Definisi Tabungan Yang Harus Kamu Ketahui!

Definisi Tabungan

Kamu harus ketahui Definisi Tabungan dan beberapa keuntungannya!

Definisi tabungan itu sendiri adalah tempat menabungkan uang seperti contohnya celengan atau uang tabungan atau uang simpananan.

Namun ada juga, menurut Kamus Besar Bahasa Indonesia (KBBI) yang harus kamu ketahui yaitu Simpanan yang penarikannya hanya dapat dilakukan menurut syarat tertentu yang disepakati, tetapi tidak dapat ditarik dengan cek, bilyet giro, atau alat lain nya yang sejenis. Namun dengan adanya kemajuan teknologi, tabungan pada saat ini dapat ditarik dengan menggunakan kartu bank, ATM, atau melalui telepon.

Di artikel kali ini, akan dibahas lebih detail mengenai tabungan dan beberapa manfaatnya! Selamat membaca!

Apa itu Tabungan?

Seperti yang telah dijelaskan sebelumnya, simple nya Tabungan adalah simpanan uang perorangan atau suatu badan usaha pada bank dengan syarat-syarat yang sesuai ketentuan pihak bank. Tabungan bisa ditarik kapan saja tanpa batasan waktu, termasuk lewat ATM (Anjungan Tunai Mandiri), tetapi tidak bisa ditarik lewat bilyet giro, cek, dan alat penarik lainnya yang ditentukan bank. Tabungan juga didefinisikan sebagai bagian dari pendapatan yang tidak dikonsumsi dan disimpan untuk keperluan di masa yang akan datang.

Sejumlah fasilitas yang kini nasabah terima saat menabung di bank biasanya meliputi buku tabungan, kartu ATM, layanan mobile banking & internet banking, dan layanan lain yang diberikan oleh masing-masing bank. Uang yang disimpan di dalam tabungan dapat ditarik dengan mudah kini lewat buku tabungan, slip penarikan, kartu ATM, mobile banking, dan sebagainya.

Keuntungan Menabung di Bank

Mungkin sebagian dari anda masih bertanya-tanya, apa keuntungan jika menabung di bank. Nah berikut ini adalah keuntungan menabung di bank:

  • Keamanan. Dalam hal ini, uang nasabah dijamin aman karena disimpan di dalam bank sehingga tidak rawan dicuri dan sistem keamanan bank yang berlapis. Bank juga bekerja sama dengan Lembaga Penjamin Simpanan (LPS) sehingga uang nasabah bisa tetap diambil jika ada masalah yang menimpa pihak bank.
  • Keuntungan dari Tabungan. Uang yang ditabung akan berkembang karena adanya bunga dari saldo tabungan nasabah. Untuk bank syariah, keuntungan didapat dengan sistem bagi hasil sesuai ketentuan aturan syariah yang berlaku.
  • Praktis. Kini sudah banyak kemudahan yang nasabah bisa dapatkan dari berbagai layanan perbankan seperti internet bankingmobile banking, penarikan uang lewat ATM, dan sebagainya. Transaksi dan penarikan uang bisa dilakukan semakin mudah.
  • Pengelolaan Uang yang Lebih Baik. Dengan adanya tabungan, diharapkan nasabah bisa terbiasa menyisihkan uangnya di bank dan memiliki perencanaan keuangan yang lebih terarah.

Demikian informasi mengenai tabungan yang perlu Sobat LINE Bank ketahui sebelum mulai menabung. Sekarang, saatnya kamu mempraktekkan ilmu yang baru saja kamu pelajari, yaitu menabung deposito di LINE Bank

Hanya dengan uang sebesar Rp1.000.000, kamu sudah bisa membuka deposito. Bahkan kamu bisa perpanjang jatuh tempo secara otomatis dengan mengatur opsi saat pembukaan lho. Tunggu apalagi? Yuk buka deposito dengan perbedaan rekening giro dan rekening tabungansekarang juga

Bagikan ke Temanmu
LINE Bank Admin
LINE Bank Admin

A Different Experience of Digital Banking, LINE Bank. LINE Bank is a caring friend, someone that’s easy to get along with. LINE Bank is also a trusted companion, providing smart solutions to all financial issues.

Articles: 284