4 Tips Meraih Kebebasan Finansial ala Merry Riana

Apakah Sobat LINE Bank mengenal sosok Merry Riana? Wanita yang mendapat julukan ‘wanita sejuta dolar’ ini berhasil mencetak 1 juta dolar sebelum usia 26 tahun hingga mencapai kebebasan finansial. Perjuangan Merry Riana ini bisa kamu jadikan inspirasi untuk mencapai financial freedom di usia muda. Yuk, simak tips meraih kebebasan finansial ala Merry Riana di bawah ini.

Apa itu Kebebasan Finansial?

Kebebasan finansial yaitu kondisi di mana kamu bisa mengambil berbagai keputusan tanpa perlu mengkhawatirkan faktor keuangan. Pasalnya, kamu memiliki cukup tabungan, investasi, serta uang tunai untuk menunjang kehidupan sendiri dan keluarga.

Sobat LINE Bank bisa dikatakan berada dalam fase kebebasan finansial ketika bisa membayar semua biaya hidup sendiri tanpa harus bekerja atau mendapat bantuan dari orang lain. Penghasilan yang diperoleh biasanya berasal dari berbagai passive income yang dibangun saat usia muda. 

Mayoritas orang mengira bahwa mencapai kebebasan finansial harus berada di usia matang. Padahal, tidak menutup kemungkinan jika seseorang yang berusia muda juga bisa mencapai financial freedom, salah satu contohnya Merry Riana.

Apa Saja Tahapan Kebebasan Finansial?

Penulis buku berjudul Financial Freedom, Grant Sabatier, menyatakan setidaknya ada tujuh tahapan atau level kebebasan finansial. Berikut ini ketujuh tahapan tersebut.

1. Clarity

Langkah pertama, kamu harus memeriksa situasi keuangan saat ini. Mulai dari berapa banyak uang dan utang yang kamu miliki. Selain itu, kamu juga harus menentukan tujuan keuangan yang ingin dicapai. 

2. Kemandirian

Selanjutnya, Sobat LINE Bank perlu mandiri secara finansial. Ketika kamu sampai di tahap ini, kamu memiliki penghasilan yang cukup untuk membiayai kebutuhan hidup tanpa bantuan dari luar, seperti bantuan orang tua. Pada tahapan ini, biasanya seseorang hidup dari gaji ke gaji atau mengambil pinjaman untuk memenuhi kebutuhan.

Baca Juga: 5 Keuntungan Investasi Bagi yang Melakukannya

3. Kelonggaran Finansial

Seseorang yang sampai di level tiga, biasanya masih memiliki sisa uang setelah membayar biaya hidup. Sisa uang ini digunakan untuk mencapai tujuan finansial lain, seperti mengumpulkan dana darurat dan investasi untuk dana pensiun. Pada fase ini, kamu memiliki kelonggaran finansial, namun bukan berarti menghasilkan gaji yang jauh lebih besar.

4. Stabilitas

Kamu yang mencapai tahapan empat seharusnya sudah tidak memiliki utang dengan bunga yang tinggi, seperti utang kartu kredit. Justru pada level ini kamu memiliki dana darurat yang nilainya setara dengan biaya hidup selama enam bulan. Ketika sudah mengamankan dana darurat, artinya kamu memiliki dana aman apabila terjadi keadaan yang tidak terduga, misalnya mengalami pemutusan hubungan kerja. 

5. Fleksibilitas

Pada tahapan ini, Sobat LINE Bank setidaknya memiliki dana darurat untuk membayar biaya hidup selama dua tahun. Dana darurat ini tidak perlu disimpan dalam bentuk uang tunai. Bisa dengan investasi emas atau reksa dana. Selama dana tersebut bisa diakses dengan cepat saat kamu membutuhkannya, artinya kamu memiliki fleksibilitas untuk membebaskan diri setidaknya untuk sementara waktu.

6. Kemandirian Finansial

Sobat LINE Bank yang sudah sampai pada level kemandirian finansial, biasanya hidup hanya dari passive income. Penghasilan pasif ini bisa berasal dari portofolio investasi yang menghasilkan bunga atau investasi sewa properti. Untuk sampai pada level ini, Sobat LINE Bank harus menginvestasikan pendapatan dalam persentase yang tinggi. Misalnya menabung sebanyak 5% dari total gaji yang didapatkan setiap bulan.

7. Kekayaan Berlimpah

Seseorang yang sudah mencapai level tujuh tidak punya kekhawatiran apa pun lagi mengenai keuangan. Pada tahapan ini, kamu memiliki uang dan aset dalam jumlah yang lebih banyak daripada yang dibutuhkan. Oleh sebab itu, tahapan ini disebut dengan tahapan kekayaan berlimpah.

Baca Juga: Kenali Financial Independence, Pensiun Lebih Cepat!

Apa Saja Tips Meraih Kebebasan Finansial ala Merry Riana?

Source : Orami

Merry Riana berhasil mewujudkan impiannya menjadi financial freedom sebelum usianya 30 tahun. Dibalik pencapaian tersebut, tentu ada kerja keras, perjuangan, dan pengelolaan keuangan yang dilakukannya. 

Berikut ini tips meraih kebebasan finansial ala Merry Riana yang dapat kamu jadikan inspirasi dan motivasi yang dilansir dari successbefore30.co.id.

1. Financial Mess

Merry Riana menyadari kalau dia bukan berasal dari keluarga berada. Jadi, mau tidak mau dia harus berutang sana-sini untuk membiayai pendidikannya di Singapura. Merry Riana juga hanya hidup dengan uang 10 dolar setiap minggunya. 

Saat itu, Merry Riana mengalami kondisi financial mess, yaitu keuangan yang kacau balau di mana pengeluaran lebih besar dari pendapatan. Bahkan dia menumpuk utang di sana-sini. Dari kondisi itu, Merry Riana menyadari kalau sudah lulus kuliah harus berusaha lebih keras melunasi seluruh utangnya, salah satunya dengan berbisnis.

“Saya tahu kalau saya sudah punya utang begitu banyak. Itu artinya saya tidak bisa memulai bisnis dengan berutang lagi. Jadinya gali lubang, tutup lubang. Saya juga harus memastikan bahwa pengeluaran harus jauh lebih minim dibandingkan pendapatan, sehingga pengeluaran tersebut bisa ter-cover”, tutur Merry Riana. 

2. Financial Security

Jika tahapan sebelumnya kondisi keuangan yang kacau balau, langkah berikutnya yaitu tahap financial security atau keamanan finansial. Ketika menginjak usia 22 tahun, hal yang dilakukan Merry Riana memastikan pengeluaran lebih kecil dari pendapatan dan anti berutang. Selain itu, Merry Riana pun mengalokasikan dana simpanan, setidaknya untuk enam bulan ke depan. 

“…anggap saja misalkan saya tidak memiliki income, saya tidak bisa mendapatkan penghasilan. Maka saya masih bisa bertahan hidup selama enam bulan ke depan”, tambah Merry Riana.

Saat itu, Merry Riana disiplin berinvestasi ke berbagai macam instrumen investasi. Merry hanya menyimpan dana di bank, karena belum mengenal deposito. Jadi, selama enam bulan ke depan kebutuhan finansial telah terpenuhi. Artinya, Merry sudah mencapai tahapan financial security. 

3. Financial Flexibility

Tahapan selanjutnya ialah flexibility, di mana kamu lebih fleksibel mengatur uang yang hendak diinvestasikan atau digunakan untuk keperluan apa saja. Merry Riana melakukan investasi dengan melakukan diversifikasi portofolio sambil bekerja 14 jam per hari.

“Saya tetap bekerja keras 14 jam setiap hari, non stop 7 hari dalam seminggu. Dan saya punya target presentasi, yaitu 20 kali presentasi setiap hari. Dan kerja keras itu membuahkan hasil. Sampai akhirnya tahun pertama saya terjun di dunia sales, saya bisa mendapatkan pendapatan lebih dari SG$220.000”, jelas Merry Riana.

Pendapatan tersebut bisa dibilang fantastis, jika dirupiahkan setara dengan Rp2 miliar. Akhirnya Merry bisa membayar utang kuliah sebesar SG$40.000 secara tunai. Sisanya, uang tersebut Merry gunakan untuk mengembangkan bisnis dengan menyewa kantor dan merekrut banyak karyawan di Singapura untuk mengembangkan Merry Riana Organization (MRO). Pada tahapan ini, Merry Riana sudah berada pada fase keuangan yang fleksibel. 

4. Financial Freedom 

Pada tahapan financial freedom, Merry Riana menyatakan kalau sekarang ini bekerja untuk berkarya, bukan untuk memenuhi kebutuhan. Hal ini karena Merry sudah mencapai kebebasan finansial sebelum usia 30 tahun sebagaimana impiannya.

“Kita bekerja untuk bertumbuh, belajar dan untuk menyalurkan pengalaman yang kita miliki. Jadi, bukan masalah menghasilkan uang. Tetapi kita tetap berkarya, tetap bekerja keras juga, karena ini adalah passion kita”, tambah Merry Riana.

Baca Juga: Inilah 5 Cara Menabung 50 Juta dalam Setahun untuk Gen-Z

Bagi Merry Riana, mencapai kebebasan finansial bukan berarti menganggur. Oleh sebab itu, Merry kembali ke Indonesia untuk menjalankan misinya, yaitu menciptakan dampak positif dalam kehidupan jutaan orang. Misi tersebut dilakukan dengan mengadakan banyak seminar, video, membuat film, dan mengunggahnya di YouTube.

Bagaimana, apakah kamu sudah mendapatkan inspirasi dari tips meraih kebebasan finansial ala Merry Riana? Setiap orang pasti bisa mewujudkannya, selagi kamu mampu berkomitmen dan disiplin dalam mengelola keuangan.

Hal penting lainnya, dana yang Sobat LINE Bank miliki jangan dihabiskan saat itu juga. Melainkan ditabung atau diinvestasikan untuk mencapai kunci sukses di masa depan. Kamu bisa menabung deposito di LINE Bank dengan jangka waktu yang beragam, yaitu 1 – 12 bulan. 

Nabung deposito di LINE Bank lebih untung dengan bunga deposito tinggi. Kamu bisa mulai nabung dari Rp1.000.000 dengan maksimum penempatan per deposito adalah Rp1 miliar. Kamu juga bisa perpanjang jatuh tempo secara otomatis dengan mengatur opsi saat pembukaan. 

Download aplikasi LINE Bank sekarang juga dan mulai menabung untuk mencapai kebebasan finansial seperti Merry Riana di usia muda. 

tetap update sama LINE Bank yuk!
Bagikan ke Temanmu
LINE BANK SEO Admin
LINE BANK SEO Admin
Articles: 324