Memahami Pengertian Rekening, Jenisnya, dan Kegunaannya.

Ketahui pengertian, jenis, manfaat di bawah ini!

Secara umum pengertian rekening adalah sederet nomor unik yang berfungsi sebagai alat transaksi. Setiap orang boleh memiliki rekening lebih dari satu, namun susunannya tetap berbeda-beda. Hal ini bertujuan untuk melacak dan mencatat tiap transaksi milik individu agar dapat diketahui waktu, nominal, bahkan lokasinya.

Seiring dengan kemajuan teknologi di bidang finansial, kepemilikan rekening adalah hal wajib bagi hampir setiap orang. Hal tersebut dipicu oleh semakin meratanya layanan perbankan sebagai media transaksi. Nah, pada artikel kali ini, akan dijelaskan mengenai Rekening lebih detail. Yuk mari disimak!

Pengertian Rekening

Seperti yang telah dijelaskan diatas, rekening adalah nomor yang digunakan untuk transaksi di bank, mulai dari menabung, tarik tunai, hingga pengecekan saldo baik secara langsung maupun melalui internet atau mobile banking.

Ketika membuka tabungan di suatu bank, setiap nasabah akan mendapatkan kombinasi nomor berbeda-beda. Tujuannya adalah sebagai rekam jejak transaksi seseorang sehingga mempermudah bank dalam melakukan pendataan nasabah maupun pelacakan mutasi saldo untuk kepentingan tertentu.

Jenis-Jenis Rekening

Baiknya jika ingin membuat rekening, nasabah harus membedakabn rekening satu sama lain. Supaya lebih tertata pengeluaran dan pemasukanmu. Selain itu, jenis rekening pun beragam yang mana harus kamu pahami betul-betul. Di antaranya sebagai berikut:

  1. Rekening Aktif
    Rekening aktif ditandai oleh adanya mutasi saldo melalui penarikan atau setoran dan masih terdapat nominal tabungan yang cukup di dalamnya.
  2. Rekening Mati
    Jenis ini merupakan implikasi dari tidak adanya transaksi yang dilakukan. Jadi, ketika nasabah tidak menggunakan rekening untuk penarikan atau penyetoran dalam jangka waktu tertentu, maka bank akan menonaktifkannya.
  3. Rekening Giro
    Current Account atau rekening giro adalah produk bank berupa simpanan milik nasabah perorangan maupun badan usaha dalam bentuk rupiah atau mata uang asing, yang penarikannya bisa dilakukan kapanpun dengan menggunakan bilyet giro dan warkat cek.
  4. Rekening Koran
    Rekening koran adalah laporan rincian transaksi individu maupun badan usaha, debit-kredit serta rangkuman riwayat transfer yang hanya bisa dicetak minimal dalam jangka waktu 1 bulan. Biasanya, bank akan mencetakkan riwayat transaksi ini dan mengirimkan kepada nasabah. Namun seiring perkembangan teknologi, kini rekening koran dapat diunduh dimana saja tanpa jangka waktu.
  5. Rekening Bersama
    Tak hanya individu, kini satu rekening dapat dimiliki atas nama dua orang atau lebih, baik pasangan, maupun mitra bisnis. Dengan demikian, transaksinya bisa dilakukan secara bersama-sama.

Kegunaan Rekening

Kepemilikan atas suatu rekening bank akan memberikan Anda beberapa manfaat sebagai berikut :

  1. Alat pembayaran baik melalui transfer maupun pemotongan rekening tabungan.
  2. Syarat pengajuan pinjaman, kredit, maupun KTA pada tempat nasabah terdaftar.
  3. Media transaksi antara dua atau lebih nasabah.
  4. Persyaratan untuk menabung di bank.
  5. Media untuk menerima dan mengirim uang.

Melihat pentingnya kegunaan rekening dalam berbagai keperluan terkait transaksi perbankan, maka itu anda sangat memerlukan rekening apalagi ada fitur multiple saving dimana kamu bisa memiliki beberapa tabungan dalam satu rekening. Kamu juga bisa download aplikasi LINE Bank melalui AppStore dan PlayStore di sini ya!

Gimana, sudah siap belum punya rekening? Yuk, buat dari sekarang lewat online! Kamu juga bisa cek tips pembuatan rekening online disini!

Bagikan ke Temanmu