Apa Sih Time Deposit LINE Bank? Ini yang Harus Kamu Pahami

Time deposit adalah istilah yang sering kita dengar dalam deposito. Meski ini bukan istilah yang asing, mungkin masih banyak yang belum mengetahui penjelasan tentang time deposit ini. Pada dasarnya time deposit merupakan salah satu jenis deposito yang ada di Indonesia. 

Saat akan melakukan investasi, ada beberapa kriteria investasi yang ditawarkan salah satunya deposito atau time deposit. Begitu pula saat sudah memutuskan untuk berinvestasi deposito masih ada kriteria yang ditawarkan oleh pihak bank.

Dalam artikel ini akan dijelaskan mengenai apa itu time deposit beserta jenis-jenisnya serta keuntungan yang diperoleh saat menyimpan uang di produk time deposit. Simak terus uraiannya di bawah ini. 

Apa Pengertian Time Deposit?

pengertian time deposit

Time deposit atau yang sering dikenal dengan istilah deposito merupakan fasilitas penyimpanan uang yang disetorkan ke rekening dengan waktu yang sudah ditetapkan. Sederhananya time deposit ini adalah tabungan berjangka. 

Deposito juga bisa dikatakan sebagai investasi sederhana yang menjanjikan suku bunga tetap dalam jangka waktu tertentu. Jangka waktu yang ditawarkan berupa jangka pendek mulai dari 1 bulan hingga 1 atau 2 tahun, sesuai ketentuan nasabah. 

Dalam hal ini, pihak bank berkewajiban memberikan suku bunga kepada nasabah yang menyetor dana melalui deposito. Suku bunga yang akan dibayarkan memiliki nilai yang berbeda-beda sesuai ketentuan setiap bank dan diberikan setiap akhir periode investasi.

Meskipun penarikan dana deposito ditetapkan, namun juga bisa diambil sewaktu-waktu saat diperlukan dengan catatan adanya penalti atau denda yang harus dibayar karena belum jatuh tempo penarikan.

Setiap bank biasanya menawarkan fasilitas deposito atau time deposit. Adapun deposito yang ditawarkan ada tiga jenis, diantaranya deposito tabungan dan buku kas, sertifikat deposito berjangka, serta deposito on call dan deposito automatic.

Apa Saja Jenis-jenis Time Deposit?

jenis jenis time deposit

Ada beberapa jenis time deposit yang bisa kamu pilih sesuai dengan kebutuhan dan kemampuan finansial. Berikut ini penjelasan dari jenis-jenis time deposit tersebut. 

1. Deposito Tabungan dan Buku Kas

Deposito tabungan dan buku kas atau deposito berjangka merupakan salah satu deposito yang paling sering digunakan untuk menyimpan uang. Sistem penyetoran dana dalam deposito ini tidak ditetapkan masa jatuh tempo oleh bank.

Saat memasukan dana  ke dalam rekening maka secara otomatis dana akan bertambah. Begitu pula saat melakukan penarikan, maka dana akan berkurang sesuai dengan waktu yang ditetapkan. Hanya saja, suku bunga deposito ini lebih rendah dibanding dengan jenis deposito yang lain.

2. Sertifikat Deposito Berjangka

Sertifikat deposito berjangka berupa sertifikat yang diberikan perusahaan kepada bank untuk dijadikan sebagai bukti bahwa telah mendepositokan sejumlah dana. Sertifikat tersebut nantinya akan dijadikan sebagai jaminan kredit jika dibutuhkan. 

Dana yang telah disetorkan melalui deposito jenis ini tidak bisa ditarik sewaktu-waktu, melainkan harus ditarik sesuai dengan jangka waktu yang telah disepakati sejak awal. Adapun suku bunga yang ditawarkan lebih tinggi dibanding dengan suku bunga jenis deposito yang lain.

3. Deposito On Call dan Deposito Automatic

Selanjutnya, deposito on call dan deposit automatic yaitu deposito dengan jangka yang paling pendek dengan jangka waktu minimal satu minggu dan paling lama 1 bulan. 

Adapun pengertian dari deposito on call adalah dana simpanan di bank yang mempunyai suku bunga lebih tinggi daripada rekening tabungan. Dana juga bisa ditarik sesuai waktu yang diinginkan. Dalam deposito ini suku bunga akan terus bertambah selama dana belum ditarik oleh nasabah.

Sedangkan deposito automatic roll merupakan dana simpanan yang akan diperpanjang secara otomatis ketika dana belum dicairkan saat jatuh tempo. Akan tetapi, dana tidak bisa dicairkan sewaktu-waktu.

Baca Juga: Yuk Kenali Jenis-Jenis Deposito Supaya Dompet Aman

perluas wawasan dan pengetahuan finansial bersama LINE Bank

Apa Saja Keuntungan Time Deposit?

keuntungan time deposit

Dari masing-masing jenis time deposit yang telah disebutkan dan dijelaskan di atas, ketiganya sama-sama mempunyai kekurangan dalam penarikan dan penyetoran dana. Tetapi tidak perlu khawatir, karena setiap ada kekurangan pasti ada kelebihan atau keuntungan. Lalu apa keuntungan dari time deposit? Berikut ini beberapa keuntungannya. 

1. Keamanan Terjamin

Menyimpan dana  dengan deposito terbilang sangat aman karena sudah dijamin oleh pihak LPS (Lembaga Penjamin Simpanan). Hadirnya lembaga ini membuat dana yang kamu simpan menjadi lebih aman. Bahkan saat bank mengalami kebangkrutan, dana yang kamu simpan juga masih tetap aman.

2. Risiko Rendah

Deposito juga termasuk salah satu jenis investasi yang memiliki tingkat risiko yang kecil dan tidak ada perubahan harga atau fluktuasi pasar. Jadi, tidak ada salahnya kamu memilih deposito sebagai tempat penyimpan dana, lantaran minim mengalami kerugian. Time deposit ini cocok juga untuk kamu investor pemula, karena memiliki risiko rendah. 

3. Pendapatan per Tenor

Seperti yang telah dijelaskan di awal, deposito merupakan tabungan berjangka, sehingga cukup susah untuk mengambil dana jika bukan saatnya. Akan tetapi, dana  bisa di transferkan ke rekening lain. Sehingga nasabah tetap mendapatkan suku bunga setiap tenornya.

Baca Juga: Apa Itu Deposito dan Manfaat Investasi Deposito?

Cara Mendaftar Time Deposit di LINE Bank

cara mendaftar time deposit di LINE Bank

Kamu bisa membuka rekening deposito dengan mudah di aplikasi LINE Bank. Jika kamu belum memiliki aplikasinya, kamu harus download dan instal terlebih dahulu. Setelah itu, kamu harus membuat akun. Untuk langkah selanjutnya bisa mengikuti cara di bawah ini.

1. Buka Menu Deposito

Langkah pertama, buka menu deposito dan klik tombol Buat Deposito. Selanjutnya, kamu akan diarahkan menuju halaman berikutnya untuk memilih tenor, jumlah deposito, dan opsi jatuh tempo. Sobat LINE Bank bisa perpanjang jatuh tempo otomatis dengan mengatur opsi saat pembukaan.

2. Pilih Tenor, Jumlah Deposito, dan Jatuh Tempo

Sobat LINE Bank bisa mulai nabung deposito mulai dari Rp1.000.000 dengan pilihan tenor 1 – 12 bulan. Untuk menentukan opsi jatuh tempo sangat fleksibel, bisa disesuaikan dengan kondisi. Namun, jika Anda melakukan penutupan sebelum jatuh tempo, maka suku bunga yang berlaku adalah suku bunga tabungan. 

3. Periksa Ulang dan Berikan Konfirmasi

Untuk memastikan tenor, jumlah deposito, dan opsi jatuh tempo telah diinput dengan benar, kamu perlu melakukan double check. Jika sudah benar, selanjutnya berikan konfirmasi dengan menekan tombol Proses. Tunggu hingga prosesnya selesai ditindaklanjuti dan kamu bisa mulai menabung dengan aman. 

Nah, seperti itu penjelasan mengenai apa itu time deposit beserta jenis dan keuntungannya. Time deposit adalah penyimpanan dana yang tepat bagi Sobat LINE Bank yang ingin menyimpan dana dengan aman dan risiko rendah. 

Baca Juga: Tips menabung deposito yang wajib kamu ketahui!

Untuk mendapatkan bunga deposito tinggi, kamu bisa menyimpan dana deposito di LINE Bank. Nabung dengan deposito di LINE Bank lebih mudah dengan keuntungan bunga maksimal. 

Download aplikasi LINE Bank sekarang juga dan buat akun praktis di aplikasi untuk bebas cek transaksi kapan saja. Dapatkan keuntungan lebih dengan menempatkan dana di deposito bersama LINE Bank. 

tetap update sama LINE Bank yuk!
Bagikan ke Temanmu
LINE BANK SEO Admin
LINE BANK SEO Admin
Articles: 324