Mandiri Secara Keuangan? Gampang Kok!

Hai Sobat LINE Bank!

Kamu mau ngga sih buat mandiri secara keuangan? Pada umumnya generasi manapun baik milenial maupun gen z yang masih berusia produktif masih ingin mandiri keuangan sedini mungkin. 

Karena itu biasanya mereka akan mulai untuk belajar dalam mengelola keuangan pribadinya. Kamu maupun mereka pasti memiliki cara tersendiri dalam mengatur keungannya, karena faktanya mengatur keuangan hrus disesuaikan dengan diri masing-masing. Hal ini pastinya dilakukan agar kamu memiliki masa depan keuangan yang terjamin dan lebih baik.

Mengelola keuangan bisa dilakukan semua orang terlepas dari jumlah penghasilannya. Namun alangkah baiknya, bagi kamu yang memiliki penghasilan lebih besar, sebaiknya kamu sangat disiplin dalam pengelolaan uangmu. Jangan sampai penghasilan naik gaya hidupmu ikut naik bahkan berlebih!

Dengan pengelolaan uang yang baik tentunya kamu akan mandiri secara finansial. Mandiri finansial dapat diartikan sebagai kondisi dimana kamu sudah memiliki penghasilan sendiri dan mampu mengelola keuangan pribadi dengan baik tanpa bergantung kepada orang lain. 

Lalu bagaimna cara mencapai mandiri secara finansial? Yuk simak ulasan dibawah ini

Catat seluruh pengeluaran dan pemasukan kamu

Biasakan untuk mencatat seluruh pengeluaran dan pemasukan kamu. Mungkin untuk penghasilan didapatkan 1 bulan sekali atau seminggu sekali bagi kamu yang mendapat uang jajan mingguan. Jangan lupa juga untuk mencatat seluruh pengeluaran kamu, baik itu pengeluaran yang nominalnya kecil sekalipun. 

Hal ini penting dilakukan agar kamu tahu dan dapat memastikan bahwa pengeluaran kamu tidak melebihi penghasilan kamu. Kamu juga akan tahu pengeluaran mana yang paling besar dan sering dilakukan. 

Jika ternyata selama ini pengeluaran kamu lebih besar daripada pendapatan kamu, maka kamu bisa memulai untuk memprioritaskan pengeluaran kamu dan menunda pengeluaran yang mungkin tidak terlalu penting.

Pos pengeluaran

Salah satu faktor penting buat kamu yang belajar dalam mengelola keuangan yaitu pos pengeluaran. Pos pengeluaran dilakukan agar kamu selalu bisa ngetrack seluruh pengeluaran rutin kamu.

Jika tadi kamu hanya mencatatnya, maka ini bisa jadi pengingat kamu agar tidak melewati batas dalam menggunakan uang. Membagi pengeluaran kamu sesuai dengan pos masing-masing akan sangat memudahkan kamu nantinya.

Kamu bisa mulai untuk membagi pengeluaran kamu ke dalam beberapa pos dengan menggunakan rekening yang berbeda. Misalnya, pos cicilan / hutang, pos pengeluaran tetap, pos pengeluaran sehari-hari, dan lainnya sesuai dengan kebutuhan kamu. 

Mungkin awalnya akan terasa ribet dan susah namun percayalah kedepannya kamu akan berterima kasih kepada dirimu sendiri karena sudah membiasakan diri sejak dini. 

Investasi

Pastinya investasi udah bukan hal asing lagi di kuping kalian bukan. Kamu bisa banget menambah penghasilan kamu dengan investasi. Belajar instrumen investasi yang ada dan sesuaikan dengan diri kamu. 

Bagi kamu yang pemula kamu juga bisa memulai dengan investasi dalam reksadana maupun deposito. Karena tentunya risiko yang diberikan low-risk maka kamu tidak perlu terlalu takut untuk berinvestasi di instrumen ini. Happynya lagi bagi kalian yang ingin memulai investasi ngga perlu lagi pusing nyari platform maupun tempat buat nabung rutin susah-susah!

Dengan berinvestasi kamu bisa mendapatkan keuntungan yang fantastik jika kamu sudah sangat mengerti dalam berinvestasi. Tapi, jangan sampai terlalu serakah dan tidak sabaran ya. Berinvestasi dimanapun tetap harus disesuaikan dengan tujuan finansial kamu, jangan sampai kamu malah kehilangan uang kamu karena belum mempelajarinya sama sekali. 

Selalu berhati-hati ya Sobat LINE Bank, carilah platform yang sudah diawasi OJK dan aman untuk berinvestasi.

Itu dia Sobat LINE Bank, beberapa cara untuk menjadi mandiri keuangan sedini mungkin. Belajar mengelola keuangan akan makin asik menggunakan fitur multiple savings di aplikasi LINE Bank. 

Yuk download aplikasi LINE Bank sekarang!

Bagikan ke Temanmu
LINE Bank Admin
LINE Bank Admin

A Different Experience of Digital Banking, LINE Bank. LINE Bank is a caring friend, someone that’s easy to get along with. LINE Bank is also a trusted companion, providing smart solutions to all financial issues.

Articles: 285