Apakah Bisa Mengajukan Pinjaman Online Tanpa KTP?

Ternyata masih banyak orang yang kurang nyaman ketika harus menyerahkan KTP dan foto selfie dalam proses pengajuan kredit. Apalagi akhir-akhir ini muncul berita soal kebocoran data di internet. Itu sebabnya, banyak juga yang mencari tahu apakah bisa mendapat pinjaman online tanpa KTP. Untuk mencari tahu jawabannya, yuk simak terus uraian di bawah ini.

Apakah Bisa Melakukan Pinjaman Online Tanpa KTP?

pinjaman online tanpa ktp

Sejauh ini, jika kamu hendak memproses pinjaman dana menggunakan aplikasi online harus menggunakan KTP dan foto selfie. Namun, terkadang peminjam merasa ragu dengan jaminan KTP tersebut. Pasalnya, peminjam merasa takut jika suatu saat identitasnya tersebar dan digunakan sembarangan oleh oknum yang tidak bertanggung jawab.

Untuk aplikasi pinjaman online yang resmi terdaftar di Otoritas Jasa Keuangan (OJK), KTP dan foto selfie merupakan persyaratan utama untuk mengajukan kredit. Jadi, boleh dibilang kalau saat ini hampir mustahil mengajukan pinjaman online tanpa KTP. 

KTP menjadi persyaratan penting untuk meyakinkan pihak bank supaya memberikan pinjaman. Sobat LINE Bank tidak perlu khawatir soal KTP dan foto selfie selama pengajuan dilakukan ke pinjaman online yang terdaftar di OJK. Sebab, pinjaman online tersebut diawasi ketat oleh OJK, termasuk soal penggunaan data pribadi nasabah. 

Selain itu, pihak perusahaan diwajibkan mencantumkan kebijakan privasi dalam situs resminya. Isi kebijakan privasi tersebut salah satunya tentang penggunaan dan penyimpanan data nasabah. Pihak perusahaan juga wajib lolos audit ISO (International Organization for Standardization) soal keamanan data. 

Jadi, untuk mengajukan kredit harus menyertakan KTP supaya dana bisa dicairkan. Bahkan pinjaman online bisa cair hanya dalam hitungan menit. Untuk pinjaman online kedua dan seterusnya tidak perlu melampirkan KTP lagi, karena KTP sudah terlampir saat pinjaman pertama dilakukan. 

Baca Juga: Bagaimana Cara Menghapus Data Pinjaman Online?

tetap update sama LINE Bank yuk!

Bagaimana Tips Memilih Pinjaman Online yang Aman?

tips memilih pinjaman online yang aman

Pinjaman online atau sering disebut juga pinjol, saat ini makin banyak. Tentu kamu harus berhati-hati saat memilihnya. Pasalnya, tidak semua pinjol memiliki track record yang baik. Nah, supaya kamu tidak salah pilih, yuk simak tips memilih pinjol yang aman berikut ini.

1. Cek Bunga yang Ditetapkan

Dalam mengajukan pinjaman, mengecek bunga yang ditetapkan sangat penting. Bisa jadi pengajuan kreditnya sangat mudah, tetapi bunga yang ditawarkan cukup tinggi. Untuk itu, pilih pinjol yang menetapkan besaran bunga yang wajar, sesuai dengan proses pengajuan juga lama tenor yang diberikan.

2. Ajukan Pinjaman Sesuai Kebutuhan

Sobat LINE Bank perlu mengajukan pinjaman sesuai kebutuhan, jangan sampai melebihi dari batas kemampuan keuangan. Sebab, nanti kamu akan mengalami kesulitan dalam pelunasannya. Jadi, sebaiknya pertimbangkan dengan matang sebelum mengajukan kredit, supaya tidak terjadi gagal bayar di kemudian hari.

3. Cek Track Record Perusahaan Pinjol

Banyak juga pinjol yang tidak terdaftar di OJK secara resmi. Ini melanggar hukum serta merugikan nasabah yang mengajukan pinjaman. Oleh karena itu, penting untuk mengecek track record perusahaan. Sobat LINE Bank bisa mengecek secara mandiri legalitas pinjol tersebut melalui laman resmi OJK. Bisa juga dengan menanyakan langsung melalui call center OJK di nomor 157.

4. Perhatikan Syarat dan Ketentuan Pinjol

Setelah mengecek legalitas pinjol, kamu perlu memahami syarat dan ketentuan yang ditawarkan. Syarat dan ketentuan ini tertera pada aplikasi pinjaman online. Sayangnya, terkadang peminjam mengabaikan hal ini karena bacaannya lumayan banyak. Poin syarat dan ketentuan sangat penting dicermati, jadi kamu wajib membacanya hingga tuntas ya.

Baca Juga: 5 Syarat Mengajukan Pinjaman Online

Bagaimana Cara Agar Pinjaman Online Cepat Disetujui?

cara agar pinjaman online cepat disetujui

Mengajukan pinjol dianggap lebih mudah dan praktis dibandingkan jenis pinjaman lainnya. Namun, banyaknya pilihan pinjol dan akses yang mudah tidak serta merta akan membuat pengajuan pinjaman bisa langsung disetujui. Penolakan bisa saja terjadi, bahkan disebabkan hal yang sepele. Supaya pengajuan pinjaman kamu diterima, berikut ini beberapa langkah cerdas yang bisa kamu lakukan.

1. Pilih Pinjol yang Bereputasi dan Tepercaya

Memilih pinjol bereputasi baik dan tepercaya sangat penting, terutama untuk memastikan bahwa kamu berurusan dengan perusahaan yang profesional dan memiliki kebijakan yang jelas. Pastikan perusahaan pinjol tersebut telah terdaftar resmi di OJK. Selain itu, pastikan juga pinjol tersebut sudah memiliki website atau aplikasi resmi yang memadai, sehingga proses peminjaman bisa diajukan dengan mudah.

2. Cantumkan Nomor Ponsel dan Kode OTP yang Tepat

Hindari kesalahan dalam mencantumkan nomor ponsel, begitu juga dengan kode OTP. Apabila terjadi kesalahan bisa dibilang fatal dan membuat pengajuan pinjaman gagal untuk diproses lebih lanjut. Saat mencantumkan nomor ponsel, kamu perlu melakukan double check untuk meminimalisir kesalahan.

3. Gunakan Foto dengan Kualitas Baik

Saat mengajukan pinjaman online, kamu pasti akan diminta untuk melampirkan beberapa foto pendukung, seperti foto KTP dan foto selfie dengan memegang KTP. Penting untuk membuat kedua foto ini terlampir dengan jernih, supaya bisa terbaca dengan baik oleh sistem. 

Jika foto KTP tidak jelas, maka sistem mengalami kesulitan untuk membaca data-data diri yang ada di KTP. Ini berisiko membuat pengajuan pinjaman mengalami penolakan. Pastikan mengambil foto yang jelas dan sesuai dengan ketentuan dari pinjol tersebut. Hal ini sekaligus menjawab kalau pinjaman online tanpa KTP tidak bisa diproses.

4. Jangan Abaikan Credit Scoring 

Credit scoring merupakan salah satu pertimbangan lembaga pembiayaan untuk menyetujui pinjaman, termasuk pinjol. Ada beberapa variabel yang dijadikan pertimbangan, seperti kelengkapan data diri, jumlah penghasilan, usia pemohon, masa kerja, status pernikahan, dan lain sebagainya. Pastikan kamu lolos credit scoring ini dengan memenuhi persyaratan yang diminta. Gunakan data yang valid dan isi aplikasi dengan informasi yang tepat.

Baca Juga: Apa Resiko Pinjaman Online Tidak Dibayar?

Jadi, pengajuan pinjaman online tanpa KTP sejauh ini belum bisa dilakukan. Untuk mendapatkan pinjaman uang cepat cair secara online, kamu bisa mengajukan pinjaman di aplikasi LINE Bank. Setelah persyaratan pengajuan pinjaman terpenuhi, dana pinjaman langsung cair ke rekening kamu dalam hitungan menit. Jadi, tunggu apalagi? Download aplikasi LINE Bank untuk memproses pengajuan pinjaman dengan mudah sekarang juga.

perluas wawasan dan pengetahuan finansial bersama LINE Bank
Bagikan ke Temanmu
LINE BANK SEO Admin
LINE BANK SEO Admin
Articles: 325