Mau Pinjam KTA Untuk Dana Darurat?

Mengumpulkan dana darurat memanglah sulit. Terkadang bahkan kita tidak menyiapkannya sejak dini. Akibatnya, saat kondisi darurat dan mendesak, bingung harus mencari dana dari mana. Saat terjadi seperti itu, bolehkah kita meminjam ke bank? Kondisi seperti apa yang memperbolehkan kita mengajukan KTA untuk Dana Darurat?

KTA Untuk Dana Darurat

Baca Juga: Reksadana Vs Deposito: Mana Pilihan Terbaik?

Apa itu Dana Darurat?

Dana darurat merupakan hal dasar dalam perencanaan keuangan. Tujuannya adalah agar kamu memiliki kondisi keuangan yang baik, sehingga terhindar dari namanya berutang pada kondisi terdesak.
Tapi apa sih sebenarnya dana darurat itu?

Simple nya, Dana darurat yaitu dana yang dikumpulkan atau dicadangkan untuk kebutuhan mendesak. Misalnya untuk biaya pengobatan, kecelakaan, dan lain-lain.

Kondisi seperti apa boleh mengajukan KTA untuk dana Darurat?

Secara umum, KTA digunakan untuk dana darurat boleh saja, jika dilihat dengan 2 kondisi berikut ini:

1.sebelum kejadian yang tak terduga

Kamu harus mengalokasi dana darurat dari jauh-jauh hari karena kejadian tak terduga bisa datang hari ini, besok atau kapan saja.

Mengajukan KTA bisa jadi alternatif solusi bagi yang kesulitan mengalokasikan dana untuk kondisi darurat. Dengan mengambil KTA, secara tidak langsung dipaksa untuk mengalokasikan dana, untuk membayar cicilan setiap bulannya.

2. Setelah kejadian yang tak terduga

Kita kadang terbiasa bersikap reaktif saat suatu hal sudah terjadi, bukan saat jauh-jauh hari sebelum terjadi dan baru terpikir untuk mempersiapkan dana darurat setelah keuangannya benar-benar berada dalam keadaan darurat.

Pada kondisi ini, mengajukan KTA setelah kejadian, tidak perlu Anda lakukan. Namun jika sudah melakukan pinjaman KTA, Anda bisa gunakan uang tersebut untuk membayar pinjaman dari keluarga, teman, untuk mengurangi beban utang.

Anda sudah tahu jawabannya, pinjaman KTA boleh digunakan untuk dana darurat, tetapi ada solusi lainnya lho selain berhutang.

Kamu bisa memulai untuk menabung, dan mempersiapkan dana yang tak terduga. Seperti menabung deposito. Keuntungan lainnya dari membuat tabungan deposito adalah kamu menjadi lebih disiplin dan rajin dalam menabung. Dengan adanya jangka waktu yang ditentukan, maka kamu menjadi lebih bertanggung jawab dalam mengatur keuanganmu dan tidak bisa sembarang kamu gunakan karena kalau ditarik sebelum waktunya kamu bisa kena penalti.

Namun, kamu juga membutuhkan tabungan biasa untuk menunjang kebutuhan sehari-hari dan bisa digunakan juga untuk dana darurat, karena ketika kamu membutuhkannya sekarang bisa langsung diambil uangnya.

Ada banyak juga lho promo deposito menarik untukmu, simak disini! 

Sobat LINE Bank belum punya akun LINE Bank? Yuk daftar sekarang!

Aplikasi LINE BANK bisa diunduh di sini bagi yang belum punya Ya!!

Baca Juga: Definisi Simulasi Kredit & Cara Menghitungnya

Bagikan ke Temanmu