Tips Menjaga Daya Tahan Tubuh saat Cuaca Tidak Menentu

Menjaga Daya Tahan Tubuh

Tips Menjaga Daya Tahan Tubuh saat Cuaca Tidak Menentu- Musim pancaroba selalu identik dengan hadirnya berbagai penyakit. Keadaan cuaca yang demikian jelas menguji daya tahan tubuh kita. Jika tubuh tidak dalam kondisi yang prima, penyakit dengan mudahnya akan menyerang. Terutama penyakit pada saluran pernapasan seperti flu dan sakit tenggorokan. Dua masalah kesehatan ini seringkali menjadi ancaman di kala cuaca sedang tidak stabil.

Sebut saja demam berdarah, tifus, diare, dan flu adalah penyakit yang cukup banyak terjadi selama pergantian musim ini. Saat memasuki pergantian musim, cuaca menjadi tidak menentu. Siang hari bisa saja matahari terasa terik, lalu hujan tiba-tiba turun dengan deras pada sore atau malam hari. Belum lagi dengan intensitas angin yang akan bertiup lebih kencang daripada biasanya.

Akibat hal ini, tubuh harus memiliki daya tahan yang optimal. Jika tidak, maka tubuh kesulitan beradaptasi dengan baik terhadap perubahan cuaca. Kamu jadi rentan terserang penyakit.

Lalu, apa yang bisa dilakukan agar tetap sehat di tengah perubahan cuaca tidak menentu? Yuk, simak beberapa tips Menjaga Daya Tahan Tubuh saat Cuaca Tidak Menentu berikut!

1. Istirahat yang cukup

Sudah jadi rahasia umum, kurang tidur dapat menyebabkan daya tahan tubuh menjadi lemah. Kurangnya tidur bisa membuat tubuh kita rentan terhadap banyak virus yang menginfeksi.

Apalagi di tengah kondisi perubahan cuaca yang tidak bisa diprediksi, istirahat yang cukup menjadi sangat penting untuk memulihkan stamina dan kekuatan imun. Usahakan kita memperoleh waktu tidur nyenyak dalam tujuh hingga delapan jam setiap harinya, sebab hal tersebut sangat efektif membantu meningkatkan kekebalan imun dalam tubuh.

2. Berolahraga

Di samping istirahat yang cukup, kita pun dapat menjaga kondisi tubuh di tengah perubahan cuaca yang ekstrim dengan rutin berolahraga. Kegiatan satu ini dapat menjaga fungsi tubuh dengan baik.

Berolahraga ringan —seperti melakukan exercise— dapat membuat tubuh berenergi dan meningkatkan daya tahan. Beberapa jenis olahraga ringan seperti berjalan kaki, jogging, lunges, push-up, dapat kita lakukan juga sebagai alternatifnya.

Dengan berolahraga secara rutin, kesehatan mental kita pun akan terjaga, karena saat berolahraga, tubuh akan memproduksi produksi hormon endorfin dalam otak.

3. Menjaga kebersihan

Tidak hanya lewat aktivitas yang dilakukan langsung oleh tubuh, nyatanya kita perlu juga memperhatikan kebersihan lingkungan agar kondisi tubuh tetap fit.

Tutup tempat penampungan air agar tidak menjadi sarang nyamuk. Jangan biarkan debu menumpuk di tempat-tempat seperti kusen jendela, ventilasi udara, dan sudut-sudut ruangan. Tempat yang kotor berpotensi menjadi sarang hewan-hewan pembawa virus dan bakteri yang berbahaya bagi kesehatan.

4. Menghidrasi tubuh saat cuaca ekstrim

Agar berfungsi dengan baik, sistem kekebalan tubuh kita pun sangat bergantung pada nutrisi dalam aliran darah —yang sebagian besar merupakan air. Tanpa air, sel-sel dan jaringan sistem kekebalan tubuh tidak dapat mengolah dan menyebarkan nutrisi yang dibutuhkan.

Apalagi mengingat kondisi cuaca yang saat ini tidak menentu, sebaiknya kita mengonsumsi minuman yang juga dapat membuat tubuh adem, seperti Adem Sari misalnya. Adem Sari mengandung Vitamin C tinggi, Jus dan Herbal. Adem Sari dapat diminum setiap hari untuk menjaga daya tahan tubuh.

Itulah beberapa cara yang bisa kamu lakukan untuk menjaga daya tahan tubuh di tengah musim pancaroba ini. Selain tips diatas kamu juga harus mengurangi stress lho supaya sistem kekebalan tubuhmu juga tetap terjaga. Menghindari stress dikemudian hari, bisa juga kamu lakukan dengan memiliki dana darurat yang kamu simpan di deposito. Nah deposito LINE Bank terutama, banyak promo yang nguntungin kamu banget hingga sampai RP 2.000.000 lho. Simak disini ya!

Sobat LINE Bank belum punya akun LINE Bank? Yuk daftar sekarang!

Aplikasi LINE BANK bisa diunduh di sini bagi yang belum punya Ya!!

Baca juga : Pinjam KTA untuk dana darurat?

Bagikan ke Temanmu
LINE Bank Admin
LINE Bank Admin

A Different Experience of Digital Banking, LINE Bank. LINE Bank is a caring friend, someone that’s easy to get along with. LINE Bank is also a trusted companion, providing smart solutions to all financial issues.

Articles: 285