Tips Liburan Murah dan On Budget

Setiap orang pasti mempunyai keinginan untuk bepergian atau travelling. Tapi biasanya keinginan tersebut hilang oleh karena mahalnya biaya. Apakah kamu salah satu orang yang demikian? Kamu tidak perlu khawatir, karena ada beberapa tips untuk liburan murah dan masih on budget bagi Anda yang ingin bepergian keluar kota atau bahkan ke luar negeri. Check it out!

Tips Liburan Murah

Tips Liburan Murah

Simak beberapa tips berikut ini yang dapat menolong Anda dalam mengatur liburan Anda yang menyenangkan dengan budget minimum :

1. Lakukan Riset dan Minta Pendapat Yang Sudah Berpengalaman

Pada saat Kamu menentukan liburan, lakukanlah riset, dan tentukan liburan ke tempat yang memang sesuai dengan budget yang kamu siapkan.

Oleh karena itu, kamu harus mencari informasi, bertanya kepada teman-teman yang sudah berpengalaman dan berkonsultasi bagaimana trik agar bisa berlibur dengan menggunakan budget seminimal mungkin.

2. Pergi Pada Saat Low Season

Bagi kamu yang senang dengan travelling, sudah bukan rahasia lagi bahwa jika kamu bepergian pada saat high season (seperti pada saat liburan, atau pada saat bulan-bulan tertentu), harga tiket pesawat maupun harga penginapannya akan menjadi lebih mahal berkali-kali lipat.

Hindari bepergian pada high season, cari waktu untuk bepergian pada saat low season, dimana orang-orang tidak banyak berlibur.

3. Buat Perincian Biaya

Satu hal yang penting untuk mengontrol pengeluaran yang tidak perlu adalah membuat perincian biaya perjalanan. Tentukan budget minimal yang diperlukan untuk transportasi, akomodasi, dan biaya makan sehari-hari, kemudian lebihkan budget untuk berjaga-jaga.

Dengan adanya budget awal, kamu akan mendapat batasan untuk pengeluaran dan terhindar dari biaya-biaya yang tidak perlu. Yuk buat perincian dana liburan, dan hitung dananya menggunakan Aplikasi Finansialku. 

4. Jangan Menginap di Hotel Berbintang

Kalau menginap di hotel membutuhkan biaya yang tidak sedikit. Hal ini akan membuat pengeluaran kamu semakin meningkat.

Untuk menyiasatinya, kamu bisa mencari tempat penginapan yang layak untuk ditinggali atau mencari rumah setempat yang bisa menyewakan kamar.

Cara untuk mencari penginapan atau rumah seperti demikian di tempat wisata juga sudah semakin mudah, salah satunya lewat media online dengan memanfaatkan situs tertentu.

Cukup dengan mendaftar di situs itu, kamu dapat menemukan penginapan atau rumah dengan membayar sejumlah biaya.

Hebatnya, biaya yang dikeluarkan bisa lebih murah daripada hotel, dan ini bisa menjadi solusi agar liburan Anda menjadi lebih murah.

5. Hindari Berbelanja di Tourist Spot

Semua yang ada di tourist spot pada umumnya mahal. Batasi pengeluaran semaksimal mungkin dan tahan keinginan untuk membeli souvenir di dalam tourist spot ini, karena dapat dipastikan harganya akan sangat mahal dibandingkan membelinya di tempat lain.

6. Carilah Teman Perjalanan

Jika ingin berlibur dengan biaya yang lebih murah, maka berliburlah bersama teman-teman kamu. Kamu dapat menghemat biaya penginapannya karena dapat memilih kamar untuk kapasitas orang lebih banyak.

Kamu juga bisa mendapatkan paket rombongan di tempat wisata, sehingga menghemat pengeluaran. Meskipun begitu, cara ini dianggap kurang cocok jika kamu ingin liburan sendiri atau hanya dengan orang terdekat.

7. Cek Tiket Pesawat Secara Berkala

Tiket pesawat biasanya ada yang melakukan promo pada saat-saat tertentu. Terkadang kita tidak menyadari bahwa maskapai penerbangan tersebut sedang menjual harga tiket pesawat dengan promo.

Oleh karena itu, jika ingin melakukan perjalanan dengan lebih murah, kamu harus mengecek harga tiket pesawat secara berkala, sampai menemukan yang sesuai dengan budget .

8. Gunakan Angkutan Umum

Hindari menggunakan transportasi pribadi dalam perjalanan travelling. Selain untuk menghemat biaya pengeluaran, kamu pun akan lebih leluasa untuk berpindah dari obyek wisata satu ke yang lain, tanpa harus memikirkan kendaraan.

9. Makan Di Tempat Makan Lokal

Ketika berkunjung ke tempat rekreasi, satu hal yang mesti diperhatikan adalah biaya makan. Hindari untuk makan di restoran mewah. Dan jika makan di rumah makan di tempat wisata tersebut, harganya selalu lebih mahal dari makanan yang dijual di luar tempat wisata.

Oleh karena itu, untuk menyiasatinya, kamu bisa makan di daerah sekitar tempat wisata, seperti jajanan tradisional atau warung makan yang lebih murah.

10. Kunjungi Tempat Wisata Baru

Wahana atau tempat wisata yang baru dibangun atau baru didirikan bisa menjadi tempat wisata hemat alternatif bagi mu. Karena biasanya tempat wisata yang baru dibuka akan selalu menyediakan harga promo yang murah.

Berbeda halnya dengan tempat wisata yang sudah terkenal. Biasanya mereka selalu menaikkan harga tiketnya ketika liburan berlangsung atau sudah memberikan harga normal tanpa promo.

Nah itu dia tips liburan murah, namun ada satu hal yang terpenting ketika melakukan perjalanan liburan, yaitu menikmati liburan dan mendapatkan pengalaman.

Punya tujuan keuangan tapi bingung cara wujudkannya? Yuk, wujudkan bersama LINE Bank. Gunakan fitur KTA ataupun depositnya. Caranya mudah lho , cukup download aplikasi nya disini ya!

Baca juga : Tips Liburan ala backpacker

Bagikan ke Temanmu