Ternyata Berbeda, Inilah Perbedaan Internet Banking dan Mobile Banking

Tahukah Sobat LINE Bank tentang perbedaan internet banking dan mobile banking? Meski sama-sama mengandalkan jaringan internet, keduanya cukup berbeda. Bukan hanya dari nama penyebutannya saja tetapi berbeda dalam cara mengaksesnya. 

Jangan sampai Sobat LINE Bank tidak mengetahui jenis bank yang digunakan karena uang yang ditabung kemungkinan tidak akan bisa diambil atau digunakan bertransaksi. Tetapi jangan khawatir karena kamu akan diajak memahami keduanya secara menyeluruh. Sudah siap belajar? Yuk langsung simak selengkapnya di bawah ini!

Apa Pengertian Internet Banking?

Internet banking adalah salah satu layanan yang disediakan bagi para nasabah untuk bisa melakukan berbagai aktivitas transaksi melalui website resmi bank. Jadi setiap nasabah tidak perlu lagi datang ke bank hanya untuk meminta riwayat mutasi rekening, informasi kurs, dan suku bunga. 

Umumnya apa yang bisa diakses oleh nasabah melalui website cukup lengkap. Beberapa di antaranya seperti: 

  • Transfer 
  • Pembayaran tagihan
  • Riwayat mutasi rekening
  • Informasi umum rekening tabungan atau giro
  • Pembelian e-commerce
  • Bantuan 

Melakukan semua transaksi dengan internet banking juga sudah dijamin aman karena setiap nasabah akan diberikan token. Token mengacu kepada alat kecil yang digunakan untuk memastikan keamanan transaksi. 

Jadi setiap kali ingin melakukan transaksi, token tersebut berguna untuk memasukkan kode atau pin khusus layaknya kamu menggunakan kartu debit dan kartu kredit. Selama kamu memiliki jaringan internet dan browser maka aktivitas banking bisa dilakukan dari mana saja dan kapan saja. 

Baca Juga: Internet Banking? Apasih Kelebihan & Kekurangannya

Apa Pengertian Mobile Banking?

Dari namanya sudah jelas bahwa mobile banking merupakan layanan yang disediakan oleh bank untuk menggunakan fasilitas transaksi melalui aplikasi. Tidak masalah alat elektronik apa yang digunakan, selama aplikasinya sudah terpasang maka kamu bisa mengaksesnya dengan mudah. 

Umumnya semua fitur yang tersedia dalam internet banking juga tersedia dalam mobile banking. Berikut contoh fitur-fiturnya:

  • Informasi rekening
  • Transfer 
  • Pembayaran
  • E-commerce 
  • Cardless
  • Bantuan 

Keamanan dalam aplikasi tidak membutuhkan token karena semua transaksi dan permintaan mutasi bisa langsung dilakukan dengan memasukkan pin yang telah dibuat sebelumnya. Aktivitas apa pun dalam mobile banking menggunakan pin khusus yang hanya kamu ketahui. 

Tetapi perlu diingat bahwa download aplikasinya saja belum cukup. Beberapa bank memerlukan permintaan kamu secara langsung dengan pergi ke kantor cabang terdekat untuk mengaktifkannya. 

Namun ada juga yang bisa diaktifkan melalui pesan SMS. Nantinya akan muncul OTP sebagai langkah verifikasi. Jika sudah aktif maka seluruh aktivitas banking bisa dilakukan seperti biasanya. 

Apa Saja Kelebihan dan Kekurangan Internet Banking?

Adanya internet banking sudah pasti memberikan banyak keuntungan. Kamu jadi lebih hemat waktu dan tenaga karena tidak perlu mengantre di kantor cabang bank terkait. Semua kemudahan ini bisa diakses melalui gadget apa pun. Tetapi perlu diketahui juga bahwa internet banking memiliki kekurangan yang perlu diwaspadai. Simak selengkapnya berikut ini. 

Kelebihan

Semua transaksi dan pembukaan rekening bisa dilakukan melalui internet banking. Kamu bisa mengecek informasi rekening, mutasi, transfer, dan masih banyak lagi. Hal ini juga membantu kamu menghemat pengeluaran untuk mencetak mutasi di bank karena semuanya bisa dilakukan hanya dengan membuka browser.

Kekurangan 

Kekurangan internet banking terletak pada media yang digunakan yaitu browser. Tidak bisa dimungkiri bahwa sampai hari ini semua orang perlu waspada terhadap aktivitas hacker yang bisa mencuri data pribadi kapan saja. 

Baca Juga: Digital Banking di Masa Pandemi?

Apa Saja Kelebihan dan Kekurangan Mobile Banking?

Keberadaan internet banking sudah sangat memudahkan nasabah, tetapi justru makin dipermudah dengan adanya mobile banking yang bisa dibuka melalui aplikasi. Tetapi kamu perlu sadar akan kelebihan dan kekurangannya agar penggunaan mobile banking bisa maksimal. 

Kelebihan 

Melakukan transaksi ataupun mencari informasi tertentu jadi sangat mudah dan cepat. Kamu hanya perlu membuka aplikasi di handphone lalu masukkan pin dan transaksi bisa dilakukan. Tampilan dan desain pengaturannya juga sudah disesuaikan sehingga semua kegiatan transaksi dapat dilakukan dengan sangat efektif. 

Keamanannya juga sudah teruji lebih aman karena menggunakan pin dan password pribadi yang hanya diketahui oleh nasabah. Semua transaksi sudah terenkripsi sehingga data dan uang yang diberikan akan terjaga dengan baik. 

Kekurangan

Keamanannya memang sudah terjamin tetapi sering kali pin dan password yang dibuat tidak kuat alias mudah ditebak. Selain itu masyarakat juga mudah terpengaruh oleh rayuan melalui telepon dan SMS mengenai hadiah atau promosi lainnya. 

Nasabah sering dengan mudah melakukan transaksi tanpa mengetahui identitas dibaliknya. Tidak heran kalau pada akhirnya banyak nasabah yang kehilangan uang ratusan juta rupiah.

Baca Juga: Tips Aman Transaksi Online Biar Nggak Kebobolan

Jadi Apa Perbedaan Internet Banking dan Mobile Banking?

Sekilas, Internet banking dan mobile banking memang tidak memiliki banyak perbedaan. Hampir semua keuntungan dan fitur bisa dirasakan nasabah yang menggunakan keduanya. Perbedaan yang paling terlihat hanya berada pada media yang digunakan dan cara mengaksesnya. 

1. Media yang Digunakan

Media yang digunakan oleh internet banking ialah browser yaitu melalui website resmi yang dimiliki oleh bank terkait. Sedangkan mobile banking menggunakan aplikasi yang di download melalui handphone atau tablet. 

2. Cara Mengaksesnya

Untuk bisa mengakses internet banking, diperlukan token sebagai alat untuk memasukkan pin dan kode. Tanpa token maka nasabah tidak bisa melakukan transfer atau pembayaran apa pun. 

Di samping itu penggunaan mobile banking tidak membutuhkan token. Setelah mobile banking diaktifkan maka nasabah bisa mengakses semua layanan dengan mudah dan cepat. Transfer atau pembayaran juga bisa dilakukan dalam hitungan detik. 

Itu dia perbedaan internet banking dan mobile banking yang perlu Sobat LINE Bank ketahui. Jadi mana yang kamu pilih? Saat ini hampir semua bank memiliki layanan internet banking sampai mobile banking. 

Tetapi ada juga yang hanya menyediakan salah satunya seperti LINE Bank. LINE Bank sendiri merupakan digital bank yang hanya bisa diakses melalui aplikasi yang sudah tersedia di Play Store dan App Store. 

Jadi tidak heran bahwa LINE Bank dalam termasuk ke dalam mobile banking. Semua transaksi, pembayaran, informasi rekening, dan lain sebagainya bisa kamu lakukan hanya melalui aplikasi. 

LINE Bank juga mengaplikasikan keamanan ganda sehingga seluruh transaksi yang kamu lakukan akan muncul dalam aplikasi LINE. Ada lagi satu fitur penting yang bisa kamu manfaatkan di LINE Bank yaitu multi rekening. 

Fitur ini memampukan kamu untuk membuat beberapa rekening sekaligus dalam satu akun sehingga manajemen keuangan bisa menjadi lebih rapi. Yuk langsung download aplikasi LINE Bank dan buat rekening tabungan sekarang juga!

Bagikan ke Temanmu
LINE BANK SEO Admin
LINE BANK SEO Admin
Articles: 324