Cara Ampuh Mengelola Keuangan Saat Gajian Bulanan

Mengelola Keuangan Saat Gajian

Mengelola keuangan bukanlah hal yang mudah, Banyak yang merasa kesulitan juga dalam mengatur gaji bulanan. Ada dari Sobat LINE Bank yang merasakannya juga?

Memang tidak jarang, kita sering kehabisan uang sebelum pertengahan bulan. Hal ini bisa jadi karena kamu tidak mengelola gaji dengan baik. Namun ada cara ampuh Mengelola Keuangan Saat Gajian dengan bijak. Yuk disimak!

1. Buat Anggaran Bulanan

Rencanakan anggaran bulananmu. Mulailah membuat daftar pengeluaran bulanan untuk kebutuhan menjadi dua bagian. Untuk kebutuhan primer seperti makan, ongkos bekerja, tagihan listrik, cicilan rumah, cicilan motor dan lain sebagainya. Sedangkan untuk kebutuhan tersier, buatlah anggaran untuk shopping, traveling, hingga anggaran hangout dengan teman-teman atau rekan kerja.

Biar pembuatan anggaran menjadi lebih mudah kamu bisa menggunakan fitur multi rekening. Multi Rekening yaitu memiliki rekening lebih dari satu. Di LINE Bank kamu bisa memiliki rekening hingga 8 akun rekening berbeda dalam 1 akun saja loh! Kamu bisa mulai pisahin rekening kamu sesuai dengan kebutuhanmu mulai dari pengeluaran sehari-hari, tabungan, hingga rekening untuk jajan atau memenuhi keinginan kamu nantinya. 

2. Segera Bayar Tagihan

Saat mendapatkan gaji, hal yang pertama yang kamu lakukan adalah membayar semua tagihan di awal. Dari mulai tagihan listrik, telepon, cicilan, dan lain sebagainya. Hal ini penting, agar tidak mengganggu biaya kebutuhan mu sehari-hari. Dengan memisahkan atau membayarkannya terlebih dahulu tentu akan membuat kamu lebih tenang untuk mengatur pengeluaran bulanan lainnya.

3. Sisihkan Untuk Tabungan

Jika selama ini kamu terbiasa menyisihkan sisa gaji untuk tabungan, kali ini cobalah menyisihkan gaji untuk tabungan sebelum menggunakannya untuk keperluan sehari-hari. Hal ini berguna, untuk menekan pengeluaran-pengeluaran yang tidak terlalu penting.

4. Buat Laporan Keuangan Harian

Simpanlah struk belanja yang kamu dapatkan setiap kali berbelanja. Catatlah semua pengeluaran mu setiap harinya. Selain cara ini membantu kamu mengetahui kemana saja uang yang digunakan selama ini, ini juga dapat membantu mu dalam menganalisa barang-barang apa saja yang sebenarnya tidak harus dibeli di bulan yang akan datang.

5. Miliki Lebih Dari Satu Rekening

Buatlah dua rekening bank yang berbeda. Gunakan satu rekening untuk kebutuhan sehari-hari seperti, menerima gaji, membayar tagihan, dan belanja. Dan untuk rekening lain dapat kamu gunakan khusus untuk menabung. Buatlah jumlah minimal berapa persen yang harus kamu tabung dari gaji bulanan mu.

6. Bijaklah Menggunakan kartu Kredit

Kartu kredit juga dapat membantu mu dalam mengelola keuangan, jika kamu dapat menggunakannya dengan cerdas. Misalkan, gunakan promo yang diberikan untuk membeli barang-barang yang dibutuhkan, atau bisa dialokasikan untuk membayar semua tagihan-tagihan mu. Jangan lupa untuk segera melunasi tagihan kartu kredit ketika menerima tagihan kartu kredit.

7. Investasi

Setelah kamu menyisihkan untuk tabungan dan gaji bulanan pada kebutuhan sehari-hari. Namun masih ada kelebihan dana dari gaji tersebut. Ada baiknya gunakan dana tersebut untuk investasi dengan mengikuti Asuransi, Reksa Dana, maupun membeli emas ataupun perhiasan dengan nilai jual tinggi.

Nah itu dia Mengelola Keuangan Saat Gajian. Kalau saran dari mimin sih kunci awalnya satu yaitu biasakan untuk memisahkan rekeningmu.

Untukmu yang memang belum memiliki rekening LINE Bank, yuk segera coba! Caranya gampang kok, dimanapun bisa kamu lakukan dan praktis lho cuma download aplikasi LINE Bank di Appstore maupun Playstore disini!

Baca juga: Pekerjaan Sampingan Untuk Penghasilan Tambahan Akhir Bulan

Bagikan ke Temanmu