Ingin Pensiun Dini? Lakukan 5 Tips Bebas Finansial Berikut Ini!

Ingin menyandang status financial freedom sejak muda? Berarti Sobat LINE Bank perlu tahu beberapa tips bebas finansial yang akan dijelaskan pada artikel ini. Status bebas finansial yang ingin dicapai bukan ditujukan untuk pamer atau merendahkan orang lain. 

Status tersebut sebenarnya membantu kamu untuk mendapatkan kehidupan yang lebih baik. Tidak percaya? Langsung saja simak informasi di bawah ini untuk menyelami lebih jauh kehidupan dengan status bebas finansial. 

Apa Itu Kebebasan Finansial?

Kebebasan finansial merupakan suatu keadaan hidup yang tidak lagi terbeban karena kekurangan uang. Jadi setiap keputusan yang diambil tidak ditimbang berdasarkan kemampuan keuangan seperti yang dilakukan oleh kebanyakan masyarakat Indonesia. 

Tetapi sudah berdasarkan keuntungan atau manfaat yang bisa mereka terima. Contohnya ketika kamu ingin membeli tas baru karena tas yang lama sudah jelek. Saat keadaan bebas keuangan sudah kamu rasakan maka berapa pun harga tas yang dijual di pasaran tidak akan menjadi masalah. 

Kamu bisa dengan mudah memilih tas yang menjadi kesukaan tanpa harus pusing apakah uang yang ada di rekening cukup atau tidak. Keadaan tersebut tentu berbeda kalau kamu belum sampai di level kebebasan finansial. 

Meski tas tersebut bagus dan berkualitas kamu pasti tidak akan membelinya karena nilai jualnya terlalu tinggi. Singkatnya, kamu tidak punya jumlah uang sesuai harga tas tersebut di rekening tabungan. 

Itu sebabnya hidup dengan menyandang status kebebasan finansial bukan untuk menunjukkan bahwa kamu pribadi yang hebat. Lebih jauh status tersebut membuat kamu bisa menikmati kehidupan secara lebih baik, tenang, dan tidak perlu khawatir berlebihan. 

Baca Juga: Kenali Financial Independence, Pensiun Lebih Cepat!

Apa Saja Tahapan dari Kebebasan Finansial?

Kebebasan finansial memang tidak mudah diraih. Namun bukan berarti mustahil dilakukan. Benar bahwa usaha yang perlu dikerahkan sangat besar tetapi akhirnya jerih payahmu akan terbayarkan. Berikut beberapa tahapan yang perlu dilakukan untuk mencapai kebebasan finansial. 

Level 1 – Clarity

Tahapan pertama, kamu perlu memahami keadaan keuangan pribadi yang ada sekarang. Pahami kesehatan keuanganmu dengan membandingkan pendapatan dan pengeluaran. Apabila jumlah pengeluaran lebih besar dari pendapatan maka keuanganmu bisa dikatakan tidak sehat. 

Mengetahui hal tersebut akan membantu kamu menyadari di mana posisi awal keuangan saat ini dan ke arah mana tujuan yang ingin dicapai. Kamu jadi bisa memperkirakan berapa banyak uang yang harus dikumpulkan serta cara mana yang efektif untuk mencapai tujuan tersebut.

Level 2 – Self-sufficiency

Dalam tahap ini kamu sudah mulai bisa mencukupi semua kebutuhan dengan penghasilan yang sudah diusahakan. Maksudnya kamu sudah memiliki pekerjaan serta bisa mengatur keuangan dengan lebih baik dari sebelumnya. Setidaknya pada tahap ini kamu tidak lagi meminta uang kepada orang tua setiap ingin membeli sesuatu. 

Level 3 – Breathing Room

Ada begitu banyak orang yang bisa menghidupi diri mereka sendiri namun menggunakan cara yang salah. Sebagai contoh, kehidupan mereka didasarkan pada utang dan bukan penghasilan. Biaya pokok yang dikeluarkan masih jauh lebih besar daripada jumlah penghasilan yang didapatkan. 

Level 4 – Stability

Pada tahap ini kamu sudah memiliki keadaan keuangan yang stabil. Jadi pembayaran utang sudah lancar dan tidak lagi menjadi masalah. Kemudian kamu sudah berhasil mengumpulkan sejumlah uang untuk tabungan dan dana darurat yang setara dengan 6 bulan biaya pokok bulanan. 

Level 5 – Flexibility

Level 5 menandakan bahwa kamu bisa hidup tanpa bekerja selama 1 tahun. Itu berarti jumlah uang yang tersedia di tabungan sudah sangat banyak atau setara dengan akumulasi pengeluaran bulanan selama 2 tahun. Kamu jadi punya kesempatan untuk memilih berbagai macam pilihan yang tersedia. 

Level 6 – Financial Independence

Financial independence atau kemandirian finansial merupakan keadaan kehidupan seseorang yang tidak perlu lagi bekerja namun tetap bisa memenuhi kebutuhan pokok dari hasil investasi. 

Jadi di tahap ini orang tersebut sudah bisa pensiun dan bisa menikmati kehidupan tanpa harus khawatir apa yang akan dimakan atau dipakai keesokan harinya.

Level 7 – Abundant Wealth 

Seperti namanya, di tahap ketujuh kamu sudah memiliki kekayaan yang melimpah. Keuangan tidak lagi menjadi permasalahan yang akan membuat kamu pusing tujuh keliling. Justru keadaan ini akan membuat kamu bisa menikmati kehidupan lebih lagi tanpa harus memikirkan ketersediaan uang. 

Baca Juga: Merasa Perlu Financial Planner? Simak Tanda-Tandanya!

Bagaimana Tips Bebas Finansial di Usia Muda?

Bebas finansial di usia muda nyatanya sangat mungkin untuk diwujudkan. Tentu kamu mau pensiun sejak usia muda, bukan? Untuk memulai membangun kebebasan keuangan, kamu bisa mencoba beberapa tips praktis berikut ini. 

1. Buat Perencanaan Hidup

Membuat perencanaan hidup pasti terdengar sangat berat dilakukan. Jangan pusing dahulu karena kamu bisa memulainya dari hal yang paling sederhana. Buatlah rencana anggaran setiap bulannya dengan memasukkan dana darurat, asuransi, serta investasi. 

2. Sesuaikan Gaya Hidup dengan Keadaan Keuangan

Sesuaikan gaya hidupmu dengan keadaan keuangan saat ini. Jangan hidup berdasarkan popularitas atau budaya sosial yang ada di masyarakat. Kamu tidak harus membeli HP seharga Rp20.000.000 jika memang belum memiliki dana sebesar itu. 

Tidak perlu memaksakan diri agar bisa masuk dalam pergaulan masyarakat. Sangat menderita apabila akhirnya pendapatan yang kamu terima hanya digunakan untuk membayar utang. Jadi jangan paksakan keuanganmu untuk gaya hidup orang lain. 

3. Mau Terus Mengembangkan Diri

Mulailah berusaha untuk terus belajar hal baru. Baik itu melalui buku, internet atau menjalaninya secara langsung. Pengembangan diri secara terus-menerus akan meningkatkan nilai jual kamu di mata recruiter. Kamu jadi bisa menyikapi banyak hal terkait keuangan serta kehidupan ketika ada masa-masa sulit datang menghadang. 

4. Memiliki Asuransi

Memiliki asuransi sejak muda harus dijadikan budaya sosial supaya makin banyak orang bisa menikmati kehidupan mereka tanpa harus dihantui biaya rumah sakit yang besar. Memiliki asuransi yang akan melindungi kamu ketika kecelakaan sudah menjadi langkah awal yang baik menuju kebebasan finansial. Jadi pastikan kamu selalu menyisihkan uang untuk asuransi.

5. Memiliki dan Bisa Berinvestasi

Mulailah melakukan investasi agar aset kekayaan yang kamu punya bisa bertambah banyak setiap tahunnya. Biarkan uang bekerja untukmu dan bukan sebaliknya. Hanya saja pastikan bahwa kamu sudah mengerti cara kerjanya agar keuntungan benar-benar bisa didapatkan. 

Baca Juga: Cara Menghitung Dana Pensiun dan Tips Mempersiapkannya

Jadi bagaimana Sobat LINE Bank? Kamu jadi lebih mengerti mengapa kebebasan finansial sangat penting, bukan? Mulailah melakukan tips-tips bebas finansial yang sudah dijelaskan di atas sebagai langkah awal mencapai kehidupan yang lebih baik. 

Manfaatkan berbagai instrumen investasi untuk melipatgandakan aset yang Sobat LINE Bank punya seperti membuka tabungan deposito di LINE Bank. Persentase suku bunganya yang besar membuat kamu lebih untung ketimbang hanya membuka rekening tabungan biasa. 

Apalagi LINE Bank menjadi salah satu lembaga keuangan yang memiliki bunga deposito tinggi. Seluruh fitur dalam aplikasi LINE Bank pun sangat mudah digunakan nasabah sehingga berbagai transaksi bisa dilakukan dengan cepat. Jadi tunggu apalagi? Download aplikasi LINE Bank sekarang juga dan nikmati pengalaman digital banking yang berbeda!

Bagikan ke Temanmu
LINE BANK SEO Admin
LINE BANK SEO Admin
Articles: 325