Definisi Simulasi Kredit & Cara Menghitungnya

Simulasi kredit, bisa disebut tabel angsuran, adalah perhitungan besaran biaya yang harus dikeluarkan saat mengajukan kredit.

Simulasi Kredit

Baca juga : Catat! Ini Manfaat Menggunakan Kredit Online

Namun Sobat LINE Bank, apa sih yang dimaksud dengan simulasi kredit? Apa saja jenis-jenisnya? Bagaimana cara hitungnya? Yuk simak artikel berikut!

Apa itu Simulasi Kredit?

Simple nya, simulasi kredit adalah kalkulasi biaya yang harus dikeluarkan tiap bulan saat mengajukan pinjaman ke bank, perusahaan pembiayaan atau lembaga pemberi pinjaman lainnya.

Didalamnya ada skema cicilan termasuk sistem dan proses terkait dengan biaya yang harus dikeluarkan kreditur.

Kalkukasi atau perhitungan biayanya juga berbeda-beda meski mayoritas menerapkan sistem perhitungan yang nyaris sama. Intinya, dengan simulasi ini, orang yang berhutang bisa mensimulasikan pinjaman dan cicilan yang harus dibayar setiap periode jatuh tempo.

Macam-macam Jenis simulasi Kredit

1. Simulasi kredit umum

kredit umum, yang didalamnya memberikan perincian secara umum untuk berbagai jenis kredit.

Entah itu kredit kepemilikan rumah, kredit otomotif seperti mobil dan motor, kredit di bank untuk individu dan lain sebagainya.

Untuk hitung simulasinya, ada beberapa item yang harus dilibatkan mulai dari pokok pinjaman, jangka waktu angsuran, bunga per tahun dan lain sebagainya.

2. Simulasi Kredit Pemilikan Mobil (KPM)

Kredit Pemilikan Mobil atau KPM, yang menggambarkan secara umum terkait dengan pengajuan kredit otomotif.

Untuk menghitungnya, ada beberapa item yang harus dilibatkan mulai dari harga OTR, uang muka (DP), biaya administrasi, jangka waktu angsuran, bunga per tahun dan premi asuransi.

3. Simulasi KPR

Simulasi kredit Pemilikan Rumah. Hanya saja, simulasi KPR ini cukup berbeda dengan yang lain karena ada biaya tambahan yang mungkin dibebankan kepada anda.

Secara umum, didalam simulasinya harus sertakan harga unit rumah, down payment atau uang muka, biaya admin dan biaya notaris.

4. Simulasi KTA

Mayoritas dalam simulasi KTA ini disertai informasi seperti gaji bersih yang diterima per bulannya, total angsuran, bunga KTA dan lain sebagainya.

Mayoritas perhitungan untuk bunga KTA itu flat dengan cicilan tetap meski bergantung penuh dari kebijakan Bank dimana KTA diajukan.

Kamu bisa lho cek simulasi KTA Mu disini!

5. Simulasi Bunga Tetap [Flat]

Simulasi bunga paling mudah dihitung karena biaya cicilan dan bunga yang harus dibayarkan sama. Kecuali jika ada denda keterlambatan bayar.

Nah itu dia Sobat LINE Bank mengenai lebih dalam mengenai Per-Kredit-an!

Jika kamu tertarik untuk mengajukan KTA mu, kamu bisa cek disini ya! Karena banyak promo menarik menantimu!

Ada dari Sobat LINE Bank belum punya akun LINE Bank? Yuk daftar sekarang untuk semakin pintar mengatur keuangan.

Aplikasi LINE BANK bisa diunduh di sini bagi yang belum punya Ya!!

Bagikan ke Temanmu