Alasan Kamu Harus Jaga Kesehatan Mental-mu

Kesehatan Mental
Source : shutterstock.com

Alasan Kamu Harus Jaga Kesehatan Mental mu– Kesehatan mental mencakup kesehatan emosional, psikologis, dan sosial. Kesehatan mental memengaruhi cara kita berpikir, merasa, dan bertindak. Selain itu, membantu menentukan bagaimana kita menangani stres, berhubungan dengan orang lain, dan membuat pilihan.

Jika kamu mengalami masalah kesehatan mental di tahap kehidupan mana pun, pemikiran, suasana hati, dan perilakumu dapat terpengaruh. Kesehatan mental akan berpengaruh pada kualitas hidupmu.

Sementara itu, banyak faktor yang berkontribusi terhadap masalah mental, termasuk:

  • Faktor biologis, seperti: gen atau kimia otak
  • Pengalaman hidup, seperti: trauma atau pelecehan
  • Riwayat keluarga dengan masalah kesehatan mental.

Alasan Kamu Harus Jaga Kesehatan Mental-mu dengan baik karena adanya beberapa manfaat, seperti berikut:

1. Lebih mampu mengatasi stress

Saat kondisi mental sehat pada tingkat maksimal, tantangan hidup dapat lebih mudah diatasi.

Sehingga, lebih mampu mengatasi perselisihan, masalah keauangan, tantangan pekerjaan, dan masalah kehidupan lainnya.

Kamu mungkin dapat terhidar dari kebiasaan negatif dan kurang produktif, seperti :

  • Kecanduan alkohol atau narkoba
  • Sikap mengisolasi diri
  • Kemarahan tak terkendali
  • Perkelahian

2. Citra diri positif

Kesehatan mental sangat berkorelasi dengan perasaan pribadi diri sendiri. Secara keseluruhan berperan dalam kemampuan mempertahankan harga diri. Sering kali kepercayaan diri yang baik dianggap menjadi indikator dari kondisi mental yang sehat. Seseorang yang kesehatan mentalnya berkembang dengan baik lebih mungkin untuk fokus pada hal-hal positif yang ada dalam dirinya. Sehingga memiliki pemikiran positif juga.

3. Memiliki hubungan yang lebih sehat

Menjaga kesehatan mental memungkinkan memiliki hubungan yang lebih sehat dengan keluarga, kerabat, teman, atau rekan kerja di lingkungan sosial yang luas. Kamu bisa lebih mampu memberikan waktu berkualitas, kasih sayang, dan memberikan dukungan yang tulus kepada orang lain. Saat mental terjaga baik, tidak dalam tekanan emosional, kamu akan lebih mudah untuk mengekspresikan dukungan kepada orang lain.

4. Lebih produktif

Memiliki gangguan kesehatan mental dapat memengaruhi tingkat produktivitas. Jika kamu memiliki mental yang terjaga dengan baik, kemungkinan besar kamu akan dapat bekerja lebih efisien dan memberikan kualitas kerja yang lebih tinggi.

Baca juga : Keuntungan Work Life Balance Untuk Milenials

5. Lebih sehat jasmani

Penyakit mental sama bahayanya dengan penyakit jasmani. Keduanya sama-sama dapat merenggut nyawa seseorang.

Misalnya, seseorang yang depresi dapat menyebabkan munculnya keinginan untuk bunuh diri. Jika depresi tidak diatasi, kematian dapat benar-benar terjadi. Banyak penyakit mental menyebabkan stres, efek selanjutnya dapat menurunkan sistem kekebalan tubuh. Artinya, orang tersebut akan lebih mudah sakit karena kemampuannya melawan infeksi penyakit menurun.

Menurut WebMD, kekhawatiran menyebabkan tubuh melepaskan hormon stres yang mempercepat detak jantung dan pernapasan, meningkatkan gula darah, serta mengirim lebih banyak darah ke lengan dan kaki Anda. Seiring waktu, kondisi tersebut dapat memengaruhi jantung, pembuluh darah, otot, dan sistem lainnya.

Nah itu dia Alasan Kamu Harus Jaga Kesehatan Mental-mu! Nah supaya stress mu berkurang, Yuk biasakan menabung agar masalah-mu sedikit berkurang sedikit. Menabung juga mengurangi kecemasan akan keuangan.

Kamu juga bisa lho untuk antisipasi kecemasan dengan memiliki rekening yang sudah dipilah sesuai kebutuhan. Bahkan di LINE Bank kamu bisa memiliki rekening hingga 8 akun rekening berbeda dalam 1 akun saja loh! Kamu bisa mulai pisahin rekening kamu sesuai dengan kebutuhanmu mulai dari pengeluaran sehari-hari, tabungan, hingga rekening untuk jajan atau memenuhi keinginan kamu nantinya. 

Ada dari Sobat LINE Bank belum punya akun LINE Bank? Yuk daftar sekarang!

Aplikasi LINE BANK bisa diunduh di sini bagi yang belum punya Ya!!

Baca juga : Kecemasan Finansial Melanda? Ini solusinya

Bagikan ke Temanmu