Intip! Cara Generasi milenial Siapin Dana Darurat

Intip! Cara Generasi milenial Siapin Dana Darurat

Dalam melakukan manajemen keuangan, para generasi milenial kerap mendengar pentingnya memiliki dana darurat atau Emergency Fund.

Dilansir dari halaman sikapiuangmu.ojk.go.id, dana darurat merupakan alokasi uang yang digunakan untuk keperluan-keperluan di saat genting, apalagi dikabarkan tahun 2023 akan resesi. Amit-amit di PHK kan ya, pokonya hal-hal yang dapat mengganggu arus kas keuangan. Dana dapat digunakan untuk kebutuhan harian apabila seseorang tekena pemutusan hubungan kerja (PHK) dan sedang mencari pekerjaan baru. Lalu bagaimana cara menyiapkan dana darurat bagi generasi milenial? Simak yuk!

1. Pahami Kebutuhan Dana Darurat

Kebutuhan setiap orang berbeda-beda. Idealnya, jumlah dana darurat yang perlu disiapkan adalah 6 sampai 12 kali dari jumlah pengeluaran per bulan. Untuk yang masih lajang, besarnya yang dibutuhkan cukup dengan 6 kali jumlah pengeluaran bulanan. Namun, bagi yang sudah berkeluarga atau memiliki tanggungan besarnyayang dibutuhkan setidaknya 9 sampai 12 kali pengeluaran per bulan. Mulailah dengan menyisihkan dana dari sebagian kecil pendapatan secara konsisten dan bertambah seiring dengan meningkatnya pendapatan.

2. Disiplin dan Berkomitmen

Pos dana darurat cenderung lebih mengendap dan hanya digunakan saat-saat tertentu saja. Dana ini yang fungsinya sebagai antisipatif, membuat penempatannya harus mudah diakses atau dicairkan. Kedua hal tersebut, ditambah dengan jumlah nominal yang besar membuat nya sulit untuk dipersiapkan. Diperlukan kedisiplinan dan komitmen yang tinggi agar tidak mengutak-atik pos dana besar yang mengendap dan mudah diakses tersebut. Biasakan disiplin untuk selalu sisihkan uang untuk pos ini saat menerima pendapatan, bukan sisakan uang setelah melakukan pengeluaran.

Nah pas banget nih supaya kamu makin disiplin dalam mempersiapkan dana darurat, Ada LINE Bank yang punya fitur multi rekening! Multi Rekening yaitu memiliki rekening lebih dari satu. Di LINE Bank kamu bisa memiliki rekening hingga 8 akun rekening berbeda dalam 1 akun saja loh! Kamu bisa mulai pisahin rekening kamu sesuai dengan kebutuhanmu mulai dari tabungan jangka panjang, pengeluaran sehari-hari, hingga rekening untuk jajan atau sesuai dengan kebutuhan kamu nantinya.

3. Buka Rekening Baru Khusus

Uang memiliki sifat yang sama dengan benda cair, yaitu mudah tercampur. Salah satu cara efektif dalam mengatur benda cair adalah memisahkan wadahnya. Membuka rekening baru yang khusus hanya untuk dana darurat dapat membantu memisahka uang agar tidak tercampur dengan yang lainnya. Dalam hal ini kamu juga lebih baik menggunakan fitur multi Rekening.

4. Kontrol dan evaluasi kondisi keuangan

Selain membuat pos-pos anggaran, seseorang juga dapat mencatat arus kas keuangan pribadi. Dengan begitu, ia dapat mengontrol dan mengevaluasi kondisi keuangan secara berkala. Dengan mengevaluasi arus kas, seseorang dapat mengurangi pengeluaran untuk sesuatu yang sebenarnya tidak mendesak. Dengan menekan pengeluaran yang tidak dikategorikan penting, seseorang dapat menggemukkan pos dana agar lebih cepat dicapai.

Nah itu dia Cara Generasi milenial Siapin Dana Darurat. Untukmu yang memang belum memiliki rekening LINE Bank, yuk segera coba! Caranya gampang kok, dimanapun bisa kamu lakukan dan praktis lho cuma download aplikasi LINE Bank di Appstore maupun Playstore disini!

Baca juga : Apa itu Dana Darurat? Bagaimana Cara Mengumpulkannya?

Bagikan ke Temanmu