Apa Itu KTA Bank? Ini Jenis dan Syarat Mengajukannya

Apa itu KTA bank? Saat ini, ada banyak kebutuhan finansial yang harus dipersiapkan untuk menciptakan kehidupan masa depan yang nyaman dan bahagia. Salah satu kebutuhan pokok jangka panjang yang harus dipersiapkan adalah rumah tinggal. Selain KPR, terdapat jenis pinjaman lain yang dapat Sobat LINE Bank manfaatkan yaitu KTA.

Jika Sobat LINE Bank berpikir KTA hanya dapat digunakan sebagai pembiayaan beli rumah atau properti lainnya, hal tersebut adalah salah. Tidak hanya properti, produk KTA dapat digunakan sebagai solusi keuangan bagi segala kebutuhan seperti dana darurat, kebutuhan pengobatan, biaya pernikahan, dan lain sebagainya. Sangat menarik, bukan?

Sobat LINE Bank tidak perlu khawatir, artikel ini akan berbagi informasi mengenai pengertian, jenis, syarat, sekaligus tips untuk mengajukan KTA ke bank. Pastikan kamu membacanya hingga akhir agar menerima informasi dengan lengkap. 

Apa Itu KTA Bank?

Kredit Tanpa Agunan atau dikenal dengan KTA adalah produk kredit yang ditawarkan bank dalam bentuk uang tunai dan dapat diajukan tanpa harus memberikan jaminan apa pun. Produk bank ini dapat Sobat LINE Bank andalkan saat berada dalam kondisi finansial yang mendesak sebab seluruh prosesnya dapat ditangani dengan cepat. 

Nantinya keputusan persetujuan kredit akan ditentukan oleh bank dan akan diinformasikan oleh akun resmi bank melalui saluran telepon. Setelah disetujui dan dana diterima, Sobat LINE Bank dapat menggunakannya untuk berbagai keperluan seperti membayar cicilan, membeli kendaraan, dan lain sebagainya. 

Apa Saja Jenis-jenis dari KTA Bank?

Terdapat 2 jenis KTA yang tersedia saat Sobat LINE Bank pilih saat mengajukan pinjaman. Kedua jenis ini akan ditentukan dari status pekerjaan dan keterkaitan terhadap bank tertentu. Adapun jenis-jenis KTA antara lain:

1. KTA Reguler

KTA reguler merupakan jenis KTA yang tersedia untuk masyarakat umum. Dalam pengajuan KTA reguler, semua orang memiliki kesempatan untuk memanfaatkan produk KTA yang disediakan oleh bank atau lembaga keuangan lainnya. Pasalnya, Sobat LINE Bank tidak perlu menjadi nasabah atau pengguna jasa bank untuk bisa melakukan pinjaman. 

2. KTA Payroll

Berbeda dengan reguler, KTA payroll adalah jenis KTA yang dikhususkan untuk karyawan perusahaan yang memanfaatkan sistem payroll terkait. Umumnya, sistem payroll ini digunakan perusahaan dalam kegiatan pendistribusian gaji seluruh karyawan agar pencairan menjadi lebih besar dan cepat. Tetapi, perusahaan membutuhkan data valid yang dapat dipercaya bahwa pemohon dapat melunasi utangnya agar bank dapat memberikan pinjaman sementara.

Baca Juga: Mau Pinjam KTA Untuk Dana Darurat?

Apa Saja Manfaat dari KTA Bank?

Setelah banyak disebutkan di atas, mungkin Sobat LINE Bank telah mengetahui apa saja manfaat yang diberikan oleh KTA. Namun supaya lebih jelas dan terperinci, berikut adalah penjelasan manfaat dari KTA bank yang Sobat LINE Bank harus tahu:

1. Menjadi Modal Usaha

Memimpikan sebuah usaha yang menjanjikan namun terkendala dana? Tenang saja, KTA dapat memberikan kamu kesempatan untuk menciptakan serta mengembangkan bisnismu. Hanya saja kamu harus memastikan bahwa nantinya kamu dapat melunasi cicilan tepat waktu dan sesuai dengan nominal yang telah ditentukan. 

2. Dana Darurat

Tidak semua orang memiliki kesadaran akan pentingnya dana darurat sejak awal. Apabila kondisi mendesak terjadi sebelum dana darurat mencapai nominal yang dituju, maka pinjaman KTA dapat menjadi solusi cepat, aman, mudah, dan pas untuk menyediakan dana sesuai kebutuhan Sobat LINE Bank. 

3. Penyediaan Dana Renovasi atau Pembangunan Rumah

Membangun atau merenovasi rumah membutuhkan biaya yang tidak sedikit. Oleh karena itu, kamu dapat memanfaatkan KTA dari LINE Bank yang bebas bunga, limit pinjaman tinggi, dan proses yang cepat dan aman. 

4. Biaya Pendidikan

KTA juga dapat dimanfaatkan untuk membayar tagihan pendidikan dari segala jenjang. Pada dasarnya, seluruh orang tua selalu menginginkan pendidikan terbaik untuk anak-anaknya. Biaya masuk yang besar menyebabkan Sobat LINE Bank harus menyisihkan sebagian penghasilan untuk mempersiapkan dana pendidikan sejak jauh-jauh hari. Bila hingga tiba waktunya dana masih belum mencukupi, ajukan pinjaman KTA untuk mengatasinya. 

Baca Juga: Mari Mengenal KTA, Mulai Dari Pengertian, Jenis, Fungsi, Manfaat, dan Syaratnya 

Apa Saja Kelebihan dan Kekurangan dari KTA Bank?

Berbicara mengenai manfaat yang diberikan, Sobat LINE Bank juga harus mengetahui keunggulan dan kekurangan yang dimiliki KTA agar dapat mempertimbangkan keputusan pengajuan. Berikut merupakan kelebihan dan kekurangan KTA:

Kelebihan 

Apabila memilih mengajukan KTA, Sobat LINE Bank akan merasakan berbagai kelebihan berikut ini: 

  • Tanpa jaminan atau agunan sebagai syarat
  • Dana dapat digunakan untuk memenuhi berbagai kebutuhan.
  • Memiliki waktu pencairan yang cepat sehingga dapat digunakan sebagai solusi dana darurat saat dibutuhkan.
  • Proses pengajuan kredit lebih mudah dan fleksibel.
  • Hampir seluruh bank telah menyediakan program KTA dengan jangka waktu pinjaman yang beragam, mulai dari 1 tahun hingga 5 tahun.

Kekurangan

Namun, ada kekurangan yang harus dipertimbangkan sebelum Sobat LINE Bank mengajukan KTA ke bank. Adapun kekurangan dari KTA antara lain: 

  • Beberapa bank menerapkan syarat harus memiliki kartu kredit sebelum mengajukan KTA.
  • Bunga yang diberikan cukup tinggi.
  • Keterbatasan limit pinjaman yang diberikan. Umumnya bank memberikan limit maksimal sebesar Rp300 juta.
  • Pengajuan KTA hanya dapat dilakukan oleh beberapa profesi saja dengan ketentuan nominal penghasilan yang diterima perbulannya.

Bagaimana Syarat Mengajukan KTA Bank?

Proses pengajuan KTA yang mudah bukan berarti pinjaman dapat disetujui dengan sesegera mungkin. Sebelum mengajukan izin pinjaman, Sobat LINE Bank harus mempersiapkan syarat berikut ini:

1. Kewarganegaraan

Seseorang yang mengajukan kredit tanpa agunan harus berkewarganegaraan Indonesia atau warga negara Indonesia.

2. Batas Usia

KTA dapat diajukan oleh masyarakat umum dengan rentang usia produktif yaitu antara 21 tahun hingga 55 tahun. 

3. Jenis Pekerjaan

Dalam mengajukan KTA, terdapat persyaratan pengajuan berupa jenis pekerjaan yang diijinkan. Beberapa pekerjaan yang diperbolehkan mengajukan KTA yaitu pegawai pemerintahan, wiraswasta, karyawan baik permanen maupun kontrak, profesional, pekerja informal, ibu rumah tangga, serta mahasiswa dan pelajar. 

4. Penghasilan

Sebelum melakukan pengajuan, pastikan penghasilan yang diterima setiap bulannya minimal Rp3 juta

5. Kelengkapan Dokumen 

Selain syarat di atas, terdapat dokumen yang harus dilengkapi yaitu fotokopi KK dan  kartu keluarga, NPWP, dan fotocopy kartu kredit yang dimiliki. 

6. Area Cakupan Pinjaman

Jika Sobat LINE Bank merencanakan pinjaman KTA di LINE Bank, ada persyaratan domisili atau area cakupan pinjaman yang harus dipenuhi. Pastikan Sobat LINE Bank berdomisili di Jabodetabek, Bandung, atau Surabaya agar pengajuan pinjaman KTA LINE Bank dapat diproses. 

Baca Juga: Apa itu Agunan dan Fungsinya? Wajib Kamu Ketahui!

Bagaimana Tips Mengajukan KTA Bank?

Tidak perlu panik jika ini adalah kali pertama kamu mengajukan KTA Bank. Di bawah ini merupakan tips yang bisa diterapkan saat mengajukan KTA bank:

1. Data yang Diberikan Akurat

Agar KTA dapat disetujui dengan cepat, pastikan data yang Sobat LINE Bank berikan akurat dan sesuai dengan hal-hal yang berkaitan dengan diri sendiri. Contohnya seperti jumlah gaji, status karyawan, alamat rumah, data keluarga, dan lain sebagainya.

2. Riwayat Perbankan yang Baik

Memiliki riwayat cicilan yang tidak terbayar atau selalu terlambat dalam membayar tagihan cicilan dapat memberikan nilai kredit yang buruk untuk kamu. Sehingga, pastikan seluruh cicilan pada masa lampau telah terselesaikan sebelum jatuh tempo. Pengecekan data perbankan ini disebut juga dengan BI checking. 

Jadi bagaimana menurut Sobat LINE Bank? KTA adalah solusi penyediaan dana legal, aman, dan nyaman yang cemerlang bukan? Informasi di atas diuraikan untuk menjawab pertanyaan seputar apa itu KTA bank. 

Baca Juga: Intip! Keunggulan Mengajukan Pinjaman Tanpa Agunan

Segera penuhi segala kebutuhan dana Sobat LINE Bank dengan produk pinjaman uang cepat cair yang disediakan oleh LINE Bank. Sobat LINE Bank akan menerima berbagai keuntungan seperti pinjaman bebas bunga, registrasi dan pengelolaan yang mudah. Tidak perlu menunggu lebih lama lagi, download LINE Bank sekarang juga untuk mencairkan dana yang aman, mudah, dan cepat. 

Bagikan ke Temanmu
LINE BANK SEO Admin
LINE BANK SEO Admin
Articles: 325