Definisi Investasi dan Jenis-jenisnya

Definisi investasi adalah salah satu faktor strategis dalam kegiatan perekonomian. Atau biasa disebut dengan penanaman modal. Simple nya Investasi adalah aktivitas penanaman uang atau modal (aset berharga) untuk tujuan memperoleh keuntungan.

Definisi Investasi?
sumber : kompas

Lalu, apa Itu definisi investasi menurut para ahli dan lembaga :

Pengertian Investasi

1. Reilly & Brown

Investasi adalah kesediaan seseorang untuk mengalokasikan uang dalam nilai tertentu di masa sekarang guna memperoleh penerimaan di hari yang akan datang.

2. Bodie, Kane & Marcus

Investasi merupakan kesediaan seseorang mengalokasikan uang atau sumber daya berharga nya saat ini dan menahannya hingga waktu yang ditentukan agar menerima keuntungan (laba) di kemudian hari.

3. Otoritas Jasa Keuangan (OJK)

Investasi adalah penanaman modal yang biasanya dilakukan dalam jangka panjang, untuk pengadaan pembelian saham-saham dan surat berharga lain untuk memperoleh keuntungan.

Jenis-jenis Investasi

Ada berbagai bentuk atau jenis investasi. Beberapa Jenis investasi adalah

1.Investasi Properti

Investasi properti adalah investasi berbentuk fisik. Secara umum, Investasi properti bisa sangat menguntungkan, karena harganya akan terus meningkat setiap tahun. Contoh investasi properti adalah membeli tanah, dan membeli rumah yang kemudian bisa dijual atau disewakan.

2. Investasi Emas

Emas adalah bentuk investasi termudah yang paling klasik. Investasi emas bisa berupa logam mulia, perhiasaan, emas batangan, dsb.

3.Investasi Reksa Dana

Investasi reksa dana diartikan sebagai wadah yang digunakan untuk menghimpun dana dana bersama para pemodal untuk diinvestasikan dalam portofolio manajer investasi.

4. Investasi Deposito

Investasi deposito digunakan jika uang yang ada ingin disimpan dalam jangka waktu cukup panjang. Jangka waktu deposito antara 3 sampai 12 bulan. Jenis Deposito yang biasa dipilih generasi milenial adalah deposito berjangka, sertifikat deposito, dan deposito on call.

Jika kamu tertarik untuk melakukan deposito, kamu dapat melakukannya di LINE Bank. Buka rekening deposito di LINE Bank sekarang juga dan dapatkan keuntungannya! Download sekarang juga ya di App store atau Play store mu di sini!

Baca Juga: Apasih Bedanya Tabungan dan Deposito?

5. Investasi Saham

Saham adalah tanda kepemilikan dalam suatu perusahaan. Semakin tinngi risiko suatu saham, maka semakin tinggi pula keuntungan yang akan didapatkan, sehingga diperlukan kemampuan analisa ketepatan untuk penempatan modal untuk investasi.

Baca Juga: Jenis-jenis investasi supaya makin cuan

Nah itu dia definisi investasi dan jenis-jenis nya, Buat kamu para milenial yang baru mulai investasi bisa banget lhocoba yang simple dulu dengan nabung deposito. Di LINE Bank tersedia layanan tabungan deposito yang pastinya nguntungin banget! Tunggu apalagi yuk cek disini info lebih lanjut!

Bagikan ke Temanmu