Agunan: Pengertian, Jenis, Fungsi, dan Contohnya

Agunan adalah istilah yang sering digunakan dalam pinjaman. Hanya saja mungkin sebagian orang ada yang masih asing dengan istilah ini, padahal sebenarnya praktik dari agunan ini sudah banyak diketahui. Lebih jelasnya mengenai agunan akan diuraikan di bawah ini. 

Apa Pengertian Agunan?

Agunan disebut juga sebagai aset yang dijadikan jaminan oleh peminjam (debitur) kepada yang meminjami (kreditur), baik aset yang berwujud maupun tidak berwujud. Dalam hal ini, berarti debitur memberikan aset kepemilikan kepada kreditur sebagai jaminan pinjaman dengan tujuan untuk meminimalisir terjadinya gagal bayar.

Oleh sebab itu, agunan dapat berpindah hak kepemilikan dari peminjam menjadi milik pemberi pinjaman, dengan catatan peminjam tidak bisa memenuhi kewajibannya untuk melunasi pinjamannya sesuai dengan perjanjian. Umumnya, pinjaman dengan menyerahkan agunan akan mendapatkan suku bunga lebih rendah daripada tanpa agunan. Hal ini akan menjadikan risiko kerugian kreditur lebih rendah juga. 

Apa Saja Jenis-jenis Agunan?

jenis-jenis agunan

Di Indonesia agunan lebih dikenal sebagai jaminan. Dalam transaksi pinjam-meminjam, agunan mempunyai peran yang penting, terutama saat mengajukan pinjaman dalam jumlah yang besar. Jenis agunan ini memberikan jaminan keseriusan peminjam dengan bertanggung penuh atas dana yang dipinjam. Ada dua jenis agunan berdasarkan bentuk dasarnya yaitu agunan berwujud dan tidak berwujud. Berikut ini penjelasannya. 

1. Agunan Berwujud

Agunan berwujud merupakan aset yang terlihat oleh mata dan dapat dibawa oleh pihak yang meminjamkan. Agunan jenis ini terbagi menjadi dua kategori yaitu agunan bergerak dan agunan tidak bergerak. 

Agunan bergerak seperti motor, mobil, kapal, pesawat dan kendaraan bermotor lainnya dengan menyerahkan surat kepemilikan. Setiap kendaraan juga memiliki tenor yang berbeda-beda sesuai harga dan jenis kendaraan yang dimiliki. 

Sedangkan agunan tidak bergerak meliputi properti, logam mulia (emas), mesin pabrik, perkebunan, peternakan, invoice, inventory, surat kontrak/Purchase Order/SPK. Jenis dari kategori agunan bergerak juga mempunyai tenor yang berbeda-beda sesuai dengan jenis agunan yang dijadikan jaminan. 

2. Agunan Tidak Berwujud

Agunan tidak berwujud yaitu kebalikan dari agunan berwujud, aset yang tidak terlihat kasatmata atau secara fisik, tetapi mempunyai nilai dan bisa dijadikan sebagai jaminan saat mengajukan pinjaman. Contoh agunan tidak berwujud yaitu deposito, surat berharga, obligasi, hak kekayaan intelektual, dan lain sebagainya. 

Baca Juga: Apa itu Agunan dan Fungsinya? Wajib Kamu Ketahui!

Apa Saja Fungsi Agunan?

fungsi agunan

Pada umumnya, fungsi agunan adalah sebagai jaminan saat meminjam dana dalam jumlah cukup besar dengan suku bunga yang kecil. Namun, ternyata agunan tidak hanya berfungsi sebagai itu saja. Ada beberapa fungsi lain dari agunan yang akan dijelaskan di bawah ini.

  • Mencegah peminjam meninggalkan tanggung jawab pada pembayaran.
  • Mendorong motivasi peminjam agar membayar utang sesuai waktu yang ditetapkan dan melakukan pembayaran sampai lunas.
  • Sebagai bukti jaminan dari peminjam kepada yang meminjamkan sesuai dengan waktu yang ditetapkan.
  • Sebagai hak dari pemberi pinjaman untuk mendapatkan aset jaminan apabila peminjam tidak dapat melunasinya.
tetap update sama LINE Bank yuk!

Apa Saja Contoh Agunan?

contoh agunan

Agunan atau jaminan biasanya berupa aset berharga. Namun, tidak semua aset dapat dijadikan sebagai agunan, lantaran ada syarat dan ketentuan yang berlaku. Sebagai contoh, untuk agunan berwujud yang bergerak, aset yang sering dijadikan agunan yaitu kendaraan bermotor, seperti truk, mobil, bus, dan motor.

Aset tersebut harus memiliki surat kepemilikan untuk diserahkan kepada kreditur sebagai jaminan. Apabila kendaraan tersebut tidak memiliki surat kepemilikan, maka tidak bisa dijadikan sebagai jaminan. Nantinya, nasabah yang meminjam dana tidak boleh meminjam dana dengan nominal lebih tinggi dari nilai kendaraan. 

Untuk aset tidak bergerak yang dijadikan agunan seperti rumah, ruko, tanah, dan logam mulia, tidak jauh berbeda juga dengan agunan bergerak, yaitu harus memberikan sertifikat kepemilikan kepada kreditur.

Baca Juga: Intip! Keunggulan Mengajukan Pinjaman Tanpa Agunan 

Apa Saja Syarat Aset untuk Agunan?

syarat aset untuk agunan

Tidak semua aset bisa dijadikan sebagai agunan, karena aset tersebut harus memiliki syarat dan ketentuan. Seperti memiliki nilai ekonomi, nilai yuridis, dan kepemilikan bisa dipindahtangankan. Maka dari itu, salah satu aset yang bisa dijadikan agunan adalah aset yang memiliki surat kepemilikan. Berikut ini penjelasan dari syarat dan ketentuan yang dimaksud. 

1. Memiliki Nilai Ekonomi

Aset yang dijadikan agunan harus memiliki nilai ekonomi. Artinya mempunyai harga nilai saat di jual dan bisa ditukar dengan uang. Jadi, semisal kamu gagal bayar, aset tersebut bisa dijual oleh pihak kreditur. 

2. Memiliki Nilai Yuridis

Syarat kedua dari aset yang bisa dijadikan agunan yaitu memiliki nilai yuridis. Artinya aset tersebut bisa dimiliki secara penuh sesuai hukum yang berlaku. Hal ini karena pihak bank memiliki hak untuk mendahulukan hasil likuidasi aset. 

3. Kepemilikan Bisa Dipindahtangankan

Aset jaminan yang disita nantinya akan diperjualbelikan saat hak kepemilikan berpindah dari peminjam (debitur) ke pemberi pinjaman (kreditur) untuk melunasi utang yang dipinjam karena gagal bayar. Oleh karena itu aset yang diberikan harus bisa dipindahtangankan. 

Salah satu syarat pinjaman uang cepat cair juga harus ada agunan atau jaminan. Sobat LINE Bank bisa mempertimbangkan dengan baik mengenai aset mana yang akan dijadikan sebagai agunan untuk mendapat pinjaman. 

Baca Juga: Cara Mengecek Riwayat Kredit Online dengan Cepat dan Mudah

Di LINE Bank, proses pengajuan pinjaman dapat dilakukan dengan proses yang mudah hanya dengan melampirkan e-KTP. Bahkan kamu tidak perlu mengisi formulir pengajuan yang panjang. Setelah mengirimkan informasi yang dibutuhkan untuk cek limit kredit, hanya dalam beberapa menit kamu bisa melihat berapa banyak limit pinjaman yang bisa kamu dapatkan. Download aplikasi LINE Bank sekarang juga dan cek kredit limit kapan saja kamu inginkan.

perluas wawasan dan pengetahuan finansial bersama LINE Bank
Bagikan ke Temanmu
LINE BANK SEO Admin
LINE BANK SEO Admin
Articles: 325