Inilah Pentingnya Tabungan Pendidikan Anak

Tabungan pendidikan anak merupakan hal penting yang harus dipersiapkan orang tua sejak dini. Bahkan, saat anak masih usia play group sekalipun, tabungan pendidikan untuk anak sudah bisa dibuat. 

Sobat LINE Bank bisa melakukan setoran rutin hingga akhirnya dana tersebut diperlukan anak untuk biaya sekolah. Nah, supaya proses setoran tabungan ini makin lancar, yuk simak terus cara mempersiapkan tabungan pendidikan untuk anak di bawah ini. 

Bagaimana Cara Mempersiapkan Tabungan Pendidikan Anak?

cara mempersiapkan tabungan pendidikan anak

Biaya sekolah pada masa depan bisa jadi akan lebih tinggi mengikuti inflasi yang terjadi. Oleh sebab itu, mempersiapkan tabungan pendidikan untuk anak menjadi hal yang sangat penting. Berikut ini akan dibahas beberapa cara menyimpan tabungan pendidikan untuk anak sedini mungkin.

1. Membuka Tabungan

Sobat LINE Bank bisa membuka rekening tabungan sedini mungkin, bahkan ketika anak masih di dalam kandungan. Tujuannya supaya kamu tidak terlalu terbebani oleh biaya sekolah anak pada masa mendatang. Apalagi kebutuhan rumah tangga juga pasti akan makin bertambah. Jadi, langkah pertama yang bisa kamu lakukan yaitu membuka tabungan. 

Kamu bisa buka tabungan di LINE Bank dengan biaya 0 rupiah dan bebas biaya bulanan. Di LINE Bank, kamu bisa membuat multi rekening untuk memilih tabungan. Jadi, ada tabungan untuk sekolah anak, kebutuhan sehari-hari, dan berbagai kebutuhan lainnya. 

2. Berhemat dan Punya Strategi Keuangan

Saat kamu memutuskan membuka tabungan, kamu harus lebih bisa mengontrol diri dalam membelanjakan uang. Dalam hal ini, Sobat LINE Bank perlu membuat strategi mengelola keuangan dengan baik. Biasakan untuk menyisihkan dana yang kamu dapatkan per bulan untuk menabung dan berinvestasi. Sebagai contoh, kamu bisa membaginya menjadi 80:20, yakni 80% untuk kebutuhan sehari-hari dan 20% untuk menabung dan investasi. 

3. Survei Sekolah Anak

Kamu bisa membuat daftar sekolah anak supaya mendapat gambaran mengenai biaya, kurikulum, dan fasilitas yang disediakan. Baik itu di sekolah negeri maupun swasta. Dari sini, kamu bisa memperkirakan jumlah setoran dana bulanan untuk mempersiapkan tabungan pendidikan anak tersebut.

4. Menghitung Estimasi Dana Pendidikan Masa Depan

Ketika survei sekolah, kamu juga bisa sekaligus memperkirakan kenaikan biaya sekolah hingga 10 tahun ke depan. Mengingat perhitungan biaya sekolah saat ini dan tahun berikutnya akan berbeda, karena terjadi inflasi. Perhitungan ini juga berguna untuk mengetahui berapa dana yang sekiranya perlu dipersiapkan untuk setoran tabungan setiap bulannya.

5. Memilih Instrumen Investasi yang Tepat

Ada beberapa instrumen tabungan atau investasi yang bisa kamu pilih untuk menyimpan tabungan pendidikan anak. Mulai dari tabungan konvensional, reksa dana, deposito, dan lain sebagainya. Saat hendak memilih salah satunya, pastikan kamu memperhatikan kemudahan dan keamanan instrumen tersebut, juga dengan keuntungan yang akan didapatkan.

Baca Juga: Kenapa Perlu Rekening Tabungan Lebih dari Satu?

Apa Saja Manfaat Tabungan Pendidikan Anak?

manfaat tabungan pendidikan anak

Membuat tabungan pendidikan anak sejak dini pasti akan sangat membantu pengelolaan keuangan pada masa depan. Sobat LINE Bank tidak perlu bingung dan khawatir lagi memikirkan dana yang harus dibayar setiap bulannya, karena sudah tersedia dalam tabungan pendidikan anak. Tidak itu saja, ada berbagai manfaat lain yang bisa didapat saat kamu membuka tabungan ini. Berikut ini beberapa manfaat tersebut.

1. Membuat Kamu Disiplin Menabung

Membuat tabungan pendidikan untuk anak akan membantu kamu disiplin menabung, karena harus menyetor dana setiap bulan. Kamu juga sekaligus bisa lebih baik dalam mengatur dan mengelola keuangan setiap bulannya, karena harus dibagi-bagi ke dalam berbagai kebutuhan. 

tetap update sama LINE Bank yuk!

2. Seluruh Kebutuhan Pendidikan Anak Sudah Tersedia

Kebutuhan pendidikan anak pada masa mendatang sudah pasti telah tersedia, apabila kamu menabung sejak dini. Meskipun tidak bisa menjamin tabungan tersebut akan cukup, tetapi setidaknya kamu sudah memiliki biaya untuk membayar biaya kebutuhan sekolah anak. Oleh sebab itu, penting untuk kamu memperkirakan biaya sekolah pada 10 tahun mendatang supaya kebutuhan sekolah anak bisa diperkirakan pada saat ini.

3. Bunga Tabungan Cukup Besar

Bunga tabungan pendidikan anak yang kamu buat di bank, biasanya memberikan persentase bunga yang lebih besar daripada tabungan konvensional. Hanya saja, besaran persentasenya tergantung pada setiap bank. Kamu bisa terlebih dahulu melakukan riset sebelum memutuskan untuk membuat tabungan pendidikan untuk anak. 

Baca Juga: Definisi Tabungan Yang Harus Kamu Ketahui!

Apa Saja Kelebihan dan Kekurangan Tabungan Pendidikan Anak?

kelebihan dan kekurangan tabungan pendidikan anak

Membuka tabungan pendidikan anak sejak dini adalah keputusan yang tepat. Kamu tidak perlu khawatir lagi dengan biaya sekolah anak pada masa depan. Bahkan membuat tabungan pendidikan anak sangat minim risiko. Ini menjadi salah satu kelebihannya. Hanya saja, return yang kamu dapatkan tidak begitu besar. Berikut ini beberapa kelebihan dan kekurangan membuka tabungan pendidikan untuk anak.

1. Kelebihan

Risiko menabung untuk pendidikan anak sangat rendah. Sederhananya, apa pun kondisi yang terjadi, dana tabungan untuk biaya sekolah anak tetap aman. Umumnya, pihak bank penyedia tabungan juga memberikan perlindungan jiwa bagi penabung. Selain itu, tabungan pendidikan ini pun bisa digunakan untuk menyiapkan komponen biaya pendidikan lain, seperti uang buku dan kegiatan tahunan.

2. Kekurangan

Return yang didapatkan dari tabungan pendidikan anak relatif rendah. Hal ini disebabkan bunga yang ditawarkan kecil, tetapi inflasi terus meningkat setiap tahunnya. Jadi, bunga yang ditawarkan tidak bisa mengimbangi peningkatan inflasi. Selain itu, tabungan pendidikan untuk anak dinilai kurang cocok untuk jangka panjang, lantaran tidak bisa melebihi nilai inflasi. Sehingga ada risiko dana pendidikan tidak mencukupi.

Meski tabungan pendidikan anak memiliki kekurangan, tetapi ada baiknya kamu tetap menyiapkannya. Berapa pun dana yang terkumpul, setidaknya dapat meringankan biaya sekolah anak pada masa mendatang. 

Kamu juga tidak perlu khawatir, karena layanan pinjaman uang cepat cair sudah tersedia di LINE Bank. Jadi, apabila dana tabungan pendidikan belum mencukupi kebutuhan sekolah anak, kamu bisa melakukan pinjaman terlebih dahulu. 

Baca Juga: Tips Aman Membuat Tabungan Online!

Prosesnya sangat mudah, kamu hanya memerlukan e-KTP saja tanpa perlu mengisi formulir panjang. Dana pinjaman langsung cair dalam hitungan menit. Download aplikasi LINE Bank sekarang juga dan segera buat akun untuk memproses dana pinjaman tersebut. 

perluas wawasan dan pengetahuan finansial bersama LINE Bank
Bagikan ke Temanmu
LINE BANK SEO Admin
LINE BANK SEO Admin
Articles: 324