Cara Mengatur Financial Plan dengan Benar

Financial plan adalah salah satu hal yang sangat penting untuk dilakukan dalam mengelola keuangan. Namun sayangnya, masih terbilang banyak orang yang mengabaikan betapa pentingnya mengatur keuangan dengan cara membuat perencanaan keuangan.

Pada kenyataannya, jika tidak memiliki perencanaan keuangan, maka Sobat LINE Bank akan selalu merasa pendapatan yang dihasilkan tidaklah pernah cukup untuk memenuhi kebutuhan sehari-hari. Oleh karena itu, pentingnya untuk kamu mengetahui segala seluk beluk mengenai perencanaan keuangan berikut ini. Kamu bisa simak artikel ini untuk mendapatkan informasi lebih lanjut.

Apa Pengertian Financial Plan?

Financial plan merupakan sebuah proses saat seseorang berusaha untuk memenuhi kebutuhan finansialnya melalui pengembangan dan pengimplementasian rencana keuangan yang telah dirancang.

Rencana keuangan ini juga tidak bisa jika kamu hanya melakukannya sekali atau dua kali saja. Melainkan, perencanaan keuangan ini merupakan kegiatan yang memiliki sifat berkelanjutan. Hal tersebut dikarenakan keadaan keuangan seseorang akan selalu berubah-ubah sejalan dengan perubahan kebutuhan keuangan, keadaan ekonomi, dan tahapan kehidupan. 

Apa Saja Manfaat Financial Plan?

Setelah mengetahui apa pengertian dari financial planning, mungkin kamu akan bertanya soal manfaat dari membuat financial plan. Berikut beberapa manfaat baik perencanaan keuangan yang bisa dirasakan:

1. Memantau Kondisi Keuangan

Membuat perencanaan keuangan akan sangat membantu kamu untuk melihat bagaimana kondisi keuanganmu saat ini. Berapa jumlah pengeluaran dan ke mana arah pengeluaran kamu akan terlihat secara akurat. Setelah mengetahui beberapa hal tersebut, nantinya kamu akan jauh lebih bijak dalam membuat, menentukan langkah, sekaligus keputusan soal keuangan milikmu.

2. Membuat Anggaran

Financial planning bukanlah sebatas perkara untuk selalu memantau apakah keuanganmu sudah berjalan secara sehat saat ini. Melainkan, kamu juga berguna dalam pembuatan anggaran.. 

Hal tersebut penting, karena akan sangat membantu kamu mengetahui secara pasti berapa jumlah uang kamu yang masuk dan ke mana saja uang kamu keluar. Sehingga, kamu jadi lebih memiliki fokus untuk melakukan kegiatan menabung.

3. Meminimalisasi Kemungkinan Utang

Tentunya dengan pembuatan anggaran dan pemantauan kondisi keuangan, akan membantumu menekan pengeluaran untuk keperluan di luar kemampuan uang yang dimiliki. Sehingga akan kecil juga risiko kamu untuk berhutang.

4. Membantu Menetapkan Asuransi yang Diperlukan

Setelah kamu memiliki dasar finansial yang kokoh, kamu juga perlu untuk melindunginya dengan segera menetapkan asuransi. Tujuannya tidak lain tidak bukan untuk menghindari risiko keuangan yang dapat datang tak terduga. 

Seperti misalnya, meninggalnya pencari nafkah, kecelakaan, biaya medis yang membengkak dan masih banyak lainnya. Kamu dapat menyisihkan sedikit uang per bulannya sebagai dana perlindungan diri. 

5. Membuat Perencanaan Investasi

Setelah Sobat LINE Bank memiliki kondisi serta perlindungan finansial yang baik, kamu bisa memulai untuk merencanakan melakukan investasi. Melalui tujuan investasi yang tepat, nantinya kamu akan memiliki pendapatan pasif. 

6. Merealisasikan Tujuan Financial

Pada faktanya beberapa dari kita memiliki prioritas keuangan yang berbeda-beda. Misalnya, kamu ingin memiliki aset sebagai tujuan finansial kamu. Jika kemudian dalam prosesnya melakukan perencanaan keuangan dengan benar, maka tujuan untuk memiliki aset sebagai keinginan jangka panjang kamu akan tercapai. 

Baca Juga: Mengatur Keuangan Ala Jepang, Kakeibo!

Apa Saja Kategori Financial Plan?

Kategori perencanaan keuangan sendiri pada umumnya dibedakan berdasarkan tujuannya. Agar kamu lebih paham dengan kategori perencanaan keuangan yang ada, berikut penjelasannya:

1. Cash Flow Management

Cash flow management merupakan perencanaan keuangan yang dibangun atas pemahaman terkait berapa nominal pengeluaran dan pemasukan. Sehingga, dapat dirumuskan apa saja hal-hal yang termasuk ke dalam kebutuhan finansialnya. 

2. Risk Management

Risk management merupakan perencanaan keuangan meliputi proses identifikasi terkait berbagai macam risiko yang dapat mengakibatkan seseorang kehilangan sumber pendapatannya. Baik hal tersebut yang merugikan dirinya sendiri maupun orang terdekatnya. 

Jadi, ketika kamu mengalami kecelakaan, kamu harus tahu bagaimana cara melunasi biaya pengobatan tersebut. Lalu, jika kamu kehilangan pekerjaan, bagaimana kelanjutan hidup anggota keluarga yang kamu nafkahi. 

3. Investment Planning

Investment planning ini membantu kamu untuk mendapatkan investasi yang sesuai dengan keadaan finansial kamu beserta dengan profil risikonya. 

4. Tax Planning

Tax planning membantu kamu melakukan perencanaan pajak dengan tujuan agar biaya pajak yang dibayar tidak melebihi jumlah yang sebenarnya.

5. Retirement Planning

Retirement planning merupakan suatu proses yang dilakukan untuk mencapai masa pensiun yang baik melalui pengelolaan keuangan yang terencana.

6. Estate Planning

Estate planning merupakan perencanaan dan pengelolaan properti ketika kamu pensiun atau setelah kamu meninggal. Jadi, estate planning ini meliputi bagaimana rencana untuk mendistribusikan atau memindahkan kekayaan dari yang kamu miliki ke anggota keluargamu lainnya. 

Baca Juga: 4 Cara Mengatur Uang Hasil Jualan

Bagaimana Cara Membuat Financial Plan yang Baik dan Benar?

Lalu, kira-kira bagaimana ya cara membuat perencanaan keuangan dengan baik dan benar? Kamu bisa membaca penjelasan lebih lengkapnya di bawah ini:

1. Mengenali Bagaimana Kondisi Keuanganmu

Langkah pertama saat kamu akan membuat financial plan adalah dengan mengenali bagaimana kondisi keuanganmu. Hal ini bisa dimulai dengan melakukan identifikasi terkait pemasukan dan pengeluaran setiap bulannya. Tentunya hal tersebut kamu lakukan dengan tujuan agar kamu bisa merencanakan anggaran tepat setelahnya.

Tujuan keuanganmu akan berhasil atau tidak pada dasarnya sangat bergantung dari bagaimana kamu mengenali kondisi keuanganmu sendiri. Jadi, pastikan kamu mengenalinya terlebih dahulu ya, Sobat LINE Bank.

2. Buatlah Penganggaran untuk Bulanan

Setelah kamu mengetahui bagaimana kondisi keuanganmu, langkah selanjutnya adalah buatlah penganggaran untuk bulanan beserta berapa nominalnya. Jangan membuat perkiraan dengan cara memperkecil pengeluaran ya, Sobat LINE Bank. Jika hal tersebut kamu lakukan, akan mengakibatkan kurang akuratnya financial plan kamu nantinya. 

3. Sisihkan Uang di Awal

Ingat, jangan membelanjakan semua pendapatanmu sampai habis ya! Karena kamu juga perlu menyisihkannya untuk menjaga kondisi finansialmu. Kamu bisa melakukannya dengan langsung memisahkan uang yang akan kamu tabung di awal periode saat merencanakan anggaran per bulannya. 

4. Meminimalkan Utang dan Keperluan Bersifat Impulsif

Hindari untuk mengeluarkan uang dengan membeli barang yang sepertinya di luar kemampuan uang yang kamu miliki. Sebab, sudah pasti ini akan membuat perkiraan anggaran kamu menjadi berantakan.

5. Anggarkan Kebutuhan Tidak Terduga

Jangan melewatkan untuk mempertimbangkan dana darurat saat tahap membuat anggaran bulanan ya, Sobat LINE Bank. Alasannya karena, dana darurat ini nantinya akan membantu kamu memenuhi kebutuhan keuangan yang mendadak dan saat hal yang tidak diinginkan terjadi.

7 . Evaluasi

Setelah kamu berhasil membuat perencanaan anggaran dan melaksanakannya, jangan lupa untuk meninjaunya kembali. Selain itu juga, kamu bisa menilai apakah ada yang bisa untuk dimaksimalkan atau bahkan perlu diperbaiki.

Tetapi, satu hal yang tak boleh ketinggalan dan terbilang penting adalah untuk menjaga konsistensi dalam menerapkan perencanaan anggaran di setiap bulannya.

Baca Juga: Cara Mengatur Keuangan Rumah Tangga yang Efektif

Sobat LINE Bank tentunya sudah mengerti alasan mengapa kegiatan perencanaan keuangan ini sangat penting kan. Setelah melakukan financial planning untuk mengelola keuangan, kamu juga bisa mengandalkan LINE Bank dalam kegiatan menabungmu. 

LINE Bank merupakan digital bank yang menyediakan layanan aktivitas banking dengan kemudahan yang berlimpah. Tabungan LINE Bank akan memberikanmu biaya 0 rupiah* saat melakukan transaksi transfer dan tarik tunai, praktis membayar tagihan & beli pulsa, hingga cek transaksi yang juga bisa kamu lakukan dengan mudah.  

Langsung saja download aplikasi LINE Bank dan buka rekening tabungan kamu sekarang juga!

tetap update sama LINE Bank yuk!
Bagikan ke Temanmu
LINE BANK SEO Admin
LINE BANK SEO Admin
Articles: 324