Apasih Sebenarnya Perbedaan Kartu ATM dan Kartu Debit?

Memang transaksi secara nontunai sudah lazim digunakan masyarakat Indonesia. Namun masih bingung membedakan kartu debit dan kartu ATM? Faktanya kartu ATM dan kartu debit memiliki fungsi yang sama lho, hanya perbedaan istilah saja.

Kartu debit diterbitkan oleh bank kepada nasabah sebagai sumber dana utama yang saldonya berasal dari pendapatan, tabungan, maupun simpanan. Demi efisiensi dalam penggunaannya, kartu ATM dan debit digabung menjadi satu kartu.

Adapun kartu itu akan disebut sebagai kartu ATM ketika difungsikan untuk melakukan tarik tunai melalui mesin ATM. Sementara ketika transaksi dilakukan melalui mesin electronic data capture (EDC), kartu itu akan berfungsi sebagai pembayaran debit.

Mekanisme nya adalah kartu debit diproses dengan cara menggesekkan kartu ke mesin EDC. Setelah digesek, pengguna mengisi PIN pada mesin EDC.

Selanjutnya, akan terjadi proses online untuk verifikasi data dan kecukupan saldo pemegang kartu yang ada pada database server penerbit kartu. Kemudian mesin EDC akan mengeluarkan bukti transaksi yang akan ditandatangani oleh pemegang kartu yang melakukan transaksi.

Kartu ATM ini dapat digunakan untuk pembayaran secara debit di minimarket, supermarket, restoran, butik, toko elektronik selama toko-toko tersebut menyediakan EDC bagi kartu berlogo Visa dan Mastercard.

Tak hanya itu, kartu ATM atau kartu debit juga memiliki berbagai keunggulan lainnya, antara lain:

  1. Praktis dan mudah digunakan di banyak tempat
  2. Tidak terdapat bunga bank
  3. Tidak memiliki batas penggunaan selama saldo nasabah mencukupi.

Pada penampakan fisiknya pada bagian depan bawah kartu kartu ATM atau kartu debit ini terdapat tulisan debit dekat logo Visa atau MasterCard. Selain itu, terdapat nama bank penerbit tercetak di sudut kanan atas kartu. Lalu, pada terdapat 3 atau 4 digit kode yang merupakan identitas pengguna yang tercatat di bank penerbit dan pada bagian belakang bawah kartu terdapat nama jaringan transaksi keuangan, biasanya terdapat nama Prima, Cirrus, dan ATM Bersama.

Melihat pentingnya kegunaan kartu debit dalam berbagai keperluan terkait transaksi perbankan, maka itu anda sangat memerlukan Kartu debit. Caranya mudah, kamu hanya perlu download aplikasi LINE Bank melalui AppStore dan PlayStore di sini ya!

Selain itu baca juga, tips menarik mengenai keuntungan kartu kredit dan debit ya!

Bagikan ke Temanmu
LINE Bank Admin
LINE Bank Admin

A Different Experience of Digital Banking, LINE Bank. LINE Bank is a caring friend, someone that’s easy to get along with. LINE Bank is also a trusted companion, providing smart solutions to all financial issues.

Articles: 285