4 Cara Mengatur Uang Hasil Jualan

Uang hasil jualan selalu cepat habis? Sobat LINE Bank sudah tahu belum cara mengatur uang hasil jualan dengan baik? Jika belum maka tidak heran keuntungan tersebut tidak bisa dirasakan sama sekali. Sudah berapa lama kamu tidak merasakan hasil keuntungan bisnis? 

Sangat wajar apabila kamu merasakan hal tersebut pada awal merintis usaha. Tetapi apabila penjualan sudah meningkat pesat selama hampir dua tahun maka strategi yang digunakan untuk mengatur uang sudah pasti sangat tidak efektif.

Sobat LINE Bank perlu mengganti cara mengatur uang hasil jualan supaya keuntungan tersebut benar-benar bisa dirasakan. Bagaimana caranya? Senang Sobat LINE Bank bertanya! Langsung saja simak informasinya di bawah ini. 

Bagaimana Cara Mengatur Uang Hasil Jualan dengan Baik dan Benar?

Supaya keuntungan yang didapat tidak langsung lewat dari rekening begitu saja maka kamu perlu mengaplikasikan strategi yang tepat. Tidak tahu harus mulai dari mana? Coba ikuti cara-caranya berikut ini.

1. Buat Rekening Tabungan Terpisah

Memisahkan rekening tabungan dengan rekening bisnis sudah menjadi langkah awal yang sangat baik. Apabila dinilai menggunakan persentase dari 0% sampai 100% maka kamu sudah melangkah sebanyak 30%. 

Meski hanya membuka tabungan terpisah, nyatanya hal ini sangat efektif untuk memantau hasil penjualan yang didapatkan. Uang bisnis dan pribadi jadi tidak tercampur begitu saja sehingga tidak ada alasan lagi ada uang yang terpakai untuk kebutuhan sehari-hari. 

Kamu bisa menggunakan fitur multi rekening dari LINE Bank untuk melakukannya dengan mudah. Tinggal membuka akun dan rekening tabungan lalu buat pos-pos khusus untuk setiap anggaran termasuk bisnis kamu. Kini tidak ada lagi uang pribadi dan bisnis yang tercampur. Apakah kamu tertarik membuatnya? 

Baca Juga: Mengatur Keuangan Ala Jepang, Kakeibo!

2. Buat Rencana Anggaran Bisnis yang Jelas

Selanjutnya kamu perlu membuat rencana anggaran bisnis yang jelas. Sama seperti merencanakan keuangan untuk kehidupan sehari-hari maka kamu juga perlu menimbang-nimbang pengeluaran apa yang sangat penting dan mana yang bisa dipotong.  Alokasikan setiap uang yang ada dengan maksimal agar kamu tidak mengeluarkan biaya secara sia-sia. 

3. Catat Setiap Pengeluaran dan Pemasukan

Ini dia salah satu cara yang paling efektif untuk mengatur keuangan yaitu melakukan pencatatan arus kas. Catat semua pemasukan dan pengeluaran terkait bisnis dari awal hingga akhir. Dari pencatatan tersebut kamu jadi tahu ke mana saja perginya uang hasil jualan. 

4. Lakukan Evaluasi Rencana yang Diaplikasikan

Lakukan evaluasi rencana anggaran bulan sebelumnya agar pengaturan keuangan dapat menjadi lebih efektif. Bandingkan pengeluaran bulan ini dengan bulan sebelumnya untuk menemukan pembelajaran baru dalam mengatur keuangan. 

Temukan pengeluaran yang berlebihan kemudian cari solusi untuk mengatasinya. Makin banyak masalah yang bisa diselesaikan maka keuangan bisnis kamu pasti akan menjadi lebih stabil. 

Baca Juga: Intip Influencer Wendy Walters Mengatur Keuangan

Bagaimana Tips Menabung dari Hasil Uang Jualan?

Melakukan cara-cara di atas tentu sudah menjadi awal yang baik untuk melihat perubahan terjadi pada keuntungan jualan yang kamu dapatkan. Namun hal paling sulit bukanlah melakukan perubahan tetapi justru cara memeliharanya untuk tetap konsisten. 

Oleh karena itu kamu membutuhkan beberapa tips berikut supaya keuntungan masih bisa dirasakan, bahkan dapat ditabung sedemikian rupa. 

1. Hindari Utang

Kunci dari menabung adalah menyisihkan uang dari pendapatan atau keuntungan agar tidak digunakan ketika ingin belanja berbagai barang kebutuhan. Jika kamu masih memiliki utang maka beban yang akan ditanggung menjadi lebih berat. 

Kamu jadi tidak bisa menabung dalam jumlah yang banyak karena ada tanggungan. Beruntung apabila masih ada uang yang tersisa untuk ditabung, namun bagaimana kalau tidak ada sisanya sama sekali? Pendapatan kamu jadi terus berlalu begitu saja dan tidak bisa dinikmati untuk mengembangkan bisnis. 

2. Selalu Buat Rencana Anggaran yang Lebih Baik

Pembuatan rencana anggaran tidak cukup hanya dilakukan sekali. Kamu perlu terus melakukan evaluasi serta membuat rencana baru yang lebih baik lagi. Tindakan seperti ini krusial supaya kamu bisa menemukan rencana paling efektif untuk mengatur keuangan dalam bisnis. 

Jangan menganggap bahwa pembuatan rencana tidak membawa dampak apa-apa. Faktanya ada begitu banyak bisnis yang terselamatkan hanya karena sesederhana memperbaiki cara mereka mengatur keuangan. Jadi lakukanlah yang terbaik dalam penyusunan rencana keuangan bisnis. 

3. Memasukkan Investasi Dalam Anggaran

Ketika dana dalam tabungan sudah mulai terkumpul maka kamu bisa mencoba melipatgandakannya dengan melakukan investasi. Bisa juga langsung memasukkan investasi dalam anggaran supaya kamu tidak kelupaan melakukan investasi. Pastikan kamu memahami cara kerja, risiko, dan strategi apa saja yang bisa dilakukan untuk meminimalkan dampak negatif yang timbul. 

4. Kurangi Cicilan dan Penggunaan Kartu Kredit

Ada baiknya kamu mengurangi cicilan dengan tidak menggunakan kartu kredit untuk membeli barang. Tanyakan terlebih dahulu kepada dirimu sendiri apakah barang tersebut benar-benar dibutuhkan atau sekadar keinginan semata saja. Buat suatu standar untuk memudahkan kamu mengidentifikasi mana yang prioritas dan bisa menunggu. 

Baca Juga: Kesalahan Milenials Saat Mengatur Keuangan

Tidak ada salahnya untuk terus mencoba memberikan usaha terbaik dalam cara mengatur uang hasil jualan. Percobaan yang gagal dilakukan pasti akan mengarahkan Sobat LINE Bank menuju keberhasilan pada masa depan. Oleh karena itu teruslah melakukan cara dan tips yang sudah dijelaskan di atas supaya ada hasil positif yang bisa dirasakan. 

Ingat juga untuk tidak terburu-buru mengambil keputusan, khususnya terkait investasi karena risiko kerugiannya cukup besar. Jika kamu merasa bahwa investasi sangat sulit, masih ada instrumen yang risikonya rendah yaitu deposito. 

Tabungan deposito di LINE Bank bisa menjadi alternatif untuk melipatgandakan uang meski pengembaliannya tidak sebesar instrumen investasi yang lain. Namun sudah cukup baik ketika kamu tidak mau mengambil risiko terlalu banyak untuk kehilangan uang yang dihasilkan dengan susah payah. 

LINE Bank memberikan suku bunga deposito tinggi untuk seluruh nasabah agar jumlah aset bisa bertambah pada jatuh tempo. Pembuatannya juga tidak sulit, hanya dalam hitungan menit maka tabungan deposito sudah aktif. Segera download aplikasi LINE Bank sekarang dan nikmati pengalaman digital banking yang berbeda!

Bagikan ke Temanmu
LINE BANK SEO Admin
LINE BANK SEO Admin
Articles: 325