengan menabung. Ini kesempatan baik buat kamu belajar mengatur uang, supaya nanti manajemen keuanganmu bagus. Semangat!

Bagikan ke Temanmu
LINE Bank Admin
LINE Bank Admin

A Different Experience of Digital Banking, LINE Bank. LINE Bank is a caring friend, someone that’s easy to get along with. LINE Bank is also a trusted companion, providing smart solutions to all financial issues.

Articles: 277