Apa Arti Cashback?

Sudahkah Sobat LINE Bank mengetahui arti cashback? Sayang sekali kalau Sobat LINE Bank belum tahu. Padahal cashback selalu diincar oleh masyarakat untuk mendapatkan sejumlah uang dalam nominal tertentu saat sedang berbelanja. 

Uang yang didapatkan terkadang bisa sangat besar tergantung ketentuan yang berlaku. Sebentar, meski bisa mendapatkan uang bukan berarti cashback termasuk dalam instrumen investasi. Cashback termasuk ke dalam bagian promosi yang dilakukan oleh pebisnis seperti halnya diskon. 

Tetapi cashback juga bukan diskon ya Sobat LINE Bank. Daripada kamu kebingungan apa itu cashback, langsung saja simak informasinya di bawah ini. 

Apa Arti Cashback?

Cashback adalah suatu bentuk promosi atau penawaran yang diberikan oleh berbagai pebisnis agar pelanggan mau memakai jasa atau membeli barang yang ditawarkan. Cashback sering diberikan dalam bentuk uang tunai yang masuk ke dalam alat pembayaran tertentu. 

Tidak jarang juga yang mengembalikannya dalam bentuk koin yaitu sistem reward yang tersedia dalam beberapa alat pembayaran. Jadi cashback yang didapatkan bisa digunakan kembali sebagai alat pembayaran. Bentuk promosi seperti ini menjadi sangat efektif digunakan karena bukan hanya perusahaan yang mendapatkan benefit tetapi juga pelanggan.

Baca Juga: Beli Barang Cash Atau Kredit, Untung Mana Ya?

Apa Tujuan Diadakannya Cashback?

Keberadaan cashback sudah jelas ditujukan untuk menarik lebih banyak pelanggan supaya mau menggunakan jasa atau membeli barang yang sedang ditawarkan. Cashback yang memberikan pengembalian uang tentu sangat menarik bagi pelanggan. 

Memangnya siapa yang tidak mau mendapatkan uang? Tentu semua orang mau, oleh karena itu jelas bahwa tujuan diadakannya cashback untuk menarik lebih banyak lagi pelanggan agar membeli barang atau menggunakan jasa perusahaan tertentu. 

Apa Saja Jenis-Jenis dari Cashback?

Buat kamu yang sudah pernah berbelanja di berbagai e-commerce atau mall, pasti sudah tidak asing dengan cashback. Kalau begitu kamu seharusnya sudah tahu apa saja jenis-jenis dari cashback, bukan? Benar! Ada cashback toko online (e-commerce), kartu kredit, kartu debit, reward, kendaraan bermotor, dan properti. 

1. Cashback Toko Online

Cashback toko online diberikan kepada pelanggan ketika sudah melakukan pembelian pertama. Saat cashback sudah diterima, barulah pelanggan dapat menggunakannya untuk pembelian kedua, ketiga, dan seterusnya agar mendapatkan potongan harga. 

Cashback yang diterima dapat berupa saldo atau koin. Tetapi tidak masalah mana yang diberikan karena keduanya tetap bisa digunakan untuk melakukan pembayaran. 

2. Cashback Kartu Kredit

Cashback kartu kredit diberikan kepada pengguna yang sudah melakukan pembelian dengan nominal tertentu. Cashback yang diberikan biasanya berupa uang tunai dalam kartu yang bisa nasabah gunakan untuk membayar berbagai keperluan lainnya. 

Perlu diingat bahwa nominal cashback akan bergantung kepada pembayaran yang dilakukan serta pihak bank yang Anda gunakan kartu kreditnya. 

3. Cashback Kartu Debit

Serupa dengan kartu kredit, hanya saja cashback diberikan saat pelanggan menggunakan kartu debit untuk pembayaran dalam merchant tertentu. Cashback yang diberikan juga bervariasi. Pihak bank bisa memberikan cashback berupa saldo ke rekening atau potongan untuk pembayaran selanjutnya. 

4. Cashback Reward

Cashback reward diberikan perusahaan tertentu dalam bentuk koin yang bisa digunakan untuk melakukan pembayaran. Andaikan kamu mendapatkan 15.000 koin dari cashback saat pembelian pertama. 

Kemudian kamu ingin melakukan pembelian kedua yang bernilai Rp50.000. Jadi kamu hanya perlu membayar sisa Rp35.000 karena Rp15.000 sudah dibayar dengan koin reward

5. Cashback Kendaraan Bermotor

Cashback kendaraan bermotor sedikit berbeda dari yang lainnya karena yang diberikan bukan uang tunai melainkan hadiah barang. Biasanya pelanggan yang melakukan pembelian kendaraan bermotor akan diberikan cashback seperti jaket, helm, ponsel, laptop, dan masih banyak lagi. 

6. Cashback Properti

Cashback properti juga bukan berupa uang melainkan kesempatan mengundi untuk mendapatkan hadiah yang lebih besar. Pembeli atau penyewa rumah bisa mendapatkan kitchen set, microwave, atau bahkan kendaraan bermotor seperti mobil dan motor. 

Baca Juga: Sangat Mudah dan Cepat! Inilah 4 Cara Menggunakan Paylater

Apa Saja Kelebihan Cashback?

Kelebihan cashback dapat dirasakan oleh kedua belah pihak yakni penjual dan pembeli. Bagi pembeli, tentunya cashback sangat menguntungkan karena pembayaran yang dilakukan bisa menjadi setengah harga saja. 

Bahkan pelanggan bisa tidak mengeluarkan biaya apa pun ketika saldo cashback terus dikumpulkan. Di samping itu bagi perusahaan strategi ini akan membuat banyak pelanggan baru berdatangan. 

Jika pengguna atau pembeli makin banyak maka kredibilitas perusahaan tersebut dapat meningkat. Pada akhirnya semua ini akan berdampak kepada penghasilan yang didapatkan. Jadi perusahaan akan mengalami peningkatan jumlah pendapatan. 

Apa Saja Kekurangan Cashback?

Kekurangan cashback untuk pihak pelanggan bisa dirasakan saat dompet atau rekening tabungan mulai menipis akibat terus berbelanja demi mendapatkan cashback. Hal ini sering terjadi bagi orang-orang yang tidak bisa menahan dirinya saat melihat promo cashback terpampang di dalam banner aplikasi. 

Di sisi lain, perusahaan juga bisa mengalami kerugian yang besar ketika strategi cashback tidak mampu menarik pelanggan. Uang yang sudah dikeluarkan menjadi terbuang sia-sia sehingga dapat terjadi pembengkakan finansial. 

Baca Juga: Ini 6 Cara Mengatur Keuangan Supaya Dompet Gak Jebol

Apa Perbedaan Cashback dan Diskon?

Jadi apa bedanya cashback dan diskon? Cashback berbicara soal pemberian kembali nilai berupa uang, koin, atau barang. Pemberian cashback dilakukan setelah pelanggan melakukan pembayaran. 

Sebaliknya diskon diberikan saat mereka ingin melakukan pembayaran. Diskon bukanlah pemberian uang tunai ke rekening tetapi potongan harga yang persentasenya ditentukan oleh masing-masing perusahaan atau bank. 

Bagaimana? Sekarang Sobat LINE Bank sudah lebih mengerti apa arti cashback, bukan? Jadi jangan sia-siakan cashback yang diberikan oleh berbagai e-commerce, tempat perbelanjaan, dan bank. 

Selagi bisa digunakan dan sejalan dengan apa yang ingin Sobat LINE Bank beli maka memanfaatkan cashback sangat menguntungkan. Tahukah kamu bahwa LINE Bank juga memberikan berbagai cashback serta diskon menarik yang bisa digunakan? 


Jangan ketinggalan cashback saat kamu membuka tabungan deposito sekarang. Dapatkan double cuan dengan cashback sebesar Rp.500.000 ditambah bunga 4,5% p.a. Mau Promo LINE Bank yang lainnya? Yuk langsung download aplikasi LINE Bank di handphone dan ajukan Kartu Debit kamu sekarang!

Bagikan ke Temanmu
LINE BANK SEO Admin
LINE BANK SEO Admin
Articles: 324