Jangan Sedih, Ini Keuntungan Jomblo Secara Finansial!

Sering gak sih kamu merasakan ketika masih sendiri dan teman- temanmu kebanyakan sudah punya pasangan, dan terkadang menjadi bahan candaan. Kadang kamu juga ngerasa malu dan gak percaya diri karena masih jomblo, berasa kalah dari orang lain. Nah, sekarang kamu harus stop buat merasa kayak gitu! Kalau dilihat dari sisi finansialnya, menjadi jomblo sebenarnya punya segudang keuntungan loh! Kata siapa jomblo sedih, padahal kamu bisa loh berbahagia!

Penasaran gak sih apa saja keuntungan yang bisa kamu dapet pas masih berjomblo? Nah, inilah beberapa hal positif yang bisa kamu dapat dari menjadi  seorang jomblowan atau jomblowati! 

1. Bisa lebih sering menabung 

Kalau biasanya pas pacaran kamu harus menyiapkan ekstra uang untuk traktir pasangan makan, nonton, jalan-jalan, belanja dan memberikan hadiah atau surprise ketika ulang tahun dan anniversary, sekarang kamu bisa menghemat semua pengeluaran itu! Kalau dihitung- hitung, pengeluaran ini sangat berpengaruh besar loh buat tabungan kamu. Misalnya, kalau setiap hangout kamu harus keluar rata-rata 200-300 ribu, ketemu seminggu 2x, maka dalam sebulan kamu bisa menghemat kira- kira 2,4 juta loh! Kaget kan besar banget uang yang kamu keluarkan buat pacar? Bayangin sekarang uang ini bisa kamu tabung dan investasi, kedepannya bisa bermanfaat untuk mencapai kebebasan finansial. 

2. Bisa belajar mengatur keuangan 

Kalau selama ini kamu harus membagi pikiran antara kebutuhanmu dan pasangan, sekarang kamu bisa fokus dalam mengatur keuangan sendiri. Kamu gak akan merasa terbebani belum memberikan hadiah atau memikirkan berapa pengeluaran kalau mau jalan- jalan dengannya. Nah, dengan kamu tidak perlu membuat pengeluaran tertentu yang biasanya kamu lakukan untuk pasangan, sekarang bisa kamu ganti untuk memenuhi kebutuhan atau ditabung untuk membeli keinginan sendiri. Kamu juga bisa menyimpannya untuk dijadikan simpanan di masa depan. Misalnya, selama ini uang yang kamu belanjakan untuknya bisa kamu ganti untuk menabung membeli sepatu dan investasi sisanya, sekali-kali memanjakan diri sendiri!

3. Bisa menjadi lebih produktif 

Kalau jomblo, pasti fokusmu adalah prioritas diri sendiri. Daripada galau gak punya pasangan, lebih baik kamu lihat sisi positifnya dengan menjadi jomblo, kamu bisa menjadi lebih produktif. Contohnya, kalau selama ini kamu harus menyisihkan waktu biar bisa pergi dan hangout bersama pasangan, sekarang waktu kosong bisa digunakan untuk mencari penghasilan tambahan, bisa berbisnis kecil- kecilan atau melakukan hobi dan kegiatan yang kamu ingin lakukan banget selama ini, gak perlu menunggu keputusan pasanganmu suka atau tidak dengan pilihanmu. 

4. Bebas dari hutang 

Apakah kamu salah satu orang yang rela melakukan banyak hal untuk pasangan, salah satunya dalam segi keuangan? Nah, kalau kamu punya kebiasaan ini sampai harus berhutang dengan teman atau menarik pinjaman, kamu bisa meminimalisir sikap ini ketika jomblo. Namun, harus diingat walaupun tengah sendiri, kamu juga perlu mengatur keuangan diri sendiri. Jangan sampai lagi sendiri pun berhutang banyak, sama saja boong kamu terbebani hutang. 

5. Lebih hemat

Nah, yang terakhir tentunya kamu bisa jadi lebih irit, gak perlu terus- terusan memikirkan membeli ini itu untuk pasangan, kamu juga gak perlu selalu gengsi karena semuanya bisa diatur oleh diri sendiri. Kamu bisa menghemat pengeluaran dari segi makanan, belanja dan pergi- pergi contohnya! 

Walaupun jomblo terkadang membosankan, tetapi banyak hal yang bisa disyukuri karena keuntungan yang bisa kamu manfaatkan pun banyak!

Bagikan ke Temanmu
LINE Bank Admin
LINE Bank Admin

A Different Experience of Digital Banking, LINE Bank. LINE Bank is a caring friend, someone that’s easy to get along with. LINE Bank is also a trusted companion, providing smart solutions to all financial issues.

Articles: 285