Sangat Mudah dan Cepat! Inilah 4 Cara Menggunakan Paylater

Masih bingung cara menggunakan paylater? Tenang Sobat LINE Bank, kamu tidak sendirian. Pasti masih ada banyak orang yang belum memahami cara kerja atau cara menggunakan paylater untuk berbelanja berbagai kebutuhan. 

Singkatnya, paylater merupakan salah satu cara pembayaran yang serupa seperti kartu kredit. Jadi pembayaran dilakukan bukan dengan uang tabungan yang Sobat LINE Bank punya melainkan dibayarkan oleh lembaga keuangan terkait. Kalau begitu mari belajar cara menggunakan paylater di bawah ini!

Apa Itu Paylater?

Paylater merupakan suatu sistem pembayaran yang memampukan pelanggan untuk melakukan pembelian barang atau jasa saat ini dan membayarnya sesuai waktu yang telah ditentukan pada masa depan. 

Sistem pembayarannya sekilas serupa dengan kartu kredit yang disediakan oleh bank, hanya saja paylater tidak memerlukan kartu. Pembayaran dengan paylater banyak dipilih masyarakat karena sangat mudah, cepat, dan efisien. 

Pasalnya beberapa alat pembayaran yang menyediakan paylater dapat langsung terhubung dengan e-commerce atau ojek online. Kemudahan dalam aksesnya inilah yang membuat masyarakat tertarik menggunakan paylater.

Baca Juga: Catat! Ini Manfaat Menggunakan Kredit Online

Bagaimana Cara Menggunakan Paylater?

Penggunaan paylater sangat mudah. Jika e-commerce dan aplikasi belanja lainnya sudah terintegrasi dengan layanan paylater yang kamu gunakan maka beberapa sentuhan di layar handphone sudah cukup. 

Jadi kamu hanya perlu memilih paylater untuk melanjutkan proses pembayaran dari barang atau jasa yang dibeli. Kemudian masukkan pin atau gunakan sidik jari untuk memberikan persetujuan dan semua proses pembayaran menggunakan paylater selesai. 

Tetapi jangan lupa bahwa kamu perlu melakukan pendaftaran dan aktivasi terlebih dahulu. Berikut langkah-langkahnya. 

1. Lakukan Pendaftaran Awal

Jika kamu belum pernah menggunakan alat pembayaran penyedia paylater maka pendaftaran perlu dilakukan sebagai langkah awal. Untuk bisa mendaftar, kamu perlu terlebih dahulu download aplikasi yang ingin digunakan. 

Setelah berhasil didownload maka pendaftaran bisa dilakukan. Proses pendaftaran setiap aplikasi umumnya sama seperti pembuatan akun. Kamu perlu mengisi data pribadi yang jelas, lengkap, dan benar sesuai KTP. Sisanya, kamu hanya tinggal mengikuti instruksi yang tertera di layar handphone

2. Lanjutkan dengan Aktivasi

Saat akun sudah selesai dibuat, pilih menu paylater untuk melakukan aktivasi dan pengajuan. Dalam proses aktivasi biasanya kamu akan dikirimkan OTP atau One Time Password ke nomor handphone yang telah terdaftar. 

Setelah itu akan ada proses pengisian data tambahan (jika aplikasi memerlukannya). Kalau semua proses sudah selesai maka kamu hanya perlu menunggu konfirmasi dari aplikasi tersebut. 

Proses aktivasi ini akan bergantung kepada masing-masing aplikasi. Ada yang membutuhkan waktu 2 x 24 jam, tetapi ada juga yang sampai 7 hari kerja. Biasanya kamu akan mendapatkan notifikasi dari aplikasi bahwa aktivasi sudah selesai. 

3. Tentukan Limit yang Ingin Digunakan

Penentuan limit yang bisa digunakan biasanya akan kembali kepada masing-masing pihak penyedia paylater. Hal ini dilakukan supaya tidak ada pengguna yang kewalahan ketika membayar utang pada kemudian hari. 

Tetapi ada juga pihak penyedia yang memberikan hak kepada penggunanya untuk menentukan sendiri limit paylater yang akan digunakan. Jika kamu diberikan hak untuk menentukan limit maka ada baiknya untuk tetap bijaksana dalam menggunakan paylater

4. Selesai

Setelah semua proses selesai dan limit berhasil diterima maka paylater kamu sudah bisa digunakan. Kamu hanya perlu memakai paylater tersebut sesuai kebutuhan melalui berbagai e-commerce dan aplikasi belanja lainnya. 

Baca Juga: Pahami Transaksi Digital dan Keungulannya!

Apa Kelebihan Menggunakan Paylater?

Banyaknya orang yang menggunakan layanan paylater menunjukkan adanya kelebihan dan benefit. Mulai dari kemudahan, fleksibilitas, promo-promo yang tersedia, serta proses pengajuan yang cepat. 

1. Praktis

Penggunaan paylater sangat praktis karena seluruh aktivitas pembayaran tidak membutuhkan kartu atau mesin EDC. Pembayaran dilakukan langsung dengan memasukkan pin atau sidik jari melalui handphone

2. Proses Pengajuan Cepat

Proses pengajuan paylater beserta limit kreditnya juga tidak memakan waktu berhari-hari atau sampai seminggu. Dalam kurun waktu kurang dari 5 menit pengguna bisa langsung bertransaksi. 

3. Fleksibel

Penggunaan paylater dikatakan fleksibel karena kamu bisa melakukannya dari mana saja dan kapan saja tanpa harus menggunakan kartu atau mesin pembayaran lainnya. Semua bisa diakses melalui handphone

Selain itu beberapa penyedia paylater memberikan kamu hak untuk mengatur tanggal jatuh tempo pembayaran. Jadi kamu bisa tepat waktu melakukan pembayaran tanpa takut tidak ada uang. 

4. Banyak Promo Menarik

Mayoritas penyedia paylater hadir dengan berbagai promo menarik yang memberikan banyak manfaat bagi pengguna. Jadi kamu bisa memanfaatkan semua potongan harga, cashback, dan promo menarik lainnya agar pembelian barang atau jasa menjadi lebih terjangkau. 

Apa Kekurangan Menggunakan Paylater?

Meskipun memiliki banyak kelebihan, penggunaan paylater yang tidak bijak dapat menimbulkan masalah serius. Hal inilah yang menjadi kekurangan dari penggunaan paylater, berikut penjelasannya. 

1. Bunga Cukup Besar

Layaknya kartu kredit, paylater juga memiliki bunga yang harus dibayarkan beserta uang yang telah dipinjam. Hanya saja bunga yang diberikan oleh paylater jauh lebih besar. Jika biasanya bunga yang diberikan kartu kredit di bawah 2% maka paylater bisa dikenakan bunga hingga 2% – 5% per bulannya. 

2. Membuat Kamu Lebih Boros

Kemudahan penggunaan paylater sering kali membuat orang tidak bijak. Ada begitu banyak orang yang tidak memiliki disiplin diri sehingga akhirnya menjatuhkan mereka ke dalam jebakan utang besar. 

Jadi pastikan kamu hanya menggunakan paylater untuk keadaan terdesak saja agar pembayaran utang masih berada dalam nominal yang wajar. 

Baca Juga: Mengenal Salah Satu Jenis Transaksi Internasional yang Perlu Kamu Tahu yaitu Letter of Credit

Ajukan Quick Credit di LINE Bank Sekarang

Itu dia cara-cara menggunakan paylater yang perlu diketahui. Bagaimana? Cara menggunakannya sangat mudah, bukan? Apakah kamu tertarik menggunakannya? Di LINE Bank, kamu bisa menggunakan layanan serupa yaitu Quick Credit

Quick Credit merupakan layanan kredit yang memberikan pinjaman uang cepat cair langsung ke rekening tabunganmu. 

Kamu bisa menggunakan Quick Credit untuk berbagai pembayaran, mulai dari tagihan, pulsa, sampai berbelanja. Proses pengajuannya juga mudah. Pertama-tama pastikan kamu sudah melakukan pengajuan awal dengan mengikuti instruksi yang tertera di aplikasi LINE Bank. 

Selanjutnya pilih menu Quick Credit dan masukkan nominal yang ingin dicairkan. Jika berhasil maka kamu akan mendapatkan notifikasi bahwa pencairan dana telah dilakukan. Kemudian dana akan langsung masuk ke rekening LINE Bank dan kamu bisa langsung menggunakannya untuk membayar berbagai kebutuhan. 

Limit yang diberikan oleh LINE Bank sangat besar yakni mencapai Rp100.000.000. Jadi kamu bisa menggunakannya untuk semua keperluan sehari-hari. Kalau begitu langsung saja download aplikasi LINE Bank dan ajukan KTA sekarang juga!

Bagikan ke Temanmu
LINE BANK SEO Admin
LINE BANK SEO Admin
Articles: 324