Cara Mencari Pinjaman Modal Usaha Tanpa Jaminan

Pernahkan Sobat LINE Bank merasa kesulitan menjalankan bisnis karena tidak kunjung mendapatkan sumber modal usaha? Jangan menyerah dahulu karena kamu bisa mencoba mencari pinjaman modal usaha tanpa jaminan. Seperti apa jenis kredit yang satu ini dan bagaimana cara memperolehnya? Yuk, simak artikel ini untuk mengetahui lebih lanjut.

Mengenal Pinjaman Modal Usaha Tanpa Jaminan

pengertian pinjaman modal usaha tanpa jaminan

Image resource: https://pxhere.com/en/photo/1587813

Pinjaman modal usaha tanpa jaminan diberikan oleh lembaga keuangan kepada wiraswasta Indonesia yang sedang menjalankan bisnis. Program ini sangat pas bagi kamu yang memiliki bisnis berusia relatif baru atau berskala kecil dan menengah. Kamu tak perlu memberikan aset seperti sertifikat rumah, tanah, atau surat berharga kendaraan sebagai jaminan kreditnya.

Layanan pinjaman ini lebih sering dikenal sebagai Kredit Tanpa Agunan alias KTA di dunia perbankan. KTA telah dijamin langsung oleh Otoritas Jasa Keuangan (OJK) sehingga aman untuk digunakan.

Jumlah dana yang diperoleh dari KTA berbeda-beda tergantung pihak penyedia layanannya. Namun, kamu bisa memperoleh dana hingga mencapai ratusan juta. Ada pun suku bunga dalam KTA berkisar pada angka 0,65% sampai 2,5% per bulan. Dua elemen ini perlu kamu pertimbangkan sebelum memutuskan untuk mengambil KTA.

LINE Bank juga menyediakan layanan KTA yang bahkan bisa diajukan oleh pelajar dan mahasiswa. Suku bunga KTA hanya sebesar 0,88% per bulan dan kamu bisa mendapatkan tenor hingga 60 bulan. Keuntungan ini tentu akan memudahkan kamu dalam membayar cicilan serta bunganya.

Faktor yang Memengaruhi Persetujuan Pinjaman Modal Usaha Tanpa Jaminan?

faktor yang memengaruhi pinjaman modal usaha tanpa jaminan

Proses persetujuan pinjaman tanpa agunan memakan waktu panjang. Pihak kreditur perlu meninjau background kredit dan keuanganmu sebelum menyetujui pengajuan pinjaman kamu. Ada lima faktor yang diperhatikan oleh kreditur dalam proses persetujuan pengajuan kredit, yaitu:

1. Penghasilan Bulanan

Penghasilan bulanan pribadi atau bisnis kamu menjadi bahan evaluasi utama dalam proses persetujuan permohonan kredit. Jumlah penghasilan minimum yang disyaratkan oleh kreditur berbeda-beda, asalkan sifatnya rutin sehingga kamu tidak kesulitan membayar cicilannya. Pihak kreditur akan meminta slip gaji atau rekening bisnis sebagai bukti penghasilan kamu.

Baca Juga: Untung dan Ruginya Mengambil Rumah Secara Cash!

2. Kepemilikan NPWP

Mayoritas pengajuan KTA berujung pada kegagalan hanya karena debitur tidak memiliki NPWP. NPWP merupakan hal yang wajib dimiliki oleh karyawan ataupun wiraswasta. Pihak kreditur akan melihat riwayat pembayaran pajak menggunakan NPWP. Riwayat pajak inilah yang dapat memengaruhi plafon pinjaman yang akan diterima. 

3. Riwayat Kredit

Kreditur pun melakukan BI checking untuk mengetahui riwayat kredit sebelum mengajukan pinjaman tanpa agunan ataupun dengan agunan. Permohonan kredit akan ditolak kalau kamu pernah masuk ke dalam blacklist OJK atau mengalami kredit macet akibat tidak membayar cicilan dalam jangka waktu panjang.

4. Kartu Kredit

Kartu kredit berpengaruh besar pada jumlah pinjaman yang dapat dipinjamkan oleh kreditur. Oleh karena itu, tidak ada salahnya mempersiapkan kartu kredit untuk meningkatkan peluang persetujuan pengajuan KTA.

Namun, kamu tidak perlu memiliki kartu kredit kalau mengajukan KTA di LINE Bank. Manfaat ini tentu sangat menguntungkan kalau kamu masih seorang pelajar atau mahasiswa yang belum punya penghasilan tetap.

5. Rekening Bank

Beberapa kreditur juga meninjau jumlah rekening bank sebagai syarat persetujuan. Biasanya mereka akan menerima pengajuan KTA apabila jumlah plafon yang diajukan tidak lebih dari jumlah saldo di rekening bank. Rekening tabunganmu bisa menjadi jaminan apabila terjadi kredit macet akibat gagal bayar.

perluas wawasan dan pengetahuan finansial bersama LINE Bank

Jenis-Jenis Pinjaman Modal Usaha Tanpa Jaminan

jenis jenis pinjaman modal usaha tanpa jaminan

Layanan pinjaman tanpa jaminan tidak melulu tersedia di bank. Sejumlah lembaga keuangan pun menyediakan layanan serupa yang bisa kamu manfaatkan untuk memperoleh kredit tanpa agunan. Kenali beberapa jenisnya di bawah ini.

1. Peer-to-Peer (P2P) Lending

Jenis kredit ini mulai tumbuh seiring berkembangnya Financial Technology (fintech). P2P lending sangat ideal bagi pelaku UMKM karena mudah diakses dan menyediakan plafon pinjaman dalam jumlah yang bervariasi. Kamu hanya perlu ajukan pinjaman di platform P2P serta tenornya, kemudian dananya akan dicairkan ke rekening dalam beberapa hari kerja.

2. Koperasi Simpan Pinjam (KSP)

Koperasi Simpan Pinjam (KSP) juga memberikan pinjaman tanpa syarat jaminan. Hanya saja, kamu harus menjadi anggota koperasi terlebih dahulu karena lembaga keuangan dijalankan berdasarkan asas kekeluargaan. Setelah menjadi anggota koperasi, kamu akan mendapatkan Sisa Hasil Usaha (SHU) dari iuran yang dikumpulkan setiap tahunnya.

3. Pinjaman Online

Perusahaan penyedia pinjaman online sejatinya menawarkan layanan pinjaman tanpa jaminan. Kamu hanya perlu mengunduh aplikasi dan melakukan registrasi, lalu mengajukan pinjaman sesuai jumlah plafon dan tenor yang dibutuhkan. Pihak kreditur tidak meminta jaminan apa pun, tetapi akan meninjau data pribadi yang diunggah sebelum menyetujui permohonan kreditmu.

4. Kredit Usaha Rakyat

Umumnya Bank juga menyediakan program kredit tanpa agunan (KTA) bagi kamu yang tidak ingin menyerahkan aset sebagai agunan pinjaman. Program KTA satu ini sangat digemari terutama di kalangan pengusaha untuk bisa mendapatkan modal awal untuk mengembangkan bisnisnya.

Setiap tentunya memiliki syarat dan ketentuannya tersendiri mengenai suku bunga, plafon, serta tenor KTA yang berbeda-beda. walaupun prosesnya terlihat mudah dan cepat, Bank harus melakukan wawancara dan juga BI checking kepada calon peminjam terlebih dahulu saat sebelum menerima pengajuan pinjaman. Hal ini bertujuan untuk mengetahui skor kredit kamu dan dapat memastikan bahwa tidak ada riwayat tunggakan cicilan dari aktivitas kredit sebelumnya.

5. Paylater

Kemudian pinjaman modal usaha tanpa jaminan berikutnya adalah paylater yang bisa kamu gunakan ketika memiliki toko di salah satu paltform e-commerce. Beberapa perusahaan e-commerce menyediakan pinjaman online berbentuk paylater untuk merchant-nya. Mereka bekerja sama dengan beberapa lembaga layanan pinjaman online untuk menyediakan dana pinjaman tersebut.

Baca Juga: Bagaimana Cara Menghapus Data Pinjaman Online?

Cara Mendapatkan Pinjaman Modal Usaha Tanpa Jaminan

cara mendapatkan pinjaman modal usaha tanpa jaminan

Sobat LINE Bank pasti tertarik dengan layanan pinjaman tanpa agunan, apalagi wiraswasta pemula sebagai modal kerja. Terlepas dari kemudahannya, ada beberapa tips yang bisa kamu coba supaya permohonan kreditmu berhasil disetujui. Bagaimana caranya?

1. Pastikan Saldo Rekening Stabil

Kamu pasti sudah memahami bahwa kreditur menggunakan rekening bank untuk mengevaluasi permohonanmu. Pastikan saldo serta mutasi rekening tetap stabil dan tidak ada pengeluaran dalam jumlah yang fantastis. Kreditur pun percaya bahwa kamu mampu melunasi cicilan secara teratur saat mereka melihat mutasi rekening kamu.

2. Jaga agar Skor Kredit Tetap Hijau

Skor kredit yang positif dan disukai kreditur biasanya ditandai dengan pelunasan cicilan pinjaman secara tepat waktu. Apabila terdapat pinjaman yang belum selesai dibayar, lunasi dahulu sebelum kamu mengajukan KTA yang baru. 

3. Rajin Membayar Pajak

Tips ini tidak sekadar membuktikan bahwa kamu adalah warga negara yang taat pajak. Bagi kreditur, rutin membayar pajak menjadi tanda bahwa kamu telah memiliki penghasilan yang stabil setiap bulannya sehingga mereka langsung memenuhi pengajuan pinjaman.

4. Lengkapi Dokumen yang Dibutuhkan

Setiap penyedia layanan kredit memiliki persyaratan administratif yang berbeda. Umumnya, dokumen wajib yang harus dilampirkan terdiri dari KTP, rekening koran, dan NPWP. Dokumen tersebut bisa menjadi bahan evaluasi kreditur dalam mengajukan pinjaman.

Baca juga: Loan Adalah: Pengertian, Fungsi, Jenis, Serta Manfaatnya

LINE Bank juga menyediakan layanan pinjaman modal usaha tanpa jaminan yang dapat digunakan oleh siapa pun, terutama mahasiswa, wiraswasta, ataupun freelancer yang baru terjun ke dunia bisnis. Proses pengajuan pinjaman usaha pun sangat cepat, cukup unggah e-KTP, maka kamu langsung bisa menggunakan limit kredit yang tersedia dalam beberapa menit. 

Praktis sekali, kan? Hubungi kami sekarang dan nikmati layanan pinjaman uang cepat cair dari LINE Bank untuk keperluan bisnis kamu. Kalau sudah yakin, langsung saja download aplikasi LINE Bank di sini untuk mulai mengajukan KTA.

tetap update sama LINE Bank yuk!
Bagikan ke Temanmu
LINE BANK SEO Admin
LINE BANK SEO Admin
Articles: 325