Gimana Sih Cara Menabung yang Benar?

Pada dasarnya menabung adalah hal dasar dalam pengelolaan keuangan. Tujuan menabung, yaitu menyiapkan dana untuk masa depan. Namun sayangnya, masih ada saja orang yang kesulitan menabung. Yuk mulai menabung dengan cara yang benar agar keuangan kamu terjamin. Berikut tipsnya , Yuk disimak!

Menabung

1.Menyisihkan Uang di Awal

Kesalahan banyak orang, mungkin termasuk kamu adalah tidak menjadikan menabung sebagai prioritas pengeluaran. Sehingga, begitu setiap kali menerima gaji atau mendapatkan penghasilan, yang diutamakan selalu belanja kebutuhan dan keinginan. Ketika di pertengahan bulan, gaji sudah habis. Tidak punya sisa uang untuk ditabung.

Maka dari itu, saat gaji sudah masuk ke rekening, langsung sisihkan 10 persen atau lebih dari penghasilan untuk tabungan. Jangan menunggu dari sisa gaji Karena faktanya tidak akan pernah sisa. Justru keuangan malah terancam defisit karena terlalu boros dan gagal menabung.

2.Gunakan metode menabung yang mudah

Sebenarnya tidak ada patokan harus menabung 10 persen dari gaji atau penghasilan. Gunakan metode menabung yang menurutmu mudah. Tidak memberatkan keuangan, terutama buat kamu yang gajinya pas-pasan. Kamu bisa memulai menabung dengan nominal kecil atau uang receh yang dilakukan tiap hari. Mulai dari nominal Rp 500, Rp 1.000, Rp 2.000, Rp 5.000, Rp 10.000, Rp 20.000. Tabung di celengan, toples, galon bekas, atau wadah lainnya. Maka dari itu lambat laun menabung akan menjadi kebiasaan.

3.Buka Rekening Tabungan

Bukalah Rekening Tabungan yang mana, Rekening tabungan ini berbeda dengan rekening gaji, supaya dananya tidak campur aduk. Bisa juga dari rekening gaji ditransfer ke rekening tabungan sesuai alokasi menggunakan sistem autodebet. Jadi, kamu tidak akan lupa menabung. Pilih rekening tabungan yang menawarkan gratis biaya administrasi atau yang biayanya rendah. Paling penting, sesuai kebutuhan dan kondisi finansialmu, terutama dalam hal setoran.

4.Tambah Setoran Tabungan Dari Dana Nganggur

Setiap tahun biasanya ada kenaikan gaji, bonus, maupun Tunjangan Hari Raya (THR) dari perusahaan. Jangan habiskan uang tersebut untuk foya-foya. Lebih baik ditabung agar dapat mencapai target atau tujuan keuanganmu. Misalnya setiap tahun gaji naik 5 persen. Dari yang sebelumnya alokasi tabungan 10 persen, ditambah menjadi 13 persen atau 15 persen. Dapat bonus dan THR dari kantor, masing-masing separuhnya simpan ke tabungan. Separuhnya lagi bisa kamu gunakan untuk kebutuhan lainnya.

5.Singkirkan Wish List Yang Tidak Penting

Kebanyakan wish list atau daftar barang yang ingin kamu beli bisa menjebakmu pada belanja konsumtif. Padahal nyatanya kamu tidak butuh. Hanya sekadar ikut-ikutan, takut ketinggalan yang lain.

Singkirkan wish list yang tidak penting. Belanja lah barang yang memang sangat kamu butuhkan. Bijak dalam menggunakan uang di masa muda agar hidup tenang di hari tua.

Pada intinya belajar menabung saja dulu, agar terbiasa menyisihkan uang. Jika komitmen kamu menabung harian, mingguan, atau bulanan, realisasikan lah sesuai rencana. Supaya dapat membentuk kebiasaan dalam dirimu.

Demikian informasi mengenai cara menabung di bank yang baik dan benar. Sekarang, waktunya Sobat LINE Bank menerapkan ilmu yang telah dipelajari, yaitu menabung di bank secara rutin. 

Sobat LINE Bank dapat membuka rekening tabungan di LINE Bank tanpa harus datang ke kantor cabang, cukup dengan download aplikasinya dan ikuti instruksinya. Praktis bukan? Yuk download aplikasinya sekarang juga!

Baca Juga: Jangan Sampai Menyesal! Ini 7 Manfaat Menabung Sejak Dini yang Perlu Kamu Tahu

Bagikan ke Temanmu
LINE Bank Admin
LINE Bank Admin

A Different Experience of Digital Banking, LINE Bank. LINE Bank is a caring friend, someone that’s easy to get along with. LINE Bank is also a trusted companion, providing smart solutions to all financial issues.

Articles: 285