Belum Tahu? Mari Mengenal Perbedaan GPN dan Mastercard Di Sini

Buat Sobat LINE Bank yang masih baru dalam dunia perbankan pasti akan kebingungan membedakan GPN dan Mastercard. Tidak hanya logonya yang berbeda tetapi arti serta fungsinya pun tidak sama.

Kamu pasti jadi bertanya-tanya “Apa perbedaan GPN dan Mastercard?” Jawabannya akan Sobat LINE Bank temukan ketika membaca informasi di artikel ini sampai akhir. Kalau begitu mari langsung saja simak selengkapnya di bawah ini! 

Apa Itu Kartu GPN?

Kartu GPN atau Gerbang Pembayaran Nasional merupakan suatu sistem pembayaran yang diterbitkan oleh Bank Indonesia. Adanya simbol tersebut dalam kartu debit atau kartu kredit menandakan bahwa pembayaran bisa dilakukan di semua mesin EDC yang tersedia di tempat perbelanjaan. 

Umumnya setiap kartu dari bank tertentu memiliki mesin EDC-nya masing-masing. Jadi dahulu kartu A tidak bisa digunakan dalam mesin EDC bank B dan begitu juga sebaliknya. Kartu A hanya bisa digunakan dalam mesin EDC bank A. 

Hal ini tentu menyebabkan masyarakat kesulitan dalam bertransaksi. Kalau tidak ada EDC dari bank yang digunakan maka kamu tidak bisa membayar, bukan? Itu sebabnya GPN hadir untuk memudahkan seluruh masyarakat Indonesia dalam bertransaksi. Tetapi perlu diingat bahwa kartu dengan simbol GPN hanya bisa digunakan dalam wilayah Indonesia saja. 

LINE Bank juga menyediakan debit card GPN yang bisa kamu gunakan di seluruh wilayah Indonesia. Untuk dapat menggunakannya, kamu hanya perlu melakukan pengajuan pembuatan melalui aplikasi LINE Bank lalu menunggu kartu diantarkan ke rumah. Mudah, bukan?

Baca Juga: Kartu Chip ATM ; Pengertian & Fungsinya

Apa Itu Kartu Mastercard?

Kartu Mastercard adalah sistem pembayaran yang diterbitkan oleh perusahaan asal Amerika Serikat bernama MasterCard Worldwide. Dari nama perusahaannya apakah kamu bisa menebak fungsi dari kartu Mastercard ini? 

Benar! Itu berarti Mastercard tidak hanya bisa digunakan di Indonesia tetapi sampai di seluruh dunia. Buat kamu yang suka traveling ke luar negeri maka memiliki kartu Mastercard sangat menguntungkan. Tidak perlu lagi susah-susah menukar uang karena kamu bisa langsung menggunakan kartu dengan simbol tersebut. 

Apa Saja Kelebihan Kartu GPN dan Mastercard?

Tentu saja kedua kartu memiliki kelebihannya tersendiri yang sangat berguna untuk melakukan pembayaran di berbagai tempat. Supaya tidak kebingungan, berikut masing-masing penjelasannya. 

GPN

Keberadaan kartu GPN tentu memudahkan seluruh transaksi pembayaran di berbagai tempat di Indonesia. Tanpa harus pusing memikirkan kartu mana yang harus digunakan maka nasabah bisa menggunakan kartu apa pun yang mereka punya. 

Masyarakat jadi tidak perlu membuka begitu banyak rekening tabungan hanya untuk melakukan pembayaran. Kini satu kartu bisa digunakan untuk pembayaran di merchant apa saja. Selain itu GPN juga unggul dalam biaya administrasi tambahan. Biayanya hanya 0,15% setiap kali kamu melakukan transaksi di berbagai merchant

Mastercard

Kartu Mastercard di sisi lain memiliki keunggulan berbeda yaitu dapat digunakan di negara apa saja. Bahkan hampir seluruh negara di dunia dapat menggunakan Mastercard sebagai sistem pembayaran mereka. Jadi kamu tidak perlu kebingungan saat ingin bepergian ke luar negeri saat uang cash sedikit. Gunakan saja kartumu yang memiliki simbol Mastercard. 

Baca Juga: Mengenal Nomor Kartu Debit dan Fungsinya

Apa Saja Kekurangan Kartu GPN dan Mastercard?

Meski keduanya menyuguhkan kemudahan transaksi dengan kelebihannya masing-masing, tetapi ada kekurangan yang tidak bisa dilewatkan begitu saja. Beberapa kekurangan di bawah ini perlu kamu sadari supaya penggunaannya benar-benar maksimal dan tidak ada yang membuat kaget pada waktu mendatang. 

GPN

Kekurangan dari GPN kemungkinan besar tidak akan dirasakan oleh nasabah tetapi justru berdampak kepada pihak merchant terkait. Hal ini secara khusus terjadi saat nasabah membayar dengan mesin EDC bank yang berbeda. 

Beban biaya sebanyak 1% akan ditagihkan kepada merchant. Andaikan bahwa kamu membayar barang sejumlah Rp150.000 maka total bersih yang akan diterima merchant adalah Rp148.500. 

Biaya sebesar Rp1.500 akan menjadi bagian bank dari mesin EDC yang digunakan. Penggunaan GPN juga sebenarnya membuat pihak bank harus mengeluarkan biaya lebih besar untuk menerbitkan kartu dengan jaringan GPN. 

Jika sebelumnya bank sudah mengeluarkan biaya untuk penerbitan kartu dengan logo Mastercard atau Visa maka kali ini harus menambah GPN. Terakhir, GPN juga hanya bisa digunakan di Indonesia. Jadi saat ingin melakukan perjalanan keluar setidaknya kamu perlu memiliki kartu Mastercard atau Visa. 

Master Card

Berbeda dengan GPN yang memiliki biaya per transaksi 0,15%, Mastercard justru dikenakan biaya yang lebih besar yakni 1%. Meski hanya 1%, tentu kalau kamu gunakan transaksi berkali-kali maka tambahan biayanya akan sangat terasa. Penggunaan kartunya juga hanya bisa digunakan selama merchant memiliki mesin EDC khusus untuk Mastercard. 

Baca Juga: Apasih Sebenarnya Perbedaan Kartu ATM dan Kartu Debit?

Apa Saja Perbedaan GPN dan Mastercard?

Dari informasi yang sudah dijelaskan di atas, apakah kamu menyadari perbedaan kedua kartu tersebut? Ada beberapa poin yang bisa disimpulkan yaitu: 

  1. GPN hanya bisa digunakan di Indonesia tetapi Mastercard dapat digunakan sampai ke seluruh dunia. 
  2. Perusahaan yang menerbitkan GPN adalah Bank Indonesia sedangkan Mastercard diterbitkan oleh perusahaan Amerika Serikat bernama MasterCard Worldwide. 
  3. Biaya tambahan yang dikenakan GPN lebih rendah yaitu hanya 0,15%. Di sisi lain Mastercard mengenakan biaya tambahan per transaksi sebesar 1%.
  4. Cara menggunakan kartu GPN di seluruh Indonesia mudah karena bisa melalui mesin EDC apa saja. Penggunaan kartu Mastercard di Indonesia hanya bisa dilakukan ketika merchant menyediakan mesin EDC khusus Mastercard. 
  5. Logo keduanya sudah pasti berbeda. GPN ditulis dengan simbol burung Garuda yang di atasnya terdapat tulisan “GPN”. Logo Mastercard digambarkan dengan dua lingkaran yang saling beririsan berwarna merah dan kuning. Tulisan “mastercard” terdapat di bagian bawah dari 2 lingkaran tersebut. 

Demikian informasi mengenai perbedaan GPN dan Mastercard yang perlu kamu pahami. Jadi kartu apa yang Sobat LINE Bank punya? Atau belum punya keduanya sama sekali? Kamu bisa loh membuat kartu debit yang memiliki simbol GPN atau Visa (sebagai pengganti Mastercard) di LINE Bank. 

LINE Bank merupakan digital bank yang menyediakan layanan aktivitas banking berbeda dari biasanya. Sobat LINE Bank bisa bertransaksi, melakukan pembayaran bulanan atau e-commerce dengan mudah dan cepat. 

Langsung saja download aplikasi LINE Bank dan buka rekening tabungan kamu sekarang juga! Tidak perlu ragu menggunakannya karena LINE Bank sudah memiliki izin dari OJK. Keamanannya pun terjaga karena semua aktivitas transaksi akan masuk ke notifikasi di aplikasi LINE. 

Jadi kamu bisa memastikan bahwa tidak akan ada riwayat transaksi yang terlewat. Nikmati semua kemudahan dan manfaat hanya untuk Sobat LINE Bank sekarang!

Bagikan ke Temanmu
LINE BANK SEO Admin
LINE BANK SEO Admin
Articles: 324