Tips menabung deposito yang wajib kamu ketahui!

Tips menabung deposito merupakan hal terpenting sebelum kamu membuat rekening deposito. Di masa pandemi seperti saat ini, investasi yang aman selain emas adalah deposito.

Deposito merupakan salah satu produk penyimpanan uang di bank dengan sistem penyetoran dan penarikannya hanya bisa dilakukan pada waktu tertentu. Ada jangka waktunya sehingga tidak bisa seenaknya diambil.

Namun ketahuilah, beberapa tips dalam menabung deposito berikut ini ;

1. Pilih jangka waktu deposito sesuai tujuan finansialmu

Dalam deposito berlaku semakin panjang tenor yang diambil, maka semakin banyak keuntungan yang didapat. Jika kamu hanya ingin membungakan uang dalam jangka waktu pendek, maka pilih tenor pendek juga. 

Pilihan tenor yang ditawarkan bank mulai dari 1 bulan, 3 bulan, 6 bulan, 12 bulan dan 24 bulan. Perlu diingat tanggal jatuh tempo deposito cair atau dana mu diperpanjang otomatis. 

2. Simpan dana deposito di beberapa pilihan tenor

Cara kedua untuk memaksimalkan dana di deposito adalah dengan membaginya ke beberapa deposito dengan pilihan tenor berbeda. Jadi, sebagian di deposito jangka pendek. Sisanya di deposito bertenor panjang. Cara ini juga bisa jadi bahan analisis untuk mengetahui likuiditas dari deposito itu sendiri. 

3. Nominal dana yang ingin ditempatkan

Tiap bank memiliki minimal setoran awal yang berbeda-beda. Rata-rata bank di Indonesia mensyaratkan minimal dana deposito sebesar Rp8 juta. Untuk menghitung perkiraan keuntungan yang didapat nanti, cek disini. Sehingga kamu dapat memperkirakan keuntungan dari besaran setoran awal dan jangka waktu. 

4. Patuhi aturan pencairan deposito 

Perlu kamu ketahui ada aturan dalam mencairkan dana deposito. Karena sejatinya, deposito itu adalah investasi berjangka yang penarikan dananya harus sesuai jangka waktu yang sudah ditentukan sebelumnya. 

Selain itu jika mencairkan dana sebelum jangka waktu yang ditetapkan, ada risiko yang harus di tanggung. Berupa biaya penalti atau denda. Besarannya kira-kira antara 0,5-3 persen dari total deposito. 

5. Pilih bunga deposito sesuai keinginan

Setiap bank memiliki besaran bunga yang berbeda. Kamu bisa memilih persentasenya sesuai tujuan finansial atau keinginanmu. Bandingkan besaran tiap bank dan perkiraan keuntungan yang didapat. Perlu diingat, semakin lama jangka waktu yang dipilih, maka bunganya pun makin besar. Dengan begitu keuntungan pun bisa lebih maksimal.

Baca juga : Apa Itu Deposito dan Manfaat Investasi Deposito

Demikian penjelasan mengenai apa itu deposito yang dapat kami sampaikan. Jika kamu tertarik untuk melakukan deposito, kamu dapat melakukannya di LINE Bank. Buka rekening deposito di LINE Bank sekarang juga dan dapatkan keuntungannya!

Bagikan ke Temanmu
LINE Bank Admin
LINE Bank Admin

A Different Experience of Digital Banking, LINE Bank. LINE Bank is a caring friend, someone that’s easy to get along with. LINE Bank is also a trusted companion, providing smart solutions to all financial issues.

Articles: 285