Tips Singkat Memilih Pinjaman Online Bunga Rendah dengan Tenor yang Panjang

Sudah menjadi naluri manusia untuk mencari produk yang memberikan keuntungan maksimal. Buktinya, mereka lebih memilih pinjaman online bunga rendah tenor panjang untuk memperoleh dana. Layanan kredit tersebut memang menggiurkan, tetapi Sobat LINE Bank harus pintar memilih aplikasi pinjaman online yang aman. 

Bagaimana caranya? Simak artikel ini sampai selesai untuk mengetahui jawabannya.

Sekilas Tentang Pinjaman Online Bunga Rendah, Tenor Panjang

sekilas mengenai pinjaman online bunga rendah tenor panjang

Image resource: https://pxhere.com/en/photo/1566887

Ada dua hal yang paling diutamakan masyarakat dalam memilih layanan pinjaman online: bunga rendah dan tenor panjang. Mereka ingin mencari pinjaman online yang menawarkan dua hal tersebut supaya jumlah cicilan yang harus dibayar per bulannya tidak terlalu besar. Belum lagi, ada kreditur yang memberikan suku bunga kredit progresif sehingga bunga yang harus dibayarkan makin bertambah.

Faktor yang Memengaruhi Jumlah Bunga dan Tenor Pinjaman Online

faktor yang memengaruhi jumlah bunga dan tenor pinjaman

Image resource: https://www.stockvault.net/photo/234739/golden-business-graph

Apakah penyedia layanan kredit memberikan suku bunga rendah dan tenor panjang hanya semata karena permintaan? Tentu saja tidak. Tenor atau jangka waktu pinjaman ditentukan berdasarkan latar belakang peminjam, sedangkan suku bunga dipengaruhi oleh kondisi kreditur sebagai penyedia jasa pinjaman online. Lihat penjelasannya di bawah ini.

1. Faktor yang Memengaruhi Tenor Pinjaman

Kreditur harus melakukan background check terhadap debitur sebelum menyetujui pengajuan pinjaman dalam jangka waktu tertentu. Ada beberapa faktor yang dilihat oleh kreditur, yaitu:

  • Jumlah plafon pinjaman: Besaran jumlah kredit menentukan tenor pinjaman. Kalau kamu meminjam dalam jumlah besar, kreditur akan merekomendasikan tenor panjang, begitu pula sebaliknya.
  • Usia debitur: Rata-rata penyedia kredit mensyaratkan 21 tahun sebagai batas usia minimum. Kreditur akan memberikan tenor panjang apabila usiamu masih muda. Alasannya, usia produktif kamu masih panjang sehingga memungkinkan untuk membayar cicilan dalam jangka panjang.
  • Penghasilan per bulan: Kreditur juga mengecek jumlah penghasilan bulanan debitur untuk menentukan tenor yang tepat. Mereka akan memberikan tenor panjang jika penghasilan bulanan yang diterima masih sedikit.

2. Faktor yang Memengaruhi Suku Bunga

Tidak semua kreditur menawarkan suku bunga rendah karena beberapa faktor tertentu. Ada dua faktor dari debitur yang menentukan jumlah suku bunga:

  • Kualitas jaminan atau agunan: Likuiditas agunan menentukan besaran suku bunga yang diberikan. Kamu akan mendapatkan bunga rendah apabila memberikan aset dengan likuiditas tinggi, seperti tabungan, sertifikat deposito, atau rekening giro.
  • Tenor: Jangka waktu pinjaman juga menentukan suku bunga. Sejatinya, bunga rendah dan tenor panjang merupakan hal yang berlawanan. Pasalnya, kreditur hanya memberikan bunga rendah jika debitur mengajukan pinjaman dengan tenor pendek.

Baca Juga: Mengenal Apa Itu Tenor Pinjaman

Bagaimana Cara Memilih Aplikasi Pinjaman Online Bunga Rendah Tenor Panjang yang Aman?

cara memilih aplikasi pinjol bunga rendah dengan tenor panjang yang aman

Image resource: https://www.pexels.com/photo/woman-holding-a-credit-card-and-cellphone-4174746/

Sobat LINE Bank pasti sering melihat aplikasi pinjaman online yang menawarkan bunga rendah dan tenor panjang. Namun, ada beberapa tips yang harus dilakukan dalam memilih aplikasi pinjaman online supaya tidak salah pilih. Apa saja?

1. Pastikan Terdaftar di OJK

Perusahaan pinjaman online yang legal dan aman pasti telah terdaftar dan memiliki izin resmi OJK (Otoritas Jasa Keuangan). Kamu harus memastikan faktor ini agar terhindar dari penipuan dan suku bunga yang tidak realistis. Cara mengecek apakah pinjol resmi OJK atau belum cukuplah mudah, cukup cari nama perusahaan tersebut di website OJK atau menghubungi call center OJK.

2. Cek Bunga dan Biaya yang Ditetapkan

Kamu dapat memercayai perusahaan pinjaman online tersebut apabila terdapat transparansi suku bunga dan biayanya. Mereka juga menyediakan fitur simulasi pinjaman di website atau aplikasi resminya supaya kamu dapat memperkirakan cicilan, bunga, dan biaya yang harus dibayarkan per bulannya.

Oh iya, LINE Bank juga memiliki fasilitas untuk mengecek bunga pinjaman sebagai simulasi kredit kamu. Langsung klik saja halaman ini dan kamu dapat melakukan simulasi pinjaman sesuai kebutuhan. 

3. Lihat Track Record Perusahaan Pinjaman Online

Selain mengecek legalitasnya di OJK, kamu perlu melihat review aplikasi tersebut. Cara ini berguna supaya kamu dapat mengetahui aplikasi pinjaman tersebut cocok digunakan sesuai kebutuhanmu. Cobalah melihat ulasan aplikasi yang digunakan ke toko aplikasi dan lihatlah kemudahan proses pencairan, pengembalian dana, dan sebagainya.

4. Baca Syarat dan Ketentuan yang Ditetapkan

Debitur yang bijak juga membaca syarat dan ketentuan yang telah ditetapkan oleh perusahaan pinjaman online. Baca seluruh isi persyaratan dengan teliti supaya kamu paham dan tidak terjebak apabila terjadi masalah selama menggunakan layanan pinjaman online. Tanyakan juga kepada customer service (CS) kalau menemukan poin persyaratan yang tidak dipahami.

5. Pastikan Layanan Konsumen Aktif

OJK telah mengeluarkan peraturan mengenai perlindungan hak konsumen yang wajib dipatuhi oleh perusahaan pinjaman online. Oleh karena itu, kamu harus memastikan perusahaan tersebut memiliki layanan konsumen yang aktif dan mudah dihubungi, baik melalui e-mail, nomor telepon, media sosial, bahkan alamat kantor yang jelas. Selain itu, tim CS juga harus siap sedia dan tidak lepas tangan saat kamu mengalami masalah.

6. Transparan dalam Memberikan Besar Pinjaman dan Biaya Lainnya

Layanan pinjaman online yang sah dan tepercaya dengan suku bunga rendah pasti memiliki situs web resmi yang menyajikan informasi mengenai jumlah pinjaman secara transparan dan bisa Sobat LINE Bank akses beserta besaran suku bunganya.

Tujuannya adalah agar kamu sebagai calon peminjam memiliki gambaran jelas mengenai ketentuan bunga, sehingga tidak akan terkejut oleh perubahan suku bunga yang mungkin saja terjadi di waktu mendatang.

7. Lihat Website atau Media Sosial Resmi

Website dan media sosial menjadi sarana promosi bagi perusahaan pinjaman online. Selain itu, kamu dapat melihat informasi mengenai suku bunga, tenor pinjaman, dan layanan kredit yang tersedia. Pastikan dua medium tersebut aktif beroperasi secara resmi oleh perusahaan tersebut. Kamu pun dapat menggunakan informasi dari media sosial dan website tersebut sebagai bahan pertimbangan untuk memilih layanan kredit yang sesuai kebutuhan.

perluas wawasan dan pengetahuan finansial bersama LINE Bank

Baca Juga: 3 Cara Menghitung Bunga Pinjaman

Fitur Pinjaman Online di LINE Bank

fitur pinjaman LINE Bank

Salah satu platform yang menyediakan layanan pinjaman online dengan bunga rendah dan tenor yang panjang adalah LINE Bank. LINE Bank merupakan penyedia layanan KTA dan pinjaman online yang memiliki website resmi dan terdaftar oleh izin OJK. Ada berbagai fitur serta kelebihan yang ditawarkan diantaranya seperti:

1. Limit

Fitur limit pinjaman yang ditawarkan oleh LINE Bank tidak tanggung-tanggung, pinjaman online LINE Bank menawarkan limit yang cukup tinggi yakni mulai dari Rp1 juta sampai Rp100 juta.

2. Suku Bunga dan Biaya Layanan

Biasanya suku bunga menjadi salah satu pertimbangan utama banyak calon debitur sebelum mengajukan pinjol. Pada pinjaman LINE Bank suku bunga yang diberikan cenderung lebih rendah, yakni mulai dari 0,35% per hari serta 0,88% per bulan saja. Selain itu, kamu juga tidak akan dikenakan biaya tambahan untuk biaya administrasi dan provinsi. Tentunya hal tersebut cukup menguntungkan.

3. Tenor Pinjaman

Pinjaman LINE Bank memberikan jangka waktu tenor selama 30 hari, untuk pinjaman harian. Sementara untuk pinjaman bulanan, pilihan jangka waktu tenor yang ditawarkan cukup panjang, yaitu mulai dari 3 bulan sampai 60 bulan.

Baca Juga: Mengenal 6 Manfaat Pinjaman Online yang Harus Kamu Ketahui

Syarat dan Ketentuan Pinjaman LINE Bank

syarat dan ketentuan pinjaman LINE Bank

Setelah melihat kelebihan dan fitur dari layanan pinjaman LINE Bank, mungkin kamu semakin tertarik untuk mengajukan kredit. Namun sebelum itu, kamu perlu memperhatikan sejumlah syarat dan ketentuan yang harus dipenuhi untuk dapat melakukan proses pengajuan pinjaman KTA LINE Bank, berikut diantaranya:

  • Minimal usia 21 tahun ketika melakukan pengajuan dan maksimal usia 55 tahun ketika pengajuan dan pinjaman telah berakhir.
  • Beralamat domisili di Jabodetabek, Bandung, atau Surabaya.
  • Memiliki jumlah penghasilan minimal yaitu Rp3 juta per bulan
  • Memiliki rekening tabungan LINE Bank yang masih aktif.

Jadi masih ragu untuk memilih LINE Bank sebagai aplikasi pinjaman online yang menawarkan bunga rendah dan tenor panjang? Seperti yang sudah dijelaskan, kamu akan mendapatkan suku bunga pinjaman mulai dari 0,88% per bulan dan tenor sampai 60 bulan. Yuk, hubungi kami segera dan dapatkan keuntungan dari pinjaman uang cepat cair untuk memenuhi kebutuhanmu.

Banyak sekali perusahaan kredit yang menawarkan pinjaman online bunga rendah tenor panjang. Namun, Sobat LINE Bank harus teliti dalam memilih aplikasi yang tepat agar tidak terjebak ke dalam bahaya penipuan. Agar tidak pusing memilihnya, kamu bisa langsung download aplikasi LINE Bank di sini.

tetap update sama LINE Bank yuk!
Bagikan ke Temanmu
LINE BANK SEO Admin
LINE BANK SEO Admin
Articles: 324