Istilah-istilah Kredit Yang Wajib Diketahui

Istilah-istilah Kredit

Istilah-istilah Kredit yang perlu dipahami sebelum mengajukan pinjaman– Kebutuhan manusia akan selalu ada dan pastinya akan meningkat. Namun terkadang kita tidak siap sehingga tak dapat memenuhinya. Kalau sudah terjadi seperti ini, solusinya biasanya adalah mengajukan Pinjaman.

Dalam proses mengajukan pinjaman atau pembiayaan, seringkali kita menemukan beberapa istilah kredit yang terdengar asing. Bagi orang yang tidak berkecimpung dalam industri keuangan, tentunya hal ini cukup memberatkan. Terlebih lagi, untuk beberapa oknum yang tidak bertanggung jawab, tentunya hal ini dapat menjadi celah.

Maka dari itu dalam artikel ini akan dijelaskan mengenai istilah-istilah kredit yang dapat memperjelas kamu dalam mengajukan pinjaman. Simak ya!

Agunan

Agunan adalah jaminan (collateral) yang diberikan kepada pemberi pinjaman (kreditur) oleh peminjam (debitur) saat terjadinya transaksi pembiayaan. Biasanya, jaminan dapat berupa BPKB Kendaraan atau Sertifikat Rumah.

Angsuran

Angsuran adalah jumlah dana yang harus dibayar oleh peminjam kepada pemberi pinjaman selama jangka waktu tertentu. Komposisi angsuran terdiri dari sisa pokok hutang yang telah dialokasikan sesuai tenor dan bunga yang dibebankan.

Bunga

Bunga dalam kredit adalah besarnya presentase yang dibebankan kepada debitur atas jasa yang diberikan oleh pemberi pinjaman.

Bunga Effective

Bunga yang dikenakan berasal dari sisa pokok hutang yang ada, sehingga proporsi bunga dalam angsuran menurun.

Bunga Fixed

Tingkat suku bunga yang tidak berubah (tetap) selama masa kredit.

Bunga Flat

Konversi Effective rate untuk tenor yang sama. Bunga yang diasumsikan sama setiap bulannya selama masa tenor, yang dihitung dari pokok hutang awal sehingga diasumsikan bahwa besarnya bunga yang dibayar setiap angsuran adalah sama.

Bunga Floating

Tingkat suku bunga yang bisa berubah secara periode mengikuti perkembangan suku bunga di pasar selama masa kredit. Periode perubahannya mengikuti kesepakatan kontrak.

Debitur

Orang atau badan usaha yang mendapatkan fasilitas kredit atau pinjaman dari Lembaga keuangan.

DSR (Debt Service Ratio)

DSR atau Debt Service Ratio adalah tingkat perbandingan antara pendapatan dengan kewajiban atau hutang yang dimiliki oleh calon debitur dan digunakan sebagai acuan penilaian kelayakan kredit tersebut. Tingkat DSR yang normal adalah berkisar antara 30% hingga 40%. Jika rasio DSR semakin besar, maka jumlah hutang yang ditanggung calon debitur semakin besar.

Jatuh Tempo

Adalah tanggal atau periode yang telah ditentukan oleh pemberi pinjaman agar peminjam dapat melunasi angsuran dengan tepat waktu setiap bulannya. Usahakan jangan sampai kita membayar melebihi batas jatuh tempo yang ditentukan, karena akan berefek negative dalam SLIK (Sistem Layanan Informasi Keuangan) score kita.

Kreditur

Pihak atau Lembaga Keuangan yang memberikan pinjaman atau kredit kepada pihak yang telah memenuhi kriteria sebagai peminjam.

Loan to Value (LTV)

Maksimal nilai kredit atau pembiayaan yang diberikan oleh pemberi pinjaman. Besarnya LTV bergantung pada kondisi dan kapasitas debitur dan barang yang dijaminkan saat mengajukan pinjaman. Nilai LTV biasanya berkisar dari 70% hingga 90%.

NTF (Net To Finance)

NTF atau Net To Finance adalah pokok hutang atau besarnya pinjaman yang dimiliki dan harus dilunasi oleh debitur selama jangka waktu perjanjian pembiayaan.

Tenor

Tenor adalah jangka waktu kredit atau angsuran yang diberikan kepada debitur dan harus dibayarkan kepada perusahaan pemberi pinjaman. Penentuan lama tenor bergantung pada kemampuan debitur dalam membayar angsuran.

Perjanjian Pembiayaan

Perjanian Pembiayaan adalah perjanjian yang mengatur tata cara kredit atau pembiayaan antara debitur dengan kreditur selama jangka waktu tertentu, termasuk didalamnya pasal-pasal yang mengatur apabila debitur wanprestasi.

Itulah Istilah-istilah Kredit yang sering kita jumpai, sekarang kamu sudah paham kan mengenai Istilah-istilah Kredit,sekarang jadi semakin yakin kan dalam mengajukan pinjaman? Apalagi di LINE Bank, approval yang cepat dan Pinjaman ini tanpa agunan lho! Sttt banyak promo menarik juga untukmu!

Mudah bukan? Download ya aplikasi LINE Bank melalui AppStore dan PlayStore di sini ya!

Baca juga : Simak! Tipe Orang Yang Cocok Menggunakan Quick Credit

Bagikan ke Temanmu