Rumah Jauh dari Kantor? Masih aman mentalnya? 🤦‍♂️

Rumah Jauh dari Kantor?
Source : https://4dayweek.io/

SIAPA DISINI YANG RUMAHNYA DAH DILUAR PLANET TAPI KERJANYA DI JAKARTAAA?? 🙌🙌🙌

Buat Sobat LINE Bank yang bekerja di ibu kota, punya rumah jauh dari kantor bukanlah hal yang jarang terjadi.

Karena menempuh jarak hingga puluhan kilometer, nggak sedikit pekerja yang akhirnya harus menghabiskan waktu hingga berjam-jam di jalan.

Hal ini tentu punya banyak negatif, dari masalah produktivitas hingga perkara mental! Yuk simak beberapa Dampaknya!

Dampak Psikologis

Dikutip dari situs office topics, jika perjalanan pulang dan pergi dari rumah ke kantor melebihi 2 jam, maka rumah lo terbilang terlalu jauh dari kantor. Pasalnya durasi perjalanan tiap hari memakan waktu setidaknya 8,3 persen dari satu hari.

Menurut Wakil Ketua Komite Tetap Kamar Dagang dan Industri (Kadin) Indonesia, Adri Istambul, punya rumah jauh dari kantor bisa bikin kerja nggak efisien dan bermasalah soal waktu. Hal ini dipicu tenaga yang sudah terlanjut terkuras dalam perjalanan menuju tempat kerja.

Nggak cuma itu, ada pula permasalahan sosial dan psikologis.

“Dia (masyarakat) akan menjadi orang yang terasing dengan keluarganya. Dia berangkat pagi, nggak ketemu anaknya. Pulang jam 9 malam. Sudah nggak ketemu anaknya. Ini lambat laun akan menimbulkan dampak psikologis yang nggak sehat. Itu yang harus kita hindari,” tandasnya, dikutip dari detikcom.

Penjelasan tersebut diperkuat dengan studi dari University of East Anglia pada 2014.

Studi tersebut menyebut bahwa pekerja yang mengendarai kendaraan sendiri atau berangkat dengan transportasi umum dilaporkan kurang mampu menikmati kegiatan sehari-hari. Skor kesejahteraan mental juga menurun untuk mereka yang ngantor dengan mobil.

Studi lain menyebut bahwa mereka yang melakukan perjalanan jauh dari rumah ke kantor 33 persen lebih mungkiin menderita depresi, dan 21 persen lebih mungkin menderita obesitas daripada mereka yang melalui perjalanan lebih dari 30 menit.

Selain masalah mental, produktivitas dan efisiensi waktu, ada pula perkara kesehatan lain seperti risiko sakit leher kronis, naiknya tensi darah hinga kenaikan berat badan, meningkatnya gula darah dan masih banyak lainnya.

Solusi nih buatmu yang punya rumah jauh dari kantor!

Durasi perjalanan kerja dari rumah ke kantor idealnya hanya memakan waktu 30 hingga 60 menit untuk pulang dan pergi.

Untuk menjaga kesehatan fisik dan mental, ada baiknya lo mempertimbangkan sejumlah opsi, antara lain:

  • Memilih tempat tinggal yang lebih dekat seperti ngekos untuk memangkas waktu dan tenaga untuk perjalanan.
  • Menyeimbangkan gaya hidup dengan menyisihkan waktu untuk berolahraga. Karena studi tahun 2014 dari University of East Anglia menyebut bahwa mereka yang berjalan kaki atau bersepeda bisa berkonsentrasi lebih baik dan memiliki skor kesehatan mental yang lebih baik.
  • WHO juga menganjurkan pola makan seimbang, cukup tidur dan meningkatkan coping skill alias adaptasi dengan stress.
  • Menabung, serta siapkan dana darurat agar keuanganmu tidak terganggu di masa depan. Hasil jeripayah mu kerja juga membuahkan hasil!

Nah itu dia dampak dan solusi untukmu yang rumahnya jauh dari kantor! Kalau solusi keuangan dan tabung menabung ada LINE Bank disini!

Selain itu manfaat menabung di bank juga banyak program yang menguntungkan, Seperti contohnya di LINE Bank yang menyediakan program deposito dimana kamu akan mendapatkan bunga juga lho! Itu akan membuatmu lebih semangat untuk menabung,Sobat LINE Bank! Maka dari itu yuk cek Program kita di Sini ya! Dan dapatkan keuntungannya!

Nah itu dia Sobat LINE Bank, tips menabung harian yang mudah sekali dilakukan dirumah. Mudah kann? Maka dari itu yuk biasakan menabung!

Bagi yang belum memiliki akun Rekening LINE Bank bisa juga loh download aplikasi LINE Bank melalui AppStore dan PlayStore di sini ya!

Baca juga : Keuntungan Work life balance untuk milenials

Bagikan ke Temanmu