Millenials, Hindari Gaya Hidup Ini Biar Tetap Hemat!

Apakah kamu salah satu orang diantara para milenials yang sudah mulai bekerja? Baru mendapatkan pekerjaan biasanya merupakan pengalaman yang menyenangkan. Hal ini dikarenakan kamu akan mendapatkan pengalaman yang baru tentang dunia kerja sekaligus yang paling ditunggu-tunggu yaitu gaji setiap bulannya. Gaji yang kamu terima bisa digunakan untuk ditabung, membeli kebutuhan, dan keinginan. Kamu juga bisa menggunakannya untuk berinvestasi supaya bisa mendapatkan imbalan atau sebagai tabungan, bahkan sekedar untuk belanja.

Mendapatkan gaji harus disesuaikan dengan cara mengatur keuangan. Agar kedepannya bisa mencukupi semua kebutuhan kamu sekaligus membuat hidup menjadi lebih nyaman. Namun, banyak kesalahan yang dilakukan oleh orang yang baru saja mendapatkan gaji. Mulai dari boros dan tidak bisa menabung karena mengatur keuangan yang belum cermat dan gaya hidup yang digunakan selama ini. Kamu perlu berhati-hati, karena dengan gaya hidup impulsif atau boros lama-lama penghasilan yang kamu dapatkan akan habis. 

Supaya bisa mengelola gaji dan mengatur keuangan dengan baik, perlu strategi yang tepat dalam mengatur keuangan perbulannya. Agar kamu bisa hemat berikut adalah beberapa gaya hidup yang bisa bikin keuangan kacau! 

Sering nongkrong 

Tongkrongan anak millenial jaman sekarang itu biasanya harus diikuti dengan tempat atau coffee shop yang unik dan aesthetic. Karena itu kamu bisa saja menghabiskan terlalu banyak uang untuk nongkrong dan hangout. Kalau dihitung-hitung pengeluaranmu untuk hangout bisa menghabiskan banyak uang. Apalagi jika coffee shop yang kamu datangi instagrammable banget. Sebaiknya, kamu menghindari gaya hidup terlalu sering yang satu ini biar gak boros pengeluaran. Boro-boro hemat deh yang ada kamu jadi bocuan!

Mengganti gadget terus menerus

Generasi millenial pasti gak bisa lepas dengan smartphone, apalagi yang terus berkembang dan semakin canggih di setiap produk terbarunya. Saat ini kamu hampir bisa melakukan semuanya melalui smartphone atau gadget yang kamu miliki bukan? Seperti bekerja, kuliah, bisnis sampai dengan sarana untuk belajar atau melakukan hobi. Melihat semakin tinggi penggunaan gadget, tentu perusahaan akan semakin membuat inovasi baru supaya kamu tambah up to date. Kamu kemudian jadi tergiur untuk membeli gadget baru, padahal gadget yang lama masih bisa digunakan dengan baik. Bagi milenials yang hobi banget mengganti gadget baru, ini adalah salah satu gaya hidup yang merugikan. Selain buang-buang uang kamu juga menjadi sangat boros. Kenapa tidak karena biaya gadget atau cicilan dan tagihan gadget baru membuat pengaturan keuangan jadi berantakan. 

Hobi belanja online

Millenial suka banget dengan kemudahan, maka dari itu fenomena belanja online menjadi salah satu hobi yang disenangi. Namun, tahukah kamu bahwa kebanyakan belanja online juga bisa membuat keuangan berantakan dan boros loh. Tuntutan untuk selalu update dengan fashion terbaru atau item wajib di circle pertemanan kadang bikin kebiasaan belanja yang tidak terkontrol. Tapi tenang, kamu bisa manfaatkan promo diskon atau cashback untuk lebih berhemat. Selain menghemat pengeluaran, kamu juga bisa mengalokasikan sisa anggaran untuk ditabung.

Liburan terus 

Sebenarnya liburan tentu tidak masalah, karena bisa membangkitkan mood dan semangat bekerja. Terkadang dengan liburan kamu jadi lebih semangat dalam mencari uang. Namun, jika kamu menjadikannya sebagai sebuah keharusan dan bentuk gaya hidup, hati-hati ya! Gaya hidup ini bikin kamu jadi boros loh apalagi kalau tujuannya biar eksis dan mau gengsi depan orang lain. Jika kamu ingin liburan, persiapkan dari jauh-jauh dari supaya mengatur keuangan jadi lebih hemat ya. 

Diatas adalah beberapa gaya hidup yang bisa bikin gaji cepat habis alias boros banget. Mending kamu gunakan untuk menabung atau untuk investasi masa depan, supaya usaha kamu mendapatkan gaji gak sia-sia ya! 

Bagikan ke Temanmu
LINE Bank Admin
LINE Bank Admin

A Different Experience of Digital Banking, LINE Bank. LINE Bank is a caring friend, someone that’s easy to get along with. LINE Bank is also a trusted companion, providing smart solutions to all financial issues.

Articles: 327