Mengatur Keuangan Ala Jepang, Kakeibo!

Sobat LINE Bank, Konnichiwa!

Apakah kamu tahu di jepang ada jurus jitu menabung dan hidup hemat ala masyarakat Jepang. Bagi yang belum tau masyarakat Jepang memiliki tradisi dalam kebiasaan berbelanja mereka. Dalam hal ini ada satu metode yang cukup terkenal dan sering dilakukan para Ibu rumah tangga di Jepang bernama kakeibo. 

Kakeibo

Merupakan buku besar atau catatan keuangan rumah tangga atau secara harafiah berarti “seni penganggaran manual”. Kakeibo ini merupakan metode menabung atau mengelola keuangan masyarakat Jepang sejak ratusan tahun lalu. Teknik ini diciptakan oleh jurnalis wanita pertama di Jepang, Hani Motoko pada tahun 1904.

Pada tahun 2017 diterbitkan buku dengan judul Kakeibo: The Japanese Art of Saving Money yang ditulis oleh Fumiko Chiba. Dalam buku ini, ada 4 pertanyaan penting apabila ingin memiliki kondisi keuangan yang lebih baik. 

  • Berapa banyak uang yang kamu miliki?
  • Berapa jumlah uang yang ingin kamu simpan?
  • Seberapa besar dana yang rutin kamu belanjakan?
  • Bagaimana kamu bisa meningkatkan uang yang kamu tabung?

Fumiko percaya bahwa teknik ini bisa mengubah pandangan kita terhadap uang dan membuat kita lebih bijaksana dalam mengelola keuangan. 

Teknik ini juga bisa Sobat LINE Bank terapkan pada era modern ini lho-khususnya saat situasi pandemi Covid-19. Karena dengan menerapkan teknik ini kita tidak hanya mengatur pengeluaran saja namun pemasukan kita. 

Metode Kakeibo

Sesuai dengan artinya, kakeibo merupakan jurnal pembukuan untuk pengelolaan pendapatan dan pengeluaran. Tujuan penulisan ini yaitu agar kita memiliki kesadaran emosional dari setiap pengeluaran yang kita catat. Secara tidak langsung kita akan lebih berpikir secara matang saat ingin mengeluarkan uang untuk hal yang kurang perlu, khususnya keinginan. 

Untuk menerapkan metode ini kamu bisa melakukan langkah-langkah ini ya:

  1. Catat seluruh pemasukan kamu. Baik pemasukan rutin seperti gaji maupun penghasilan lain kamu.
  2. Sisihkan terlebih dahulu untuk tabungan kamu. 
  3. Sisanya kamu bisa anggarkan ke pos-pos pengeluaran yang terbagi menjadi 4 kategori:
  • Survival ( kebutuhan pokok ), seperti biaya makan, tagihan, cicilan, dan kewajiban lainnya
  • Optional ( kebutuhan sekunder ), seperti hiburan, makan di luar, nongkrong, dan sebagainya
  • Culture ( kebutuhan tambahan ), seperti buku, film, majalah, dan lainnya.
  • Extra ( pengeluaran lainnya ), seperti kado, perbaikan kendaraan, perbaikan rumah, dan sebagainya
  1. Kamu bisa siapkan beberapa amplop untuk menyimpan alokasi dana yang sudah kamu buat dan beri namanya.
  2. Lalu di akhir bulan, kamu bisa melakukan evaluasi terhadap keuangan kamu. 

Untuk langkah-langkah ini bisa kamu sesuaikan kok dengan kondisi keuangan kamu dan pos pengeluaran yang kamu butuhkan. Mungkin sebagian dari kamu merasa bahwa sistem kakeibo ini agak merepotkan karena metode pencatatan tangan. Nyatanya, pencatatan keuangan dengan tulisan tangan inilah yang akan melatih kesadaran emosional terhadap keputusan keuangan kita nantinya. 

Apalagi sekarang kamu bisa menggunakan aplikasi untuk membantu pengaturan keuanganmu. Hal terpenting yang harus kamu ketahui adalah bahwa teknik kakeibo maupun teknik lainnya itu sama baiknya. Kamu hanya perlu menyesuaikan teknik yang paling cocok dan sesuai dengan kondisi keuanganmu. 

Gunakan aplikasi untuk memudahkan

Seluruh aktivitas keuanganmu juga bisa otomatis tercatat dengan menggunakan LINE Bank. Transaksi, bill payment, hingga membeli pulsa sekalipun bisa kamu pantau melalui notifikasi LINE Bank. Di LINE Bank, kamu juga bisa membuka sampai 8 rekening dalam 1 akun. Fitur ini akan memudahkan kamu untuk mengalokasikan setiap pos-pos pengeluaran yang dibutuhkan. 

Jadi bagaimana Sobat LINE Bank, apakah kamu tertarik untuk mencoba teknik kakeibo ini? Jika iya, siapkan buku, pulpen, dan amplop ya! Agar lebih semangat dalam menerapkannya kamu bisa menggunakan buku yang lucu. 

Bagikan ke Temanmu
LINE Bank Admin
LINE Bank Admin

A Different Experience of Digital Banking, LINE Bank. LINE Bank is a caring friend, someone that’s easy to get along with. LINE Bank is also a trusted companion, providing smart solutions to all financial issues.

Articles: 277