8 Cara Mengelola Keuangan ala Raditya Dika

Sobat LINE Bank pasti sudah mengenal influencer ternama, Raditya Dika. Hingga saat ini, Raditya Dika menjadi salah satu public figur ternama yang mendulang kesuksesan di bidang digital. Meski demikian, beliau tetap hidup minimalis dengan cara mengelola keuangan yang cukup ketat. 

Mengelola keuangan memang merupakan hal yang terlihat sepele. Namun, pada faktanya masih banyak orang yang belum bisa menjalankannya dengan baik. Terlebih bagi orang-orang yang konsumtif. Maka dari itu, LINE Bank akan berbagi informasi mengenai cara mengelola keuangan yang dilakukan oleh Raditya Dika agar bisa kamu terapkan. 

Apa Saja Tujuan Mengelola Keuangan dengan Baik?

Mungkin Sobat LINE Bank bertanya mengapa setiap orang harus mampu mengelola keuangan dengan baik. Tentunya, hal ini dilakukan dengan tujuan tertentu yang berdampak pada masa depan. Adapun tujuan umum mengelola keuangan dengan baik antara lain:

1.  Hidup Teratur

Saat Sobat LINE Bank mulai mencoba mengelola keuangan, secara tidak langsung kamu sudah menjalankan hidup yang teratur. Sebab seluruh pengeluaran telah tersusun berurutan mulai dari kebutuhan pokok hingga keinginan. 

2. Merancang Perencanaan Masa Depan yang Lebih Baik

Mengelola keuangan yang baik akan membantu Sobat LINE Bank memiliki jumlah pengeluaran yang tertata dan tidak berlebihan. Hal ini tentu berdampak baik pada masa depan. Dalam perencanaan keuangan, kamu dapat mengalokasikan sebagian dana tersisa untuk menabung atau berinvestasi jangka panjang. Sehingga, kamu dapat merasakan bebas finansial di masa depan. 

Baca Juga: Ini 6 Cara Mengatur Keuangan Supaya Dompet Gak Jebol

3. Ketersediaan Dana Darurat

Kondisi darurat tidak dapat direncanakan kehadirannya. Tetapi, Sobat LINE Bank bisa mempersiapkan dana terpisah jika terjadi hal-hal tidak diinginkan di luar rencana. Dapat dikatakan bahwa dana darurat merupakan alokasi dana penting yang menjadi perlindungan diri dari pengeluaran tak terduga pada masa yang akan datang. 

4. Melatih Pola Hidup Hemat

Perlu dipahami bahwa pola hidup hemat tidak sama dengan pas-pasan. Saat menjalani hidup hemat, kamu tetap bisa melakukan segala aktivitas yang menyenangkan diri sendiri atau keluarga. 

Sejatinya, hidup hemat adalah hidup berkecukupan dengan memisahkan pemenuhan kebutuhan dan keinginan. Kelola keuangan Sobat LINE Bank dengan mendahulukan kebutuhan dan mengurangi pengeluaran untuk keinginan yang kurang penting serta hanya berdasarkan gaya hidup saja. 

Bagaimana Cara Mengelola Keuangan ala Raditya Dika?

Dalam sebuah webinar online yang diselenggarakan oleh salah satu platform belajar online dan melalui kanal YouTube-nya, Raditya Dika membocorkan pengalamannya berkaitan dengan finansial dan cara mengelola keuangan yang ampuh agar memiliki kesiapan dana untuk masa depan. Berikut informasi selengkapnya:

1. Membeli Barang Untuk Diri Sendiri, Bukan Menyenangkan Orang Lain

Cara mengelola keuangan yang pertama adalah mengetahui alasan mengapa Sobat LINE Bank membeli suatu barang. Perlu diingat bahwa sebaiknya kamu membeli barang untuk menyenangkan diri sendiri atau memenuhi kebutuhan pribadi. Tidak ada gunanya membeli barang hanya untuk menyenangkan orang lain, sebab pola pikir tersebut hanya akan membawa kamu dalam jebakan gaya hidup yang salah dan lebih boros. 

2. Memperbesar Pemasukan, Bukan Pengeluaran

Menjaga keseimbangan pemasukan dan pengeluaran adalah salah satu cara mengelola keuangan yang baik. Saat Sobat LINE Bank menerima pemasukan yang lebih besar, bukan berarti jumlah pengeluarannya harus diperbesar pula. 

Kamu harus menerapkan prinsip pemasukan harus lebih besar daripada pengeluaran. Menggunakan penghasilan yang masih tersisa untuk membuka sebuah usaha akan lebih baik, dibandingkan menggunakannya untuk berbelanja hal-hal yang kurang penting.

Baca Juga: Intip Influencer Wendy Walters Mengatur Keuangan

3. Mulai Menabung atau Berinvestasi

Seperti yang diketahui, mempersiapkan keuangan untuk masa depan tidak dapat dilakukan dalam waktu singkat. Kamu harus merencanakannya sedini mungkin. Caranya bisa melalui tabungan konvensional atau investasi. Sebelum memilih, pastikan kamu sudah mempelajari kelebihan dan kekurangan masing-masing terlebih dahulu. 

Seperti contoh, tabungan dapat mempermudah segala proses transaksi tetapi tidak ada kenaikan nominal melalui bunga. Sedangkan investasi dapat menjadi tempat penyimpanan dana masa depan sekaligus mengembangkan nilainya. Tetapi, ada beberapa proses yang harus Sobat LINE Bank lakukan saat akan menggunakan nominal investasi tersebut. 

4. Transaksi Tunai

Berdasarkan cara mengelola keuangan ala Raditya Dika, transaksi tunai jauh lebih efektif untuk menjaga pengeluaran dibandingkan dengan transaksi cashless. Hal ini dikarenakan, kamu akan lebih menyadari nilai uang serta usaha di baliknya. Sebab itu, pengeluaran yang kurang penting dapat ditahan dan dikurangi. 

5. Menambah Penghasilan

Gaji bukanlah satu-satunya sumber pendapatan yang bisa kamu terima, loh Sobat LINE Bank. masih ada banyak sumber pendapatan lain yang mungkin saja nilainya jauh lebih besar, misalnya seperti bisnis. 

Ada banyak ide bisnis rumahan yang simpel dan bisa kamu manfaatkan untuk menambah penghasilan tanpa mengganggu pekerjaan utama. Sobat LINE Bank dapat menyesuaikan bisnis tersebut dengan kemampuan dan hobi agar lebih mudah dikerjakan serta menyenangkan.

6. Membeli Barang Sesuai Kegunaan

Apakah Sobat LINE Bank sudah memikirkan kegunaan barang dan kepentingannya sebelum membelinya? Kamu boleh-boleh saja membeli barang yang diinginkan, tetapi pertimbangkan juga kegunaan barang tersebut nantinya. Sebagai contoh, membeli sweater untuk menjaga diri dari cuaca dingin, membeli sepatu baru karena sepatu lama mulai usang, dan lain sebagainya.

7. Hindari Utang atau Mengutangi

Bila tidak dalam keadaan darurat, usahakan untuk menghindari utang hanya untuk keinginan yang tidak penting dan gaya hidup. Sesuaikan pengeluaran dengan kebutuhan saja. Kamu tidak harus mengimpresi lingkungan sosial dengan memaksakan membeli barang mahal. 

Begitu pula dengan kebiasaan mengutangi. Tidak memberi utang bukan berarti tidak bersikap baik. Masih ada banyak cara membantu yang bisa dilakukan dibandingkan memberi utang dengan kondisi keuangan sendiri yang pas untuk memenuhi kebutuhan sehari-hari. Apalagi, banyak orang yang sulit mengembalikan uang setelah meminjam. 

8. Mengalokasikan Uang untuk Pengalaman

Kemudian menurutnya, lebih bijaksana lagi jika kita tidak hanya menghabiskan uang untuk membeli barang-barang, tetapi juga menggunakannya untuk merasakan pengalaman.

Sebagai contoh, seperti makan bersama keluarga di restoran atau pergi berlibur bersama keluarga. Jenis pengalaman semacam itulah yang justru akan memberikan kebahagiaan yang lebih berkesan daripada sekadar membeli barang.

Dirinya juga berpendapat bahwa pengalaman-pengalaman seperti berlibur bersama keluarga tercinta akan meninggalkan kesan yang lebih mendalam daripada hanya membeli barang.

Baca Juga: Kesalahan Milenials Saat Mengatur Keuangan

Apakah Sobat LINE Bank berminat untuk mencoba cara mengelola keuangan ala Raditya Dika di atas? Mengelola keuangan dengan baik bukan hanya memberikan finansial masa depan yang aman dan terjamin, tetapi juga mengurangi stres. Ada banyak penyakit yang sumbernya berasal dari stres, apalagi berkaitan dengan keuangan. 

Jadi, pastikan Sobat LINE Bank selalu mengatur pemasukan dan pengeluaran dengan baik. Mulai kelola keuangan dengan menulis rencana pengeluaran dalam satu bulan ke depan. Jika masih kesulitan dalam menentukan tabungan yang tepat untuk pemula, Deposito LINE Bank bisa jadi solusinya. LINE Bank memberikan bunga deposito tinggi yang cocok untuk pemula dalam merencanakan dana masa depan. Segera download aplikasi LINE Bank, karena hanya dengan Rp.1 juta saja kamu bisa mulai menabung deposito yang menguntungkan dengan persyaratan mudah dan akses 24 jam setiap harinya.

tetap update sama LINE Bank yuk!
Bagikan ke Temanmu
LINE BANK SEO Admin
LINE BANK SEO Admin
Articles: 325