Mengenal 6 Manfaat Pinjaman Online yang Harus Kamu Ketahui

Ada banyak manfaat pinjaman online yang dapat dirasakan oleh penggunanya. Ketika melakukan pinjaman online dengan bijak, sudah pasti kamu dapat merasakan manfaatnya dengan maksimal, seperti dapat membantu mengatasi masalah keuangan yang sedang dihadapi.

Melalui artikel ini, Sobat LINE Bank dapat mempelajari mengenai apa saja manfaat pinjaman online yang dapat dirasakan. Namun sebelum membahas topik tersebut, ada baiknya jika kamu memahami apa itu pinjaman online secara lebih mendalam terlebih dahulu. Mari simak selengkapnya di bawah ini!

Apa Itu Pinjaman Online?

apa itu pinjaman online

Pinjaman online merupakan fasilitas pinjam meminjam uang yang disediakan perusahaan yang bergerak di industri keuangan yang beroperasi secara daring atau online. Pinjaman online ini sifatnya sama seperti KTA, atau Kredit Tanpa Agunan, yang tidak memerlukan agunan karena sistemnya yang berjalan secara online.

Pinjaman online merupakan salah satu inovasi di bidang Financial Technology (fintech) yang dapat memudahkan masyarakat untuk mengajukan pinjaman uang. kamu dapat melakukan pinjaman online kapan saja dan di mana saja selama memiliki akses internet untuk memasuki website atau aplikasi pinjaman online.

Pinjaman online sudah mulai diminati banyak orang karena kemudahan persyaratan dan proses pengajuannya. Pengguna dapat melakukan pengajuan melalui komputer atau smartphone secara online, baik itu melalui website mereka maupun aplikasi mobile. Peminjam cukup mendaftar dan mengikuti langkah-langkah yang diberikan, seperti memverifikasi identitas diri, nomor kontak, memilih jumlah pinjaman dan tenor, serta memberikan informasi rekening bank pribadi.

Selain mudah, pinjaman online juga aman karena prosesnya sudah diawasi langsung oleh OJK (Otoritas Jasa Keuangan) di Indonesia. Pastikan saja kamu memilih layanan penyedia pinjaman online yang legal; sudah terdaftar dan diawasi oleh OJK. Per tanggal 22 April 2022, sudah ada 102 perusahaan penyedia pinjaman online yang terdaftar di OJK.

Baca Juga: Bagaimana Cara Menghapus Data Pinjaman Online?

tetap update sama LINE Bank yuk!

Apa Saja Manfaat Pinjaman Online?

manfaat pinjaman online

Melakukan pinjaman online sekarang sudah mulai banyak dilakukan orang-orang. Tidak heran, pinjaman online memang memiliki banyak manfaat apabila dilakukan dengan bijak. Berikut ini adalah beberapa manfaat pinjaman online yang perlu diketahui.

1. Persyaratan yang Mudah

Tidak seperti jenis pinjaman yang lain, pinjaman online tidak memerlukan persyaratan yang ribet dan sulit. Ketika melakukan pinjaman ke bank, kamu pasti akan dimintai banyak sekali persyaratan sebelum dapat melakukan pengajuan pinjaman. Selain itu, kamu juga biasanya akan dimintai agunan sebagai salah satu persyaratan pinjaman dari bank.

Di dalam pinjaman online, persyaratan yang dibutuhkan tidak akan ribet. Biasanya, kamu hanya perlu mengisi data diri, KTP, informasi rekening bank, dan NPWP (opsional). Setelah memenuhi persyaratan, selanjutnya kamu hanya perlu menunggu proses verifikasi data yang hanya akan memakan waktu beberapa menit saja.

Baca Juga: Ini Dia 6 Cara Menentukan Ide Usaha Modal Kecil untuk Gen-Z

2. Proses yang Mudah dan Cepat

Selain persyaratan pendaftarannya yang mudah, proses pengajuan pinjaman online juga sangat mudah dan cepat. Setelah berhasil mendaftarkan diri, kamu hanya perlu melakukan pengajuan pinjaman melalui komputer atau smartphone secara online saja, baik itu di website atau aplikasi mobile mereka.

Sebagai contoh, mari kita gunakan Quick Credit dari LINE Bank. Untuk mengajukan pinjaman Quick Credit LINE Bank, kamu dapat mengikuti langkah mudah di bawah ini:

  • Buka aplikasi LINE Bank dan Pilih Quick Credit.
  • Pilih ikon Cairkan Dana dari akun Quick Credit
  • Masukkan jumlah yang ingin dicairkan sesuai Credit Limit yang tersisa.
  • Konfirmasi jumlah dana yang ingin dicairkan.
  • Masukkan PIN transaksi, dan dana sudah berhasil dicairkan.

Mudah bukan? Dana pinjaman yang telah diverifikasi selanjutnya akan langsung masuk ke rekening bank kamu.

3. Suku Bunga Terjangkau

Suku bunga memang menjadi salah satu pertimbangan yang harus diperhatikan ketika hendak melakukan pinjaman. Suku bunga yang ditawarkan sudah sangat beragam dan hampir semuanya terjangkau karena makin banyaknya perusahaan penyedia layanan pinjaman online yang muncul di Indonesia. Selain itu, OJK juga memang sudah mengatur suku bunga pinjaman online maksimal 0,8% per harinya.

Untuk mendapatkan keuntungan yang maksimal dari pinjaman online, kamu hanya perlu melakukan riset mengenai perusahaan mana yang memberikan suku bunga paling rendah untuk layanan pinjaman online miliknya. Setelah itu kamu hanya perlu mengajukan pinjaman online di perusahaan tersebut.

4. Keamanan Terjaga

Masih banyak orang yang merasa bahwa pinjaman online bukan sesuatu yang aman. Padahal, pinjaman online yang resmi sudah terdaftar dan diawasi oleh OJK, jadi keamanannya pasti akan terjaga. Jika sampai ada masalah mengenai pinjaman online yang melanggar hukum, Ada dapat selalu melaporkannya ke OJK dan perusahaan tersebut akan diproses secara hukum.

Belakangan ini memang ada banyak sekali penyedia layanan pinjaman online yang ilegal. Namun, kamu dapat membedakan mana pinjaman online yang legal dan yang ilegal. Selain itu, pemerintah juga sudah sangat serius untuk memberantas seluruh pinjaman online yang ilegal. Jadi, kamu dapat lebih tenang untuk melakukan pinjaman online.

5. Dana Darurat

Manfaat pinjaman online yang lainnya adalah untuk dana darurat. Prosesnya yang mudah dan cepat membuat pinjaman online menjadi pilihan yang sangat cocok digunakan jika sedang membutuhkan dana darurat. Dalam kurun waktu kurang dari 24 jam, kamu bisa langsung menerima pencairan dana pinjaman setelah melakukan pengajuan.

6. Modal Bisnis

Jumlah dana yang dapat diajukan melalui pinjaman online memang tidak sebesar jenis pinjaman dari bank. Namun, kamu bisa tetap menggunakan dana dari pinjaman online sebagai modal membuka bisnis kecil-kecilan sesuai dengan kebutuhan. Sesuaikan saja dana yang diajukan dengan modal bisnis yang diperlukan agar cicilan yang harus dibayarkan tidak terlalu besar.

Baca Juga: Beli Barang Cash Atau Kredit, Untung Mana Ya?

Tips Agar Terhindar dari Pinjaman Online Ilegal

tips agar terhindar dari pinjaman online ilegal

Seiring berkembangnya industri fintech di Indonesia dapat menjadi angin segar bagi semua orang yang membutuhkan pinjaman dalam waktu dekat. Secara umum, fintech hanya meminta data pribadi peminjamnya seperti KTP, NPWP, serta akses ponsel untuk bisa mengajukan proses pinjaman uang online.

Meski nytanya prosedur pinjaman online terkesan cukup simpel dan mudah. Namun tak jarang terdapat oknum-oknum yang mencoba untuk menyalahgunakan data dan informasi peminjam yang sudah diberikan pada proses pengajuan. Berdasarkan hal tersebut, OJK mengambil tindakan untuk mengantisipasi kegiatan ilegal terkait pinjama online dengan menerbitkan Peraturan OJK (POJK) No.77/POJK.01/2016 tentang Layanan Pinjam Meminjam Uang Berbasis Teknologi Informasi (LPMUBTI). 

Melalui peraturan tersebut, OJK mewajibkan kepada seluruh perusahaan fintech untuk wajib mendaftarkan perusahaannya demi mencegah adanya kasus penyalahgunaan data dan informasi yang bisa berujung kepada tindak kriminal seperti penipuan, penjualan data pribadi, atau bahkan data keluarga dan kerabat mungkin saja bisa menjadi korban ancaman.

Maka dari itu, OJK menyampaikan kepada masyarakat mengenai beberapa tips agar terhindar dari kegiatan pinjaman online ilegal, diantaranya sebagai berikut.

  • Mengecek perusahaan pinjaman online terlebih dahulu apakah sudah terdaftar secara resmi oleh OJK atau belum.
  • Melakukan riset mengenai riwayat operasional perusahaan fintech, apakah perusahaan pinjol tersebut mempunyai jejak digital yang baik atau sebaliknya.
  • Jangan gampang tergiur dengan jumlah nominal pinjaman yang besar, pastikan bahwa kamu telah menyesuaikan jumlah pinjaman dengan kebutuhan dan juga kemampuan finansial diri sendiri.
  • Selalu memahami persyaratan serta ketentuan dengan jelas dan rinci, apabila kamu merasa ragu dengan persyaratan yang diberikan, maka sebaiknya kamu membatalkan pengajuan pinjaman online tersebut.

Pada intinya, Sobat LINE Bank harus mengetahui dan juga memahami beberapa hal yang sudah dijelaskan di atas sebelum memutuskan untuk mengajukan pinjaman uang online

Demikian penjelasan mengenai manfaat pinjaman online yang perlu Sobat LINE Bank ketahui. Apabila tertarik untuk melakukan pinjaman online, kamu dapat menggunakan layanan pinjaman uang cepat cair dari LINE Bank. Proses peminjamannya mudah, cepat, dan dapat dilakukan kapan saja. Yuk unduh aplikasi LINE Bank sekarang juga!

perluas wawasan dan pengetahuan finansial bersama LINE Bank
Bagikan ke Temanmu
LINE BANK SEO Admin
LINE BANK SEO Admin
Articles: 325