Cara Mengecek Riwayat Kredit Online dengan Cepat dan Mudah

Sebelum mengajukan pinjaman, sudahkah Sobat LINE Bank mengetahui cara mengecek riwayat kredit? Saat kamu mendengar seseorang menerima penolakan saat mengajukan kredit, bukan berarti lembaga keuangan tidak menyanggupi nominal yang diajukan. Melainkan ada permasalahan prosedur yang tidak memenuhi syarat seperti riwayat kredit yang tidak sesuai.

Pada dasarnya riwayat kredit sangat memengaruhi hasil pengajuan pinjaman yang Sobat LINE Bank ajukan. Masih penasaran dengan maksud dan cara mengecek riwayat kredit? Simak informasi selengkapnya dalam artikel di bawah ini.

Apa Itu Pengecekan Riwayat Kredit?

apa itu pengecekan riwayat kredit

Pengecekan riwayat kredit adalah proses untuk mengetahui bagaimana riwayat segala bentuk pinjaman yang pernah dilakukan sebelumnya. Perlu diketahui bahwa setiap bentuk kredit yang kamu ajukan pada lembaga bank maupun non bank yang legal dan terdaftar di OJK sudah pasti akan tercatat pada sistem layanan informasi keuangan atau SLIK.

Hal ini juga mencakup jenis pinjaman KPR, kredit usaha rakyat, hingga kredit tanpa agunan atau dikenal dengan KTA. Pada awalnya, prosedur pengecekan ini dikenal dengan BI checking sebab proses pengecekannya dilakukan oleh Bank Indonesia. Namun berdasarkan informasi yang didapatkan dari laman resmi OJK, sejak 1 Januari 2018 proses pengecekan riwayat kredit dilakukan oleh OJK atau Otoritas Jasa Keuangan. 

Baca Juga: Apa Itu KTA Bank? Ini Jenis dan Syarat Mengajukannya

Bagaimana Kriteria Skor Kredit?

kriteria skor kredit

Skor kredit pada riwayat pinjaman diukur dengan skala dari 1 sampai 5 yang berdasarkan keseluruhan aktivitas kredit. Dalam pengelompokannya, kredit skor menggunakan inisial kol yang berarti kolektibilitas. Adapun penjelasan mengenai masing-masing kriteria skor kredit antara lain:

1. Kredit Lancar atau Kol 1

Pada golongan kredit lancar atau kol 1, seseorang harus memiliki riwayat kredit yang memuaskan dengan menyelesaikan segala kewajiban pembayaran tanpa cela satu pun. Contohnya seperti angsuran, pokok utang, hingga bunga.

2. Kredit Dalam Perhatian Khusus atau Kol 2

Pada kelompok ini, pemohon biasanya memiliki riwayat angsuran yang belum dibayarkan selama 1 hingga 2 bulan akibat keterlambatan pembayaran. 

3. Kredit Tidak Lancar atau Kol 3

Dalam kol 3, biasanya peminjam atau pemohon diketahui memiliki tunggakan cicilan selama 3 hingga 4 bulan. Umumnya, proses pendekatan dan mediasi yang dilakukan kepada nasabah tidak berhasil. 

4. Kredit Diragukan atau Kol 4

Kredit diragukan atau kol 4 merupakan skor kredit dengan riwayat tidak membayar angsuran lebih dari 5 sampai 6 bulan, padahal telah memasuki masa jatuh tempo. Dalam tingkatan ini, kecil kemungkinan pengajuan kredit dapat diterima meskipun masih ada peluang berhasil. 

5. Kredit Macet atau Kol 5

Kredit dengan skor kol 5 sudah menjadi kasus terparah. Hal ini menandakan nasabah tidak membayar angsuran lebih dari 6 bulan meski telah dibantu dengan berbagai usaha seperti pengaktifan kembali. Hanya saja, langkah tersebut akan sama saja dan tidak membuahkan hasil apa pun.

perluas wawasan dan pengetahuan finansial bersama LINE Bank

Baca Juga: Intip! Keunggulan Mengajukan Pinjaman Tanpa Agunan

Bagaimana Cara Mengecek Riwayat Kredit di SLIK Secara Online?

cara mengecek riwayat kredit

Mengingat saat ini sudah memanfaatkan teknologi di berbagai hal, Sobat LINE Bank juga bisa melakukan pengecekan riwayat kredit secara online. Ikuti cara mengecek riwayat kredit skor di SLIK di bawah ini:

1. Buka Website dan Penuhi Dokumen yang Diperlukan

Cara mengecek riwayat kredit di SLIK adalah mengunjungi website https://konsumen.ojk.go.id/minisitedplk/registrasi. Saat muncul sebuah formulir di layar kamu, pastikan untuk mengisi seluruhnya dengan benar. Sobat LINE Bank akan mendapat nomor antrean untuk proses pengecekan online

Biasanya, kamu juga akan diminta untuk mengunggah foto scan dokumen penting seperti KTP atau paspor bagi yang berkewarganegaraan asing. Jika sudah, jangan lupa untuk klik tombol kirim dan tunggu hingga menerima email konfirmasi. 

2. Verifikasi

Sebelum mulai melakukan pengecekan riwayat kredit, OJK akan melakukan verifikasi data terlebih dahulu sebagai langkah pencegahan penggunaan data palsu atau penyalahgunaan data pribadi orang lain. Pemohon akan menerima konfirmasi selambatnya 2 hari sebelum tanggal antrean yang diterima melalui email sebelumnya. 

3. Cetak dan Print Formulir

Setelah data dipastikan asli dan valid, maka Sobat LINE Bank akan menerima pemberitahuan. Bersamaan dengan hal ini, kamu dapat mulai mencoba mencetak formulir yang telah diisi sebelumnya untuk kemudian ditandatangani sebanyak 3 kali. 

4. Scan dan Kirim

Formulir yang bertanda tangan tersebut kemudian di scan menjadi bentuk digital seperti semula. Selanjutnya, kirimkan dokumen tersebut ke nomor WhatsApp yang tertera pada email dan sertakan pula foto wajah kamu dengan menunjukkan KTP yang jelas. 

5. Hasil Riwayat Kredit

Selesai. Jika OJK merasa bahwa seluruh dokumen yang dikirimkan valid, Sobat LINE Bank akan menerima hasil iDeb SLIK atau rincian riwayat kredit melalui email. 

Baca Juga: Cara Mencari Pinjaman Modal Usaha Tanpa Jaminan

Bagaimana Tips Agar Riwayat Kredit Tetap Bersih?

tips agar riwayat kredit tetap bersih

Mengajukan kredit bisa menguntungkan dan sangat membantu terlebih ketika kita membutuhkan dana cepat dalam jumlah besar. Sehingga, agar kredit dapat dipertimbangkan oleh lembaga tertentu, lakukan tips agar riwayat kredit tetap bersih seperti di bawah ini:

1. Melunasi Seluruh Tagihan

Langkah pertama yang harus Sobat LINE Bank terapkan untuk menjaga riwayat kredit yang bersih adalah melunasi seluruh tagihan yang dimiliki. Pasalnya, sebagian besar bank akan mempertimbangkan persetujuan peminjaman dana dari skor kredit atau kualitas catatan kredit sebelumnya. 

2. Konfirmasi ke Bank

Jika kamu merasa sudah melunasi seluruh tagihan dan skor kredit masih berada di angka pengawasan, maka sebaiknya segera kunjungi bank tempat pengajuan kredit dan konfirmasikan pembayaran tagihan. Bila perlu, sertakan bukti-bukti seperti surat penjelasan dan bukti transfer ke bank terkait.

Jangan lupa minta surat keterangan dari bank yang menyatakan bahwa kamu sudah menyelesaikan seluruh pembayaran. Surat ini nantinya akan digunakan untuk mengajukan penjelasan dan konfirmasi ke pihak OJK bahwa semua tanggung jawab utang telah terselesaikan. 

Sekarang Sobat LINE Bank sudah mengerti cara mengecek riwayat kredit dan skornya. Setelah ini, pastikan kamu sudah menyelesaikan seluruh kewajiban pembayaran cicilan agar riwayat kredit Sobat LINE Bank tetap aman. Membayar seluruh tagihan tepat waktu juga membantu kamu memiliki manajemen waktu dan keuangan yang baik. 

Apabila riwayat kredit aman dan Sobat LINE Bank membutuhkan pinjaman uang cepat cair untuk memenuhi kebutuhan tertentu, serahkan saja pada LINE Bank. tanpa perlu repot menyerahkan dokumen apa pun, kamu bisa mengecek kredit limit yang diperbolehkan dan ajukan pinjaman di waktu yang sama. 

Ditambah lagi, proses cek kredit limit dari LINE Bank tidak memakan banyak waktu. Hanya dalam sekali klik, Sobat LINE Bank sudah bisa menerima informasi limit kredit yang diizinkan pada hitungan menit. Dengan begitu, kamu bisa lebih cepat menerima dana pinjaman dari LINE Bank sesegera mungkin. Tunggu apalagi? Download aplikasi LINE Bank sekarang dan nikmati berbagai kemudahan kebutuhan dana dalam satu kali klik saja tanpa proses ribet.

tetap update sama LINE Bank yuk!
Bagikan ke Temanmu
LINE BANK SEO Admin
LINE BANK SEO Admin
Articles: 324