Kartu Chip ATM ; Pengertian & Fungsinya

Beberapa bank mewajibkan nasabahnya untuk mengganti kartu debit miliknya dengan kartu chip. Hal ini karena kartu debit yang menggunakan chip dinilai lebih aman saat melakukan transaksi.

Dilansir dari laman visa.co.id, kartu chip adalah kartu pembayaran yang di dalamnya terdapat microchip. Microchip yang menawarkan kekuatan komputasi chip membuat kartu debit memiliki tingkat keamanan tambahan.

Kartu Chip ATM

Fungsi Kartu Chip

Kartu chip yang digunakan bersamaan dengan nomor identifikasi pribadi (PIN) membuat kartu chip menjadi aman karena dapat mencegah kartu dipalsukan. Selain itu, kartu ATM / debit dengan chip apabila digunakan untuk bertransaksi juga tidak mengandung data yang dapat digunakan untuk memalsukan chip atau melakukan transaksi chip yang tidak sah dengan menggunakan data dari transaksi yang terakhir.

Dilansir dari laman jaringanprima.co.id, kartu chip yang menghasilkan kriptogram atau rangkaian angka yang berbeda-beda juga membuat transaksi menjadi lebih aman karena data sulit digandakan. Kriptogram sendiri adalah teknologi yang digunakan sebagai upaya anti-fraud dan anti skimming pada rekening nasabah.

Penggunaankartu ATM / debit dengan teknologi chip yang aman membuat negara-negara Eropa dan Asia telah banyak menggunakannya karena terbukti sangat efektif dalam mengurangi penipuan. Hal ini membuat para pemegang kartu yang bepergian ke luar negeri perlu menggunakan PIN yang mereka buat sebelumnya untuk memverifikasi transaksi kartu chip mereka.

Kartu debit yang menggunakan chip juga memiliki penyimpanan yang lebih besar. Hal ini membuat transaksi kartu debit menjadi lebih cepat. Penyimpanan chip yang besar membuat data yang tersimpan di dalam kartu debit dapat dibaca dengan lebih mudah oleh mesin ATM atau EDC.

Nominal transaksi kartu debit chip juga lebih besar. Bank Indonesia (BI), misalnya menaikkan batas tarik tunai lewat mesin ATM dari yang semula Rp 10 juta per hari menjadi Rp 15 juta per hari. Sementara itu, transfer yang semula maksimal Rp 25 juta per hari menjadi Rp 50 juta per hari.

Nah untuk Sobat LINE Bank disini, kalian sudah punya belum kartu chip di kartu ATM mu yang pastinya jauh lebih aman! Pokoknya banyak deh keuntungan memiliki kartu chip di kartu debit mu!

Jika kamu tertarik untuk memiliki rekening yang terpercaya, pasti aman dan ngga pake ribet, LINE Bank solusinya! Caranya cek link berikut ya untuk download!

Baca juga : Debit Vs Kredit.

Bagikan ke Temanmu