Jadi Produk Perbankan Favorit, Apa Itu Deposito Berjangka?

Deposito berjangka menjadi salah satu produk perbankan favorit masyarakat untuk menabung. Lalu, apa itu deposito berjangka? Sobat LINE Bank perlu mengetahuinya terlebih dahulu sebelum memutuskan untuk memilih menabung menggunakan produk deposito berjangka.

Ketika Sobat LINE Bank datang ke bank dan berniat untuk menabung, biasanya bank akan menawarkan berbagai produk perbankan sesuai dengan kebutuhan. Jika tidak digunakan sebagai tabungan darurat, kamu akan direkomendasikan untuk mengambil produk deposito yang memiliki bunga lebih tinggi. 

Jika kami tertarik dengan produk satu ini, simak berbagai informasi mengenai deposito berjangka di sini agar bisa lebih paham dan tidak salah langkah.

Apa itu Deposito Berjangka?

Deposito sendiri merupakan salah satu cara berinvestasi. Kamu akan menyimpan uang di bank untuk jangka waktu tertentu. Jadi, uang yang kamu tabung tidak bisa diambil sesuka hati. Nah, terus apa ya yang dimaksud dengan deposito berjangka?

Deposito berjangka ini merupakan salah satu produk perbankan yang paling sering digunakan, baik untuk perorangan, lembaga atau perusahaan. Sobat LINE Bank perlu tahu bahwa waktu penyimpanan uang dari deposito berjangka ini panjang dan bervariasi. Durasi penyimpanan uang biasanya mulai dari 1 bulan hingga 24 bulan atau 2 tahun loh.

Kepemilikan dari deposito berjangka ini sifatnya jelas dan tetap, tidak bisa dijual ataupun dipindah tangankan. Kalau masa penyimpanan deposito sudah mau habis, tenang saja. Sobat LINE Bank bisa memilih untuk diperpanjang secara otomatis.

Apa saja Ciri-Ciri Deposito Berjangka?

Setelah memahami apa itu deposito berjangka, lalu bagaimana ya ciri-ciri deposito berjangka? Hal ini perlu dipahami untuk mengenai produk deposito berjangka dan tidak mudah tertipu dengan iming-iming tak masuk akal. Simak penjelasan berikut ini mengenai beberapa ciri-ciri dari deposito berjangka.

1. Setoran Minimal

Ketika ingin membuka akun deposito berjangka, kamu akan diberikan persyaratan setoran minimal yang biasanya lebih besar dari setoran minimal tabungan biasa. Setiap bank memiliki kebijakan berbeda-beda, biasanya berkisar dari 5-8 juta. Tapi, Sobat LINE Bank bisa buka deposito mulai dengan 1 juta rupiah di LINE Bank loh. Simak informasi lengkapnya di sini.

2. Bunga Lebih Tinggi dari Tabungan Biasa

Deposito berjangka biasanya akan menawarkan suku bunga yang lebih tinggi dari tabungan biasa. Hal ini dikarenakan periode penyimpanan yang lama. Dengan tawaran suku bunga tinggi, maka keuntungan yang kamu dapatkan akan semakin besar. LINE Bank bahkan menawarkan bunga deposito tinggi hingga 6%, kamu bisa melihat-lihat penawaran LINE Bank terlebih dahulu.

3. Bisa Dijadikan Agunan

Belum banyak orang yang tahu bahwa deposito berjangka juga bisa dijadikan agunan kredit loh. Tetapi, tidak semua bank mau untuk memberikan pinjaman hanya dengan deposito berjangka saja ya. Biasanya, akan tetap ada jaminan pendamping lainnya sebagai persyaratan peminjaman uang di bank.

4. Produk Kena Pajak

Deposito berjangka merupakan salah satu produk yang terkena pajak. Jadi, kamu harus memperhitungkan terlebih dahulu besaran keuntungan dan potongan pajak yang akan kamu dapatkan di akhir periode deposito berjangkamu. Tidak perlu khawatir, pajak hanya akan memengaruhi besaran dana dari suku bunga yang kamu dapat, tidak memengaruhi dana pokok tabunganmu.

Baca Juga: Sederet Keuntungan Deposito yang Bisa Kamu Rasakan!

Apa Manfaat dari Deposito Berjangka?

Menjadi salah satu favorit masyarakat, pastinya banyak manfaat dari deposito berjangka yang menggiurkan. Nah, kamu bisa menyimak beberapa manfaat yang akan kamu dapatkan dengan deposito berjangka di sini.

1. Lebih Aman dari Tabungan Biasa

Ketika memilih produk deposito berjangka, tabunganmu akan menjadi lebih aman. Hal ini dikarenakan uang yang disimpan tidak bisa diambil sebelum kurun waktu yang ditentukan. 

Apabila menarik uang sebelum waktunya, bisa saja Sobat LINE Bank akan terkena denda loh. Jadi, rencana menabungmu akan lebih aman dan tidak tergoda untuk mengambilnya sewaktu-waktu.

2. Jadi Cara Investasi yang Mudah

Seperti yang diketahui, bunga deposito berjangka lebih tinggi dari bunga tabungan biasa bahkan produk perbankan lainnya. Nah, deposito berjangka ini bisa menjadi cara investasi paling mudah karena tabunganmu akan bertambah tanpa perlu melakukan apa-apa. 

Jelas berbeda bila dibandingkan dengan investasi saham, Sobat LINE Bank perlu mempelajari lebih dalam dan memainkannya dengan tepat untuk mendapatkan keuntungan tinggi.

Melalui deposito berjangka, sobat LINE Bank akan langsung mendapatkan keuntungan bunga sesuai dengan kebijakan bank. Semakin besar setoran dana tabungan yang kamu berikan, maka akan semakin besar pula besaran dana berbunga yang kamu dapatkan.

3. Rendah Risiko

Deposito berjangka merupakan produk perbankan yang memiliki tingkat gagal investasi rendah. Jadi, keuanganmu akan lebih aman meskipun pasar sedang tidak menentu. Naik atau turunnya harga di pasar, tidak akan memengaruhi jalannya bunga tabungan apalagi berdampak pada dana pokok tabunganmu.

4. Dijamin oleh LPS

Ketika memutuskan untuk menabung menggunakan produk deposito berjangka, sobat LINE Bank tidak perlu takut untuk kehilangan uang jika suatu hari nanti bank tempat sobat LINE Bank menyimpan uang itu mengalami kerugian/bankrut. 

Lembaga Penjamin Simpanan (LPS) akan memberikan jaminan bahwa uang deposito kamu akan tetap bisa ditarik secara utuh, meskipun ada risiko tidak mendapat bunga karena pengurangan dana berdasarkan potongan biaya administrasi.

Baca Juga: Ketahui Jenis Deposito Biar Makin Untung!

Bagaimana Cara Menghitung Deposito Berjangka?

Setelah paham banyak mengenai deposito berjangka, lalu bagaimana ya perhitungan pendapatannya? Pendapatan dari deposito berjangka ini akan berdasarkan pada bunga yang ditawarkan bank serta besaran pajak yang harus ditanggung.

Untuk menghitung besaran bunga yang diperoleh, maka dapat menggunakan rumus sebagai berikut :

= (Jumlah setoran x suku bunga x jumlah tenor) / 365 hari

Misalkan dengan setoran awal 10 juta kemudian bank menawarkan bunga 6% untuk periode penyimpanan 6 bulan, maka perhitungannya :

= (Rp10.000.000,- x 6% x 180 hari) / 365 hari

= Rp108.000.000,- / 365

= Rp295.890,-

Kemudian dilanjut dengan perhitungan pajak yang akan dipotong dari bunga yang didapatkan, misalnya tarif pajaknya adalah 10% :

= Keuntungan bunga x tarif pajak

= Rp295.890,- x 10%

= Rp29.589,-

Maka, besaran pendapatan total yang diperoleh ketika masa tenor menabung habis adalah :

= Jumlah setoran + (besaran bunga-tarif pajak)

= Rp10.000.000,- + (295.890 – 29.589)

= Rp10.000.000,- + Rp266.301,-

= Rp10.266.301,-

Nah, itulah tadi penjelasan lengkap mengenai deposito berjangka. Tawaran yang menarik bukan? Tanpa menambah dana setoran, sobat LINE Bank bisa meraup keuntungan dengan nominal yang cukup besar. Caranya mudah dengan tingkat keberhasilan yang tinggi.

Baca Juga: Apa Itu Deposito dan Manfaat Investasi Deposito?

Kunjungi LINE Bank sekarang juga, dapatkan bunga deposito tinggi untuk maksimalkan keuntungan menabungmu. Tak perlu khawatir, LINE Bank menawarkan bunga simpanan hingga 6% dengan setoran minimal mulai dari 1 juta rupiah saja loh.

Jadi jangan ragu untuk gunakan LINE Bank sebagai solusi finansialmu!

tetap update sama LINE Bank yuk!
Bagikan ke Temanmu
LINE BANK SEO Admin
LINE BANK SEO Admin
Articles: 325