Stres Menghadapi Tanggal Tua? Lakukan Cara ini!

Sudah mulai tanggal tua nih, guys, apa kabar dengan gaji saat ini? Buat sebagian orang, tanggal tua bisa sangat mengkhawatirkan. Apalagi kalau bukan karena gaji sudah mulai rontok. Terkadang, sebagian dari kamu masih mementingkan keinginan daripada kebutuhan sehingga gaji dan pengeluaran menjadi susah dikendalikan. Kalau mengatur keuangannya sudah salah, bisa-bisa kamu gak punya uang sisa untuk menabung dan mewujudkan tujuan keuanganmu loh! Apalagi kalau harus sampai berhutang atau meminjam uang dengan orang lain! 

Mengatur keuangan yang sudah mulai tipis di tanggal tua memang susah dan bikin stress ya. Namun, jangan sampai stress menghalangi kamu dalam mengatur keuangan dan gaji di hari tua dengan berantakan ya! Lebih baik gunakan tips dibawah ini supaya tanggal tua gak jadi beban! 

1. Bayar hutang dan tagihan terlebih dahulu 

Supaya tanggal tua gak bikin stress dan susah tidur, lebih baik mulai sekarang alokasikan dulu gaji dan dana kamu! Alokasikan sesuai dengan kebutuhan yang belum diselesaikan. Seperti untuk membyaar tagihan maupun cicilan. Nah, kamu bisa mengatur keuangan dengan mencatat list hutang dan tagihan yang belum dibayar bulan ini. Setelah itu, hitung ya kisaran dana dan uang yang kamu butuhkan untuk melunasi utang dan beban tagihan setiap bulannya! Dengan menyelesaikan beban, tentunya kamu jadi lebih bisa tenang karena pengeluaran untuk beban sudah diselesaikan! 

2. Catat kebutuhan yang kamu perlukan

Disini yang harus masuk di dalam catatan kamu adalah kebutuhan yang memang tidak boleh terlupakan ya dalam sehari-hari. Bukan untuk menunjang gaya hidup atau pengeluaran untuk keinginan dan yang kurang penting. Dengan belajar memiliki gaya hidup yang minimalis atau hemat, kamu bisa mengurangi beban stress untuk membagi pengeluaran. Buat catatan setiap bulan secara rinci untuk mengatur keuangan. Kamu bisa mulai dari kebutuhan sehari-hari seperti makan, transportasi, dan biaya sewa jika ada. 

3. Belajar menabung sedikit-sedikit 

Kalau kamu merasa menabung dalam jumlah besar secara langsung cukup memberatkan, gunakan cara menyisihkan uang sedikit demi sedikit setiap hari! Jika kamu menemukan uang kecil di dompet atau di saku, sisihkan uang tersebut untuk ditabung, jangan malah digunakan untuk jajan! Menyisihkan uang kecil bisa membantu kamu untuk lebih hemat dan tidak menghabiskan semua gaji untuk pengeluaran kurang penting. Nah, uang yang kamu kumpulkan tadi bisa digunakan untuk biaya sehari- hari disaat menghadapi tanggal tua! Kalau misalnya tanggal tua masih aman, kamu bisa menyimpannya untuk menjadi tabungan kamu, jangan digunakan ya uangnya! 

4. Mencari alternatif lain 

Kalau takut tanggal tua gaji langsung habis dengan gaya hidup saat ini, coba cari alternatif lain untuk mendukung gaya hidupmu. Misalnya, kalau kamu suka jajan kopi, jangan beli kopi dulu dan gantilah dengan alternatif lain seperti membawa kopi dari rumah. Kamu bisa mencoba membawa bekal makan siang dari rumah biar lebih hemat, ini juga mendukung gaya hidup sehat loh! Kalau selama ini kamu bepergian dengan ojek online yang lebih mahal, coba sekarang perbanyak jalan kaki dan gunakan transportasi umum! 

Nah, berikut diatas adalah cara mengakali tanggal tua supaya gak bikin stres. Jangan lapar mata dan mengutamakan gaya hidup yang boros ya! Jika kamu masih merasa membutuhkan uang tambahan, coba cari bisnis atau pekerjaan sampingan.

Bagikan ke Temanmu
LINE Bank Admin
LINE Bank Admin

A Different Experience of Digital Banking, LINE Bank. LINE Bank is a caring friend, someone that’s easy to get along with. LINE Bank is also a trusted companion, providing smart solutions to all financial issues.

Articles: 285