Tips Menabung yang Mudah Diterapkan

Tips menabung

Menabung adalah suatu keharusan yang dilakukan di masa yang sekarang ini, berikut tips yang bisa kamu terapkan untuk mencapai tujuan menabung, baik untuk untuk jangka pendek ataupun jangka panjang.

1. Catat Pengeluaran

Catat semua pengeluaran , mulai dari kebutuhan sehari-hari, seperti makanan hingga tagihan bulanan rutin. Gunakan cara yang dirasa paling mudah, misal sesederhana menggunakan pensil dan kertas, atau menggunakan spreedsheet, atau bahkan menggunakan aplikasi pelacak pengeluaran yang tersedia di PlayStore atau AppStore atau kamu bisa menggunakan rekening LINE Bank multi rekening guna mengatur dan memisahkan seluruh keuangan mu! Klik disini ya!

Setelah kamu mengetahuinya informasi di setiap pengeluaran, maka selanjutnya kamu dapat mengurutkannya sesuai kategori lalu menjumlahkannya. Cek juga kartu kredit dan laporan mutasi bank untuk memastikan apakah kamu telah menginput keseluruhan pengeluaran dengan benar.

2. Sisipkan Rencana Berhemat

Setelah kamu mengetahui apa saja yang telah kamu belanjakan dalam sebulan, kamu dapat mulai membuat anggaran atau budgeting. Anggaran yang dibuat harus menunjukkan berapa jumlah pengeluaran dan penghasilan. Dengan demikian, kamu dapat merencanakan berapa banyak uang yang harus dikeluarkan dan tentunya untuk membatasi pengeluaran yang berlebihan.

3. Kurangi Pengeluaran

Jika kamu tidak dapat menabung sebanyak yang diinginkan, mungkin sudah waktunya untuk mengurangi pengeluaran.

4. Tetapkan tujuan tabungan

Salah satu cara terbaik untuk menghemat uang adalah dengan punya tujuan. Mulailah berpikir apa sebenarnya tujuan menabung. Apakah itu untuk jangka pendek satu sampai tiga tahun) ataukah jangka panjang (empat tahun atau lebih).

Kemudian perkirakan berapa banyak uang yang diperlukan dan berapa lama waktu yang diperlukan bisa menabung memenuhi target tersebut. Tujuan umum jangka pendek: Dana darurat (biaya hidup tiga sampai sembilan bulan), liburan atau uang muka mobil Tujuan umum jangka panjang: Uang muka untuk rumah atau proyek renovasi, pendidikan atau pensiun anak.

5. Tentukan Prioritas Keuangan 

Setelah mengetahui pengeluaran dan pendapatan, secara tidak langsung tujuan akan mengikuti bagaimana mengalokasikan tabungan. Pastikan untuk terus mengingat tujuan jangka panjang, seperti persiapan dana pensiun.

6. Pilih Produk yang Tepat

Ada banyak rekening tabungan dan investasi yang cocok untuk tujuan jangka pendek dan jangka panjang. Kamu dapat memilihnya sesuai kebutuhan. Perhatikan baik-baik semua opsi dan pertimbangkan saldo minimum, biaya, suku bunga, risiko, dan seberapa cepat kamu membutuhkan uang.

7. Perhatikan Nominal Tabungan

Tinjau anggaran dan periksa progress keuangan yang kamu tabung setiap bulan. Itu akan membantu kamu tidak hanya berpegang pada rencana tabungan pribadi mu, tetapi juga mengidentifikasi dan memperbaiki suatu masalah. Memahami cara menghemat uang tentu dapat menginspirasi kamu untuk memilih strategi yang efektif untuk mencapai tujuan dengan lebih cepat.

Itulah informasi mengenai tips menabung di bank yang mudah dilakukan. Sekarang, waktunya Sobat LINE Bank menerapkan ilmu yang telah dipelajari, yaitu menabung di bank secara rutin. 

Sobat LINE Bank dapat membuka rekening tabungan di LINE Bank tanpa harus datang ke kantor cabang, cukup dengan download aplikasinya dan ikuti instruksinya. Praktis bukan? Yuk download aplikasinya sekarang juga!

Bagikan ke Temanmu
LINE Bank Admin
LINE Bank Admin

A Different Experience of Digital Banking, LINE Bank. LINE Bank is a caring friend, someone that’s easy to get along with. LINE Bank is also a trusted companion, providing smart solutions to all financial issues.

Articles: 277