Modal Pinjaman: Tujuan, Fungsi, Manfaat, dan Cara Mencarinya

Sobat LINE Bank yang bercita-cita menjadi pengusaha pasti membutuhkan modal besar menjalankan bisnis. Modal pinjaman adalah salah satu sumber dana yang memiliki fungsi dan manfaat besar bagi bisnismu. Tidak ada salahnya menggunakan modal pinjaman supaya bisnismu tetap lancar beroperasi dan mencapai target yang diinginkan.

Apakah sebenarnya modal pinjaman itu? Bagaimana cara memperolehnya? Yuk, simak artikel ini untuk mengetahui jawabannya.

Pengertian Modal Pinjaman

Modal pinjaman adalah dana dari sumber eksternal yang digunakan untuk menjalankan usaha. Sumber eksternal yang dimaksud berupa kreditur dari luar perusahaan, seperti bank, koperasi, pegadaian, crowdfunding, bahkan pinjaman online.

Sederhananya, kamu meminjam dana dari sumber tersebut, kemudian mengembalikannya sebelum jangka waktu yang telah ditetapkan. Selain dana, kamu juga harus membayar bunga dan biaya lainnya sesuai kebijakan yang berlaku.

Sejatinya modal pinjaman adalah identik dengan dunia koperasi. Modal pinjaman dalam koperasi tidak hanya dikumpulkan dari sumber eksternal, tetapi juga internal seperti anggota koperasi. Modal pinjaman ini berguna untuk membantu anggota koperasi saat mendirikan atau mengembangkan bisnis.

Faktor yang Memengaruhi Modal Pinjaman

Dalam bisnis, modal pinjam merupakan bagian dari struktur modal yang sering disebut sebagai modal asing. Struktur modal berguna untuk menyusun sumber dana yang dimanfaatkan untuk kegiatan operasional dan meningkatkan nilai perusahaan. Struktur modal ini bisa dipengaruhi oleh beberapa faktor, yaitu:

1. Profitabilitas

Profitabilitas atau tingkat keuntungan bisnis yang tinggi akan memiliki lebih banyak dana dalam arus kasnya. Selain itu, perusahaan juga berani berinvestasi dengan jumlah utang yang lebih sedikit apabila tingkat pengembalian pinjaman lebih tinggi.

2. Ukuran Bisnis

Bisnis berukuran besar lebih sering melakukan diversifikasi usaha agar peluang kegagalan atau kebangkrutannya lebih sedikit. Diversifikasi ini juga berguna untuk menjaga agar arus kas perusahaan tetap stabil.

3. Risiko Bisnis

Risiko bisnis juga memengaruhi modal pinjaman. Makin besar risiko yang dihadapi, perusahaan makin sulit memperoleh modal pinjaman. Pasalnya, kreditur juga melihat peluang keberhasilan bisnis untuk memperkirakan tingkat pengembalian.

Baca Juga: Bagaimana Cara Menghapus Data Pinjaman Online?

Tujuan dan Fungsi dari Modal Pinjaman

Modal pinjaman tentu memiliki fungsi yang besar dalam kegiatan operasional bisnis. Berikut ini beberapa fungsi dari modal pinjaman adalah:

1. Sumber Gaji Karyawan

Sudah seharusnya kamu membayar gaji karyawan tepat waktu sebagai bentuk penghargaan. Modal pinjaman dapat digunakan sebagai alternatif untuk membayar upah atas kerja keras mereka dalam menjalankan kegiatan operasional bisnismu.

2. Biaya Perawatan Peralatan

Perawatan peralatan atau perlengkapan yang digunakan dalam bisnis tentu tidak memakan biaya yang kecil. Biaya tersebut bisa ditutup dengan modal pinjaman apabila dana yang tersedia tidak mencukupi.

3. Dana Darurat

Modal pinjaman juga bisa digunakan sebagai dana darurat apabila terjadi kendala besar yang dialami bisnis pada masa depan. Kamu akan lebih siap menghadapi dan menyelesaikan masalah tersebut apabila telah menyiapkan modal pinjaman dari jauh hari.

4. Menambah Stok Barang

Bisnis harus memiliki stok barang yang cukup agar dapat memenuhi kebutuhan konsumen. Stok barang memang sebaiknya dipenuhi dari dana internal, tetapi modal pinjaman dapat membantu apabila bisnismu mengalami kenaikan permintaan yang tinggi sehingga harus segera menyediakan barang dagangan.

5. Memperluas Bisnis

Ekspansi atau perluasan bisnis tentu menjadi impian bagi wiraswasta mana pun. Namun, kamu harus memastikan modal untuk memperluas bisnis sudah cukup tersedia sehingga tidak mengganggu modal utama. Modal pinjaman dapat digunakan untuk tujuan ini apabila sumber modal utama belum mencukupi.

Baca Juga: Cara Mencari Pinjaman Modal Usaha Tanpa Jaminan

perluas wawasan dan pengetahuan finansial bersama LINE Bank

Manfaat Modal Pinjaman bagi Bisnis

Modal pinjaman tentu membawa manfaat besar bagi produktivitas dan perkembangan bisnis. Usahamu akan mampu bertahan meski sedang menghadapi masalah, bahkan bisa bertumbuh lebih pesat. Lihat penjelasan rincinya di bawah ini.

1. Arus Kas Tetap Stabil

Modal pinjaman bisa menjadi ‘penyelamat’ saat bisnis sedang sepi pembeli atau menghadapi masalah keuangan. Kamu dapat mengambil modal pinjaman untuk menjaga arus kas tetap lancar dan stabil sekaligus digunakan untuk menutupi biaya-biaya tak terduga.

2. Bisnis Lebih Mudah Berinovasi

Setiap bisnis harus berani berinovasi karena permintaan dan tren pasar selalu berubah. Modal pinjaman sangat bermanfaat dalam mendorong munculnya inovasi dan ide-ide segar bagi bisnismu. Pelanggan akan tetap setia dan makin tertarik dengan bisnismu berkat inovasi yang diciptakan.

3. Bisnis Makin Berkembang

Di mana ada risiko, di situ muncul peluang pertumbuhan dan perkembangan. Istilah tersebut tentu berlaku pada bisnis. Kredit memang berisiko apabila kamu tidak bijak menggunakannya, tetapi bisnismu akan berkembang dengan modal pinjaman tersebut.

4. Operasional Bisnis Lancar

Proses operasional bisnis sangat bergantung pada ketersediaan modal. Ya, modal dibutuhkan untuk membiayai proses produksi, gaji karyawan, dan sebagainya. Bisnismu akan berjalan lancar dan mengalami peningkatan apabila memiliki ketersediaan modal yang cukup.

5. Produktivitas Produksi Meningkat

Tambahan modal dari pinjaman dapat meningkatkan jumlah produksi. Misalnya, bisnismu hanya mampu memproduksi 25 barang per hari karena keterbatasan dana. Setelah memperoleh dana pinjaman, bisnismu dapat menghasilkan 50 sampai 60 barang per harinya.

Baca Juga: Mengenal 5 Ciri-Ciri Pinjaman Online Ilegal

Cara Mencari Modal Pinjaman untuk Bisnis

Kamu pasti memahami pentingnya modal pinjaman bagi bisnis setelah membaca manfaat di atas. Oleh karena itu, jangan ragu untuk mencari modal pinjaman demi kelancaran bisnismu. Ada banyak cara yang dapat ditempuh dalam memperoleh kredit untuk modal usahamu, yaitu:

1. Meminjam dari Kerabat Dekat

Mulailah dengan meminjam dari keluarga atau teman dahulu, tetapi jangan sampai melakukan hal yang melebihi batas. Kamu dapat membuat surat perjanjian yang berisi jumlah pinjaman, waktu pengembalian uang, dan sistem bagi hasil agar lebih aman. Intinya, jangan lakukan hal-hal di luar batas kewajaran supaya hubungan tidak berakhir retak.

2. Menggadaikan Aset

Ada beberapa barang berharga yang dapat digadaikan, seperti surat berharga kendaraan, barang elektronik, emas, atau surat kepemilikan rumah. Sebelum menggadaikan aset, pilihlah dahulu perusahaan pegadaian yang tepercaya dan legal agar asetmu tidak hilang begitu saja

3. Meminjam dari Koperasi

Koperasi pun bisa menjadi sumber pinjaman dana yang mudah didapatkan. Sayangnya, kamu harus menjadi anggota koperasi terlebih dahulu sebelum mengajukan pinjaman. Caranya mudah, cukup melengkapi persyaratan administratif dan membayar iuran bulanan, maka kamu sudah bisa menjadi anggota koperasi dan mengajukan pinjaman.

4. Crowdfunding

Cara ini makin banyak dipilih oleh perusahaan startup seiring bertumbuhnya perusahaan financial technology (fintech). Kamu dapat memperoleh pinjaman dana secara kolektif lewat platform crowdfunding yang tersedia. Buat proposal bisnis yang menarik supaya peluangmu mendapatkan pinjaman makin besar.

5. Meminjam dari Bank

Bank menawarkan banyak sekali program kredit yang dapat dicoba, seperti Kredit Usaha Rakyat (KUR), Kredit Modal Kerja (KMK), dan Kredit Tanpa Agunan (KTA). Bagi pebisnis pemula, kamu dapat mencoba mengajukan KTA karena tidak perlu menjaminkan aset apa pun. Namun, pastikan kamu membayar cicilan dan bunganya tepat waktu agar skor kreditmu tetap aman.

Jenis-jenis Modal Pinjaman

jenis modal pinjaman

Terdapat beberapa jenis modal pinjaman yang dapat kamu ajukan. Sebelum akhirnya kamu menentukan jenis pinjaman yang akan digunakan, ada baiknya untuk mengenal berbagai macam modal pinjaman. Diantaranya adalah sebagai berikut.

1. KTA

KTA atau kredit tanpa agunan adalah layanan pinjaman yang disediakan oleh bank tanpa meminta agunan (jaminan) kepada calon debiturnya. KTA ditujukan terutama untuk masyarakat yang sedang membutuhkan kredit dana cepat dan darurat. Oleh sebab itu, syarat mengajukannya pun lebih mudah dari pinjaman pada umumnya. Biasanya syarat yang harus dipenuhi adalah KTP, NPWP, serta slip gaji. 

2. KUR

KUR atau kredit usaha rakyat adalah salah satu layanan pinjaman yang disediakan oleh pemerintah kepada masyarakat yang sedang membutuhkan modal usaha. Jenis modal pinjaman ini ditujukan khusus hanya untuk pebisnis di bidang perikanan, pertanian, kelautan, perkebunan, manufaktur, serta kehutanan.  

3. Koperasi Simpan Pinjam

Jenis selanjutnya dari modal pinjaman adalah koperasi simpan pinjam. Modal yang dipinjamkan dari koperasi ini jumlahnya tidak terlalu besar. Akan tetapi terdapat syarat penting yang harus dipenuhi oleh para calon debitur yakni mereka harus menjadi anggota dalam koperasi tersebut.

4. Pinjaman Online

Berikutnya ada juga pinjaman modal yang dilakukan secara online melalui fintech (financial technology). Dengan meminjam modal melalui fintech, maka kesempatan untuk pengajuan disetujui lebih besar.  Syarat dan prosesnya pun jauh lebih mudah dan hanya memakan waktu yang singkat. Namun kamu juga perlu berhati-hati dalam memilih fintech, sebab saat ini terdapat banyak kasus penipuan pinjaman online

5. Kredit Multiguna

Kredit multiguna adalah pinjaman keuangan yang mirip seperti kredit agunan. Kredit ini dapat kamu ajukan ke bank dengan cara memberikan jaminan. Uniknya, modal pinjaman yang diterima bukan didasari atas permintaan melainkan seberapa berharga barang yang kamu jadikan agunan (jaminan). 

6. Ventura

Pinjaman modal ventura adalah dana yang diberikan atas hasil perjanjian dengan berbagai perusahaan dalam waktu yang telah disepakati. Perlu diingat bahwa pinjaman modal melalui ventura ini memiliki risiko lebih tinggi dibanding pinjaman lainnya. Maka dari itu, sebelum mengajukan pinjaman, pastikan kamu yakin dengan seluruh perhitungan yang sudah dilakukan. 

Kini, kamu tak perlu lagi pergi ke lokasi bank untuk mencari modal pinjaman karena ada bank yang menawarkan layanan kredit secara online seperti LINE Bank. Kamu dapat mengajukan pinjaman uang cepat cair hingga Rp100 juta untuk kelancaran bisnismu. Kamu tidak akan dibebankan bunga selama 30 hari pertama kredit, jadi cukup membayar cicilannya saja. 

Ingin tahu lebih lanjut mengenai bunga dan proses pengajuannya? Hubungi LINE Bank segera dan manfaatkan layanan kredit cepat dan mudah supaya bisnismu tetap lancar.

Jadi, modal pinjaman adalah sumber dana eksternal yang sangat berguna untuk kemajuan bisnismu. Jangan takut untuk mengajukannya supaya bisnismu makin berkembang dan terus berjalan lancar.

tetap update sama LINE Bank yuk!
Bagikan ke Temanmu
LINE BANK SEO Admin
LINE BANK SEO Admin
Articles: 325